Musim Penghujan, Harga Batu Bata Naik
Sabtu, 08 Desember 2012 19:00:23 Musim Penghujan, Harga Batu Bata Naik

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Harga batu bata merah di Kabupaten Bojonegoro naik saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan proses produksi jadi sulit karena terkendala hujan.

Salah seorang pengrajin batu bata di Desa Kandangan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Handoko Ishak mengatakan, harga jual batu bata saat ini naik hingga 25% karena faktor sulitnya proses produksi.

"Kalau dulu (saat musim kemarau) per hari bisa memproduksi 1.000 buah, sekarang hanya 500 buah," jelas Handoko.

Para pengrajin saat ini membutuhkan waktu pengeringan batu bata yang sangat lama. Jika pada musim kemarau pengeringan hanya membutuhkan waktu seminggu, tapi saat musim penghujan membutuhkan waktu hingga sebulan.

"Kalau musim kemarau, 1.000 buah batu bata dihargai Rp400.000, tapi saat musim penghujan harga 1.000 buah batu bata naik menjadi Rp500.000," imbuhnya.

Handoko menambahkan, rata-rata orang yang membeli batu bata di tempatnya berasal dari wilayah sekitar Kabupaten Bojonegoro, seperti Balen, Sumberrejo, Baureno dan sekitarnya.

"Untuk melayani pembelian dalam Bojonegoro saja masih kurang," keluh Handoko.

Selain itu, ia juga mengeluhkan kurangnya modal. Hambatan produksi di musim kemarau ketika bendung gerak ditutup juga membuat pengrajin batu bata kesulitan berproduksi. [zid/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...