Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam
Minggu, 10 Maret 2013 08:00:00 Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Harga sejumlah bumbu dapur di pasar tradisional Kabupaten Bojonegoro melonjak tajam. Kenaikan harga ini terjadi sejak tiga hari yang lalu dan selalu naik tiap harinya.

Berdasarkan pantauan blokBojonegoro.com, harga bawang putih saat ini mencapai  Rp45.000/kilogram (kg) atau naik 40% dari harga sebelumnya Rp35.000/kg. Kenaikan yang cukup drastis juga terjadi pada cabai rawit merah dari harga Rp40.000/kg menjadi Rp45.000/kg. Sedangkan untuk bawang merah dan cabai merah kriting masih stabil di harga Rp35.000 dan Rp22.000/kg.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Kota Bojonegoro, Sumirah, naiknya harga komoditas dapur ini berdampak pada menurunnya jumlah pembeli. Akibatnya, omset pedagang pun turun hingga 50%.

"Setiap hari naik, kadang dalam hitungan jam saja harganya juga sudah naik. Padahal kita setiap hari kulak, keuntungannya juga tidak seberapa, apalagi ongkosnya mahal," kata wanita asal Gang Hartono, Kota Bojonegoro ini.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Desa Ledok, Iin mengaku memangkas belanjaanya karena harga-harga yang mahal. Ia mengambil langkah tersebut agar lebih hemat.

"Kalau dulu beli bawang putih langsung satu kilo, sekarang seperempat dulu, takut sama harganya," katanya.

Menurut para pedagang, penyebab naiknya harga ini diduga karena cuaca yang masih hujan sehingga hasil panen kurang maksimal. Selain itu biaya akomodasi yang relatif mahal juga berpengaruh pada harga di pasaran. [zhu/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Selasa, 20 Mei 2014 15:11:03 Konvoi Kelulusan, Polisi Tilang Motor Tak Tertib
    Siswa yang melakukan konvoi kelulusan langsung ditilang di tempat oleh petugas Satlantas
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 21 Juli 2014 19:30:35 Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub
    Bertepatan hari Minggu 20 Juli 2014, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Pacul Kota Bojonegoro melaksanakan kegiatan penutupan “ngaji pasan/ngaji posonan”
    Info Tabloid bB
    Senin, 05 Mei 2014 19:36:38 Tabloid bB Edisi Mei 2014
    Dengan tema besar Guruku Sayang Guruku Malang, redaksi Tabloid blokBojonegoro di Bulan Mei 2014 ingin mengetengahkan realitas pengajar di lapangan untuk rubrik Investigasi. Khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro. Sejak beberapa tahun belakangan ini, seiring kebijakan nasional, kesejahteraan guru terus ditingkatkan. Walaupun begitu, masih banyak tenaga pendidik yang jauh dari kata “sejahtera&rd ...