Lapangan Kerja di Jambaran dan TBR Terbuka Lebar
Jumat, 07 Desember 2012 08:00:00 Lapangan Kerja di Jambaran dan TBR Terbuka Lebar

Reporter: Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Produksi Gas di Lapangan Jambaran dan Tiung Biru (TBR) akan membuka banyak lapangan kerja, asalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro diprioritaskan dalam alokasi gas tersebut. Pasalnya, produksi gas dari kedua lokasi itu diprediksi akan mencapai 200 juta kaki kubik per hari.

Direktur Utama (Dirut) PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS), Deddy Affidick mengatakan, peluang kerja sangat terbuka lebar jika gas tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Tentu saja, menurut Deddy ke depanya akan menumbuhkembangkan sektor-sektor lapangan kerja lainya, terutama pada sektor industri.

"Jika Bojonegoro mendapat prioritas alokasi gas, kita bisa menumbuhkan berbagai industri yang membuka lapangan kerja bagi masyarakat tuan rumah. Contohnya kalau ada alokasi gas untuk pabrik pupuk, maka akan tumbuh puluhan industri turunan," kata Deddy.

Selain itu, lanjutnya, kemungkinan besar gas tersebut juga akan diperlukan kawasan industri. "Seperti pembangkit tenaga listrik untuk industri dan gas sebagai bahan bakar alternatif yang lebih murah daripada solar," imbuhnya.

Menurut Deddy, jika hal itu benar terjadi, jelas saja istilah 'multiplier effect' yang sebenarnya akan benar-benar terwujud dan keterlibatan masyarakat Bojonegoro bukanlah isapan jempol belaka.

"Nah, dalam hal ini, BBS dan pemerintah daerah akan memfasilitasi agar cita-cita tersebut terwujud," pungkasnya.

Perlu diketahui, total cadangan gas yang ada di Jambaran dan TBR mencapai 1,1 triliun kaki kubik. Untuk lapangan Jambaran berada di Desa Bandungrejo,  Kecamatan Ngasem, sementara Lapangan TBR berada di Desa Kalisumber, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Pengelolaanya akan dioperatori oleh PT Pertamina EP Cepu. [mam/yud]   
 

Komentar Pembaca
  • Kamis, 23 Mei 2013 07:54:41 Gendut
  • Piye cara-e ngalamar?

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
Redaksi
Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...