Ratusan Hektare Padi Diserang Hama Potong Leher
Selasa, 12 Februari 2013 19:30:55 Ratusan Hektare Padi Diserang Hama Potong Leher

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Serangan hama potong leher padi atau pyricularia di Kabupaten Bojonegoro terus meluas hingga beberapa kecamatan. Akibatnya, tanaman padi yang rata-rata menginjak usia 80 hari terpaksa dipanen sebelum waktunya agar petani tak banyak merugi.

Seperti di Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, terdapat ratusan hektare padi yang diserang hama potong leher. Karena itu, para petani pun serentak melakukan penyemprotan untuk memusnahkan hama yang mengancam buah padi mereka.

"Kami semprot dulu sebelum meluas, setelah ini baru kita panen. Sayang, tinggal dua minggu lagi," ungkap Sarjan, salah satu petani di Desa Balenrejo.

Ternyata tak hanya di Balen, hama potong leher juga sudah menyerang tanaman padi di Kecamatan Kepohbaru, Temayang, Dander, Ngasem, Padangan, Margomulyo dan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Subekti mengakui saat ini memang banyak hama potong leher yang melanda sawah para petani. Untuk antisipasi agar tidak mewabah, mereka diimbau memberi informasi kepada Disperta agar keberadaannya bisa dideteksi.

Menurut Subekti, padi yang terserang potong leher ciri-cirinya batang hijau namun tangkai yang berisi bulir-bulir padi mulai membusuk. Lama kelamaan tidak ada isinya atau biasa disebut gabuk. Hama potong leher menurutnya dipengaruhi tingginya intensitas curah hujan atau cuaca yang tidak stabil.

"Belakangan curah hujan memang cukup tinggi dan rentan terjadi serangan hama pyricularia," kata Subekti.

Dikatakan, dalam kondisi seperti ini memang sangat merugikan para petani karena tidak ada solusi lain selain panen dini. Faktor cuaca juga sulit dihindari. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Kamis, 14 April 2016 12:00:19 Blok Buku Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis
    Bagi anda pecinta buku, blokBojonegoro punya sesuatu untuk Anda. Sesuatu itu adalah rubrik Blok Buku. Ya, sebuah blok atau semacam komunitas, yang Anda bisa sekedar berbelok mampir untuk duduk-duduk santai di blok tersebut. Bisa sekadar membaca, atau ikut mengisi rubrik tersebut.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 30 April 2016 19:30:00 Jambore LPM Kampus Ungu di Prataan Praktik Organisasi dengan Bersihkan Sampah Praktik Organisasi dengan Bersihkan Sampah
    Berbagai kegiatan dilakukan anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSADA) Bojonegoro saat Jambore di Pemandian Air Panas Prataan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Salah satunya dengan kompetisi simulasi organisasi melalui modifikasi sampah yang ada di sekitar kegiatan.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...