Desalinasi-Waduk di Blok Cepu?
Ditunjuk, BUMD PT PJU Siap Mengawal
Jumat, 08 Februari 2013 14:00:46 Ditunjuk, BUMD PT PJU Siap Mengawal

Reporter: Nidhomatur, MR

blokBojonegoro.com -
Selain menentukan arah desalinasi ke Pantai Sowan, Kabupaten Tuban, di surat Gubernur Jatim (Jatim) bernomor 610/135/021/2013 kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), juga langsung menunjuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jatim, PT Petrogas Jatim Utama (PJU) untuk menangani proyek.

Pada item ke 5 cukup jelas dengan menyebut, "Dengan adanya rencana pembangunan proyek desalinasi oleh PT Petrogas Jatim Utama (PJU) BUMD Jawa Timur yang mengolah air laut menjadi air tawar, sebagai tindaklanjut keputusan pemerintah tentang hybrid RO-Waduk."

Menanggapi hal itu, Direktur Utara PT PJU, Abdul Muid mengaku terus memantau dan mengawal proses desalinasi untuk injeksi air di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu. Sebab, melalui surat yang dikirim awal Januari 2013 itu, Gubernur Jatim, Soekarwo telah menunjuk PT PJU.

"Petunjuk dari Pak Gubernur memang seperti itu, dan kami siap melaksanakan. Sehingga, proyek desalinasi di Blok Cepu bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar," kata Muid kepada blokBojonegoro.com, Jumat (8/2/2013) melalui sambungan seluler.

Dijelaskan, dengan desalinasi, maka kebutuhan air di Bengawan Solo tidak terganggu, khususnya untuk irigasi warga. Karena, Bendung Gerak di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro, bukan hanya untuk keperluan proyek minyak dan gas bumi (Migas) saja, melainkan lebih kepada irigasi pertanian.

"Dengan desalinasi bertempat di Tuban, maka Gubernur Jatim ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat di Tuban. Sebab, selama ini mereka hanya dilewati pipa saja dan kurang mendapatkan perhatian," sambungnya.

Apalagi, keberadaan Floating Production Storage and Offloading (FPSO) milik operator Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL), berpotensi dapat terjadi pencemaran. Sehingga, perlu perhatian khusus juga kepada Tuban yang tidak mendapatkan participating interest (PI) 10% pengelolaan Blok Cepu.

"Kami mendengar dari Jakarta, kalau Menteri ESDM juga telah menyetujui keberadaan desalinasi. Jadi, kami menunggu langkah selanjutnya," tegas Muid. [lis/mad]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 27 Mei 2015 12:00:05 FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bojonegoro di Gedung MWC Nahdlatul Ulama Balen, Bojonegoro, Jumat hingga Minggu, (22-24/5/2015).
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...