Desalinasi-Waduk di Blok Cepu?
Ditunjuk, BUMD PT PJU Siap Mengawal
Jumat, 08 Februari 2013 14:00:46 Ditunjuk, BUMD PT PJU Siap Mengawal

Reporter: Nidhomatur, MR

blokBojonegoro.com -
Selain menentukan arah desalinasi ke Pantai Sowan, Kabupaten Tuban, di surat Gubernur Jatim (Jatim) bernomor 610/135/021/2013 kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), juga langsung menunjuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jatim, PT Petrogas Jatim Utama (PJU) untuk menangani proyek.

Pada item ke 5 cukup jelas dengan menyebut, "Dengan adanya rencana pembangunan proyek desalinasi oleh PT Petrogas Jatim Utama (PJU) BUMD Jawa Timur yang mengolah air laut menjadi air tawar, sebagai tindaklanjut keputusan pemerintah tentang hybrid RO-Waduk."

Menanggapi hal itu, Direktur Utara PT PJU, Abdul Muid mengaku terus memantau dan mengawal proses desalinasi untuk injeksi air di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu. Sebab, melalui surat yang dikirim awal Januari 2013 itu, Gubernur Jatim, Soekarwo telah menunjuk PT PJU.

"Petunjuk dari Pak Gubernur memang seperti itu, dan kami siap melaksanakan. Sehingga, proyek desalinasi di Blok Cepu bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar," kata Muid kepada blokBojonegoro.com, Jumat (8/2/2013) melalui sambungan seluler.

Dijelaskan, dengan desalinasi, maka kebutuhan air di Bengawan Solo tidak terganggu, khususnya untuk irigasi warga. Karena, Bendung Gerak di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro, bukan hanya untuk keperluan proyek minyak dan gas bumi (Migas) saja, melainkan lebih kepada irigasi pertanian.

"Dengan desalinasi bertempat di Tuban, maka Gubernur Jatim ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat di Tuban. Sebab, selama ini mereka hanya dilewati pipa saja dan kurang mendapatkan perhatian," sambungnya.

Apalagi, keberadaan Floating Production Storage and Offloading (FPSO) milik operator Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL), berpotensi dapat terjadi pencemaran. Sehingga, perlu perhatian khusus juga kepada Tuban yang tidak mendapatkan participating interest (PI) 10% pengelolaan Blok Cepu.

"Kami mendengar dari Jakarta, kalau Menteri ESDM juga telah menyetujui keberadaan desalinasi. Jadi, kami menunggu langkah selanjutnya," tegas Muid. [lis/mad]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...