Desalinasi-Waduk di Blok Cepu?
Ditunjuk, BUMD PT PJU Siap Mengawal
Jumat, 08 Februari 2013 14:00:46 Ditunjuk, BUMD PT PJU Siap Mengawal

Reporter: Nidhomatur, MR

blokBojonegoro.com -
Selain menentukan arah desalinasi ke Pantai Sowan, Kabupaten Tuban, di surat Gubernur Jatim (Jatim) bernomor 610/135/021/2013 kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), juga langsung menunjuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jatim, PT Petrogas Jatim Utama (PJU) untuk menangani proyek.

Pada item ke 5 cukup jelas dengan menyebut, "Dengan adanya rencana pembangunan proyek desalinasi oleh PT Petrogas Jatim Utama (PJU) BUMD Jawa Timur yang mengolah air laut menjadi air tawar, sebagai tindaklanjut keputusan pemerintah tentang hybrid RO-Waduk."

Menanggapi hal itu, Direktur Utara PT PJU, Abdul Muid mengaku terus memantau dan mengawal proses desalinasi untuk injeksi air di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu. Sebab, melalui surat yang dikirim awal Januari 2013 itu, Gubernur Jatim, Soekarwo telah menunjuk PT PJU.

"Petunjuk dari Pak Gubernur memang seperti itu, dan kami siap melaksanakan. Sehingga, proyek desalinasi di Blok Cepu bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar," kata Muid kepada blokBojonegoro.com, Jumat (8/2/2013) melalui sambungan seluler.

Dijelaskan, dengan desalinasi, maka kebutuhan air di Bengawan Solo tidak terganggu, khususnya untuk irigasi warga. Karena, Bendung Gerak di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro, bukan hanya untuk keperluan proyek minyak dan gas bumi (Migas) saja, melainkan lebih kepada irigasi pertanian.

"Dengan desalinasi bertempat di Tuban, maka Gubernur Jatim ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat di Tuban. Sebab, selama ini mereka hanya dilewati pipa saja dan kurang mendapatkan perhatian," sambungnya.

Apalagi, keberadaan Floating Production Storage and Offloading (FPSO) milik operator Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL), berpotensi dapat terjadi pencemaran. Sehingga, perlu perhatian khusus juga kepada Tuban yang tidak mendapatkan participating interest (PI) 10% pengelolaan Blok Cepu.

"Kami mendengar dari Jakarta, kalau Menteri ESDM juga telah menyetujui keberadaan desalinasi. Jadi, kami menunggu langkah selanjutnya," tegas Muid. [lis/mad]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...