Musim Penghujan, Harga Batu Bata Naik
Sabtu, 08 Desember 2012 19:00:23 Musim Penghujan, Harga Batu Bata Naik

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Harga batu bata merah di Kabupaten Bojonegoro naik saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan proses produksi jadi sulit karena terkendala hujan.

Salah seorang pengrajin batu bata di Desa Kandangan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Handoko Ishak mengatakan, harga jual batu bata saat ini naik hingga 25% karena faktor sulitnya proses produksi.

"Kalau dulu (saat musim kemarau) per hari bisa memproduksi 1.000 buah, sekarang hanya 500 buah," jelas Handoko.

Para pengrajin saat ini membutuhkan waktu pengeringan batu bata yang sangat lama. Jika pada musim kemarau pengeringan hanya membutuhkan waktu seminggu, tapi saat musim penghujan membutuhkan waktu hingga sebulan.

"Kalau musim kemarau, 1.000 buah batu bata dihargai Rp400.000, tapi saat musim penghujan harga 1.000 buah batu bata naik menjadi Rp500.000," imbuhnya.

Handoko menambahkan, rata-rata orang yang membeli batu bata di tempatnya berasal dari wilayah sekitar Kabupaten Bojonegoro, seperti Balen, Sumberrejo, Baureno dan sekitarnya.

"Untuk melayani pembelian dalam Bojonegoro saja masih kurang," keluh Handoko.

Selain itu, ia juga mengeluhkan kurangnya modal. Hambatan produksi di musim kemarau ketika bendung gerak ditutup juga membuat pengrajin batu bata kesulitan berproduksi. [zid/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Selasa, 31 Maret 2015 14:00:21 Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro
    Kantor blokBojonegoro Media di Jalan MT.Haryono Nomor 5A Kelurahan Jetak, Kota Bojonegoro mendadak ramai, selasa (31/03/2015). Pasalnya, redaksi menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...