Kredit Macet di Bank Bojonegoro Tergolong Kecil
Sabtu, 19 Januari 2013 20:00:16 Kredit Macet di Bank Bojonegoro Tergolong Kecil

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Tingkat kredit bermasalah (non performance lown/NPL) di sejumlah bank di Bojonegoro tergolong masih rendah. Rata-rata NPL hanya 1-1,5% dari total seluruh kredit yang terealisasi.

Rendahnya NPL ini berdasarkan ukuran dari tingkat kredit bermasalah high level NPL yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebesar 5%.

Misalnya saja NPL di PD BPR Pemkab Bojonegoro. Kepala Biro Pemasaran, A.S. Agus Julianto mengatakan bahwa tingkat NPL di bank yang beralamat di Jalan Hasyim Asyari ini masih di bawah 2% yakni sebesar 1,2%.

"Biasanya ini dari kredit modal usaha, seperti pedagang pasar," kata pria berkumis ini.

Ia menambahkan bahwa meskipun demikian pihak bank terus melakukan pembinaan kepada debitur yang mengalami permasalahan dan kesulitan sehingga masalah bisa terselesaikan dengan baik. "Kami tidak menggunakan jasa dept collector, karena kita menggunakan asas kekeluargaan," imbuh Agus.

Tingkat NPL yang tergolong aman juga terjadi di Bank Central Asia (BCA) Cabang Bojonegoro. Pimpinan Cabang BCA Bojonegoro, Sugeng Hardjanto mengatakan bahwa NPL di kantor Jalan Mastrip ini masih 1%.

"Masih sedikit prosentasenya, kira-kira 1% dari total kredit yang ada. Itu pun kebanyakan dari Kredit modal Usaha dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)," kata pria bermata sipit ini.

Ia menambahkan bahwa membengkaknya tagihan kartu kredit juga menyumbang angka NPL, untuk itu ia berharap adanya regulasi pembatasan Kartu kredit bisa mengurangi tingkat NPL.[zhu/ang]

Teks Foto: Ilustrasi bank di Bojonegoro

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Selasa, 20 Mei 2014 15:11:03 Konvoi Kelulusan, Polisi Tilang Motor Tak Tertib
    Siswa yang melakukan konvoi kelulusan langsung ditilang di tempat oleh petugas Satlantas
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 21 Juli 2014 19:30:35 Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub
    Bertepatan hari Minggu 20 Juli 2014, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Pacul Kota Bojonegoro melaksanakan kegiatan penutupan “ngaji pasan/ngaji posonan”
    Info Tabloid bB
    Senin, 05 Mei 2014 19:36:38 Tabloid bB Edisi Mei 2014
    Dengan tema besar Guruku Sayang Guruku Malang, redaksi Tabloid blokBojonegoro di Bulan Mei 2014 ingin mengetengahkan realitas pengajar di lapangan untuk rubrik Investigasi. Khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro. Sejak beberapa tahun belakangan ini, seiring kebijakan nasional, kesejahteraan guru terus ditingkatkan. Walaupun begitu, masih banyak tenaga pendidik yang jauh dari kata “sejahtera&rd ...