150 Desa Gelar Pilkades Tahun 2013
Minggu, 24 Februari 2013 13:00:30 150 Desa Gelar Pilkades Tahun 2013

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com -
Pada tahun 2013 ini, sebanyak 150 desa akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Dari jumlah tersebut, sebanyak 149 karena kades habis masa jabatannya dan satu kades meninggal dunia.

Sementara, untuk mekanisme pemilihannya sesuai dengan Undang-Undang (UU) dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 tahun 2009 tentang desa. Yakni akan ada pembentukan BPD terlebih dahulu. "Mekanisme pembentukan BPD ya sesuai dengan perda yang ada sekarang," kata Wakil Ketua Komisi A, Sigit Kushariyanto.

Namun, yang menjadi pertimbangan saat ini untuk pemilihan kades apakah oleh BPD lama atau BPD baru. Sehingga, perlu adanya koordinasi ditingkat desa maupun ditingkat kecamatan. "Nanti pihak kecamatan sebagai fasilitator," imbuh pria yang juga sebagai mantan Kades Sumbertlaseh ini.

Ditambahkan, apabila pelaksanaan pilkades bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan BPD, maka pilkades dilaksanakan oleh BPD lama. Sedangkan pada saat pelantikan dilakukan oleh BPD baru.

Proses pembentukan BPD ini merupakan perwakilan dari masyarakat di RT/RW tertentu. Sehingga, BPD terbentuk atas usulan masyarakat. Sementara, untuk anggaran Pilkades tergantung panitia ditingkat desa. "Tapi paling tidak bantuan dari kabupaten harus ada," katanya.[ana/ang]

Komentar Pembaca
  • Senin, 13 Mei 2013 10:53:41 sunardi
  • di gading tambakrejo BPD tidak dipilih oleh masyarakat tapi dipilih oleh kepala desa.saat saya tanya kepala desa bilang untuk hemat biaya apakah itu dibenarkan?

  • Minggu, 11 Agustus 2013 07:48:39 agus miyanto
  • itu bentuk dari KKN yang masih berjalan BPD itu ibaratnya DPR Desa memangnya prosesnya menghabiskan berapa juta, berapa milyar,berapa trilyun, ingat BPD wadah aspirasi rakyat yang paling tinggi bukan hanya harus didengar....tapi hrus dilaksanakan karena berbobot Musyawarah.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
Redaksi
Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
Info Tabloid bB
Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...