Lapangan Kerja di Jambaran dan TBR Terbuka Lebar
Jumat, 07 Desember 2012 08:00:00 Lapangan Kerja di Jambaran dan TBR Terbuka Lebar

Reporter: Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Produksi Gas di Lapangan Jambaran dan Tiung Biru (TBR) akan membuka banyak lapangan kerja, asalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro diprioritaskan dalam alokasi gas tersebut. Pasalnya, produksi gas dari kedua lokasi itu diprediksi akan mencapai 200 juta kaki kubik per hari.

Direktur Utama (Dirut) PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS), Deddy Affidick mengatakan, peluang kerja sangat terbuka lebar jika gas tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Tentu saja, menurut Deddy ke depanya akan menumbuhkembangkan sektor-sektor lapangan kerja lainya, terutama pada sektor industri.

"Jika Bojonegoro mendapat prioritas alokasi gas, kita bisa menumbuhkan berbagai industri yang membuka lapangan kerja bagi masyarakat tuan rumah. Contohnya kalau ada alokasi gas untuk pabrik pupuk, maka akan tumbuh puluhan industri turunan," kata Deddy.

Selain itu, lanjutnya, kemungkinan besar gas tersebut juga akan diperlukan kawasan industri. "Seperti pembangkit tenaga listrik untuk industri dan gas sebagai bahan bakar alternatif yang lebih murah daripada solar," imbuhnya.

Menurut Deddy, jika hal itu benar terjadi, jelas saja istilah 'multiplier effect' yang sebenarnya akan benar-benar terwujud dan keterlibatan masyarakat Bojonegoro bukanlah isapan jempol belaka.

"Nah, dalam hal ini, BBS dan pemerintah daerah akan memfasilitasi agar cita-cita tersebut terwujud," pungkasnya.

Perlu diketahui, total cadangan gas yang ada di Jambaran dan TBR mencapai 1,1 triliun kaki kubik. Untuk lapangan Jambaran berada di Desa Bandungrejo,  Kecamatan Ngasem, sementara Lapangan TBR berada di Desa Kalisumber, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Pengelolaanya akan dioperatori oleh PT Pertamina EP Cepu. [mam/yud]   
 

Komentar Pembaca
  • Kamis, 23 Mei 2013 07:54:41 Gendut
  • Piye cara-e ngalamar?

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Rabu, 27 Mei 2015 12:00:05 FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro
Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bojonegoro di Gedung MWC Nahdlatul Ulama Balen, Bojonegoro, Jumat hingga Minggu, (22-24/5/2015).
Info Tabloid bB
Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...