Kredit Macet di Bank Bojonegoro Tergolong Kecil
Sabtu, 19 Januari 2013 20:00:16 Kredit Macet di Bank Bojonegoro Tergolong Kecil

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Tingkat kredit bermasalah (non performance lown/NPL) di sejumlah bank di Bojonegoro tergolong masih rendah. Rata-rata NPL hanya 1-1,5% dari total seluruh kredit yang terealisasi.

Rendahnya NPL ini berdasarkan ukuran dari tingkat kredit bermasalah high level NPL yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebesar 5%.

Misalnya saja NPL di PD BPR Pemkab Bojonegoro. Kepala Biro Pemasaran, A.S. Agus Julianto mengatakan bahwa tingkat NPL di bank yang beralamat di Jalan Hasyim Asyari ini masih di bawah 2% yakni sebesar 1,2%.

"Biasanya ini dari kredit modal usaha, seperti pedagang pasar," kata pria berkumis ini.

Ia menambahkan bahwa meskipun demikian pihak bank terus melakukan pembinaan kepada debitur yang mengalami permasalahan dan kesulitan sehingga masalah bisa terselesaikan dengan baik. "Kami tidak menggunakan jasa dept collector, karena kita menggunakan asas kekeluargaan," imbuh Agus.

Tingkat NPL yang tergolong aman juga terjadi di Bank Central Asia (BCA) Cabang Bojonegoro. Pimpinan Cabang BCA Bojonegoro, Sugeng Hardjanto mengatakan bahwa NPL di kantor Jalan Mastrip ini masih 1%.

"Masih sedikit prosentasenya, kira-kira 1% dari total kredit yang ada. Itu pun kebanyakan dari Kredit modal Usaha dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)," kata pria bermata sipit ini.

Ia menambahkan bahwa membengkaknya tagihan kartu kredit juga menyumbang angka NPL, untuk itu ia berharap adanya regulasi pembatasan Kartu kredit bisa mengurangi tingkat NPL.[zhu/ang]

Teks Foto: Ilustrasi bank di Bojonegoro

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...