Ratusan Hektare Padi Diserang Hama Potong Leher
Selasa, 12 Februari 2013 19:30:55 Ratusan Hektare Padi Diserang Hama Potong Leher

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Serangan hama potong leher padi atau pyricularia di Kabupaten Bojonegoro terus meluas hingga beberapa kecamatan. Akibatnya, tanaman padi yang rata-rata menginjak usia 80 hari terpaksa dipanen sebelum waktunya agar petani tak banyak merugi.

Seperti di Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, terdapat ratusan hektare padi yang diserang hama potong leher. Karena itu, para petani pun serentak melakukan penyemprotan untuk memusnahkan hama yang mengancam buah padi mereka.

"Kami semprot dulu sebelum meluas, setelah ini baru kita panen. Sayang, tinggal dua minggu lagi," ungkap Sarjan, salah satu petani di Desa Balenrejo.

Ternyata tak hanya di Balen, hama potong leher juga sudah menyerang tanaman padi di Kecamatan Kepohbaru, Temayang, Dander, Ngasem, Padangan, Margomulyo dan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Subekti mengakui saat ini memang banyak hama potong leher yang melanda sawah para petani. Untuk antisipasi agar tidak mewabah, mereka diimbau memberi informasi kepada Disperta agar keberadaannya bisa dideteksi.

Menurut Subekti, padi yang terserang potong leher ciri-cirinya batang hijau namun tangkai yang berisi bulir-bulir padi mulai membusuk. Lama kelamaan tidak ada isinya atau biasa disebut gabuk. Hama potong leher menurutnya dipengaruhi tingginya intensitas curah hujan atau cuaca yang tidak stabil.

"Belakangan curah hujan memang cukup tinggi dan rentan terjadi serangan hama pyricularia," kata Subekti.

Dikatakan, dalam kondisi seperti ini memang sangat merugikan para petani karena tidak ada solusi lain selain panen dini. Faktor cuaca juga sulit dihindari. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...