Kredit Macet di Bank Bojonegoro Tergolong Kecil
Sabtu, 19 Januari 2013 20:00:16 Kredit Macet di Bank Bojonegoro Tergolong Kecil

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Tingkat kredit bermasalah (non performance lown/NPL) di sejumlah bank di Bojonegoro tergolong masih rendah. Rata-rata NPL hanya 1-1,5% dari total seluruh kredit yang terealisasi.

Rendahnya NPL ini berdasarkan ukuran dari tingkat kredit bermasalah high level NPL yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebesar 5%.

Misalnya saja NPL di PD BPR Pemkab Bojonegoro. Kepala Biro Pemasaran, A.S. Agus Julianto mengatakan bahwa tingkat NPL di bank yang beralamat di Jalan Hasyim Asyari ini masih di bawah 2% yakni sebesar 1,2%.

"Biasanya ini dari kredit modal usaha, seperti pedagang pasar," kata pria berkumis ini.

Ia menambahkan bahwa meskipun demikian pihak bank terus melakukan pembinaan kepada debitur yang mengalami permasalahan dan kesulitan sehingga masalah bisa terselesaikan dengan baik. "Kami tidak menggunakan jasa dept collector, karena kita menggunakan asas kekeluargaan," imbuh Agus.

Tingkat NPL yang tergolong aman juga terjadi di Bank Central Asia (BCA) Cabang Bojonegoro. Pimpinan Cabang BCA Bojonegoro, Sugeng Hardjanto mengatakan bahwa NPL di kantor Jalan Mastrip ini masih 1%.

"Masih sedikit prosentasenya, kira-kira 1% dari total kredit yang ada. Itu pun kebanyakan dari Kredit modal Usaha dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)," kata pria bermata sipit ini.

Ia menambahkan bahwa membengkaknya tagihan kartu kredit juga menyumbang angka NPL, untuk itu ia berharap adanya regulasi pembatasan Kartu kredit bisa mengurangi tingkat NPL.[zhu/ang]

Teks Foto: Ilustrasi bank di Bojonegoro

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...