Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam
Minggu, 10 Maret 2013 08:00:00 Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Harga sejumlah bumbu dapur di pasar tradisional Kabupaten Bojonegoro melonjak tajam. Kenaikan harga ini terjadi sejak tiga hari yang lalu dan selalu naik tiap harinya.

Berdasarkan pantauan blokBojonegoro.com, harga bawang putih saat ini mencapai  Rp45.000/kilogram (kg) atau naik 40% dari harga sebelumnya Rp35.000/kg. Kenaikan yang cukup drastis juga terjadi pada cabai rawit merah dari harga Rp40.000/kg menjadi Rp45.000/kg. Sedangkan untuk bawang merah dan cabai merah kriting masih stabil di harga Rp35.000 dan Rp22.000/kg.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Kota Bojonegoro, Sumirah, naiknya harga komoditas dapur ini berdampak pada menurunnya jumlah pembeli. Akibatnya, omset pedagang pun turun hingga 50%.

"Setiap hari naik, kadang dalam hitungan jam saja harganya juga sudah naik. Padahal kita setiap hari kulak, keuntungannya juga tidak seberapa, apalagi ongkosnya mahal," kata wanita asal Gang Hartono, Kota Bojonegoro ini.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Desa Ledok, Iin mengaku memangkas belanjaanya karena harga-harga yang mahal. Ia mengambil langkah tersebut agar lebih hemat.

"Kalau dulu beli bawang putih langsung satu kilo, sekarang seperempat dulu, takut sama harganya," katanya.

Menurut para pedagang, penyebab naiknya harga ini diduga karena cuaca yang masih hujan sehingga hasil panen kurang maksimal. Selain itu biaya akomodasi yang relatif mahal juga berpengaruh pada harga di pasaran. [zhu/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 27 April 2015 13:30:08 Selamat Menempuh Hidup Baru Jhon Yazid Selamat Menempuh Hidup Baru Jhon Yazid
    Menjelang akhir bulan April 2015 ini, keluarga besar blokBojonegro Media kembali berbahagia, karena salah satu awak bB, M.Yazid telah mengakhiri masa lajangnya.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 27 April 2015 11:30:22 Harlah, PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Festival Banjari Harlah, PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Festival Banjari
    Dalam rangka memperingati Harlah Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) ke-61 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) ke-60 Pimpinan Cabang (PC) IPNU /IPPNU Bojonegoro menyelenggarakan Festival Al Banjari, Ahad, (26/4/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...