Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam
Minggu, 10 Maret 2013 08:00:00 Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Harga sejumlah bumbu dapur di pasar tradisional Kabupaten Bojonegoro melonjak tajam. Kenaikan harga ini terjadi sejak tiga hari yang lalu dan selalu naik tiap harinya.

Berdasarkan pantauan blokBojonegoro.com, harga bawang putih saat ini mencapai  Rp45.000/kilogram (kg) atau naik 40% dari harga sebelumnya Rp35.000/kg. Kenaikan yang cukup drastis juga terjadi pada cabai rawit merah dari harga Rp40.000/kg menjadi Rp45.000/kg. Sedangkan untuk bawang merah dan cabai merah kriting masih stabil di harga Rp35.000 dan Rp22.000/kg.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Kota Bojonegoro, Sumirah, naiknya harga komoditas dapur ini berdampak pada menurunnya jumlah pembeli. Akibatnya, omset pedagang pun turun hingga 50%.

"Setiap hari naik, kadang dalam hitungan jam saja harganya juga sudah naik. Padahal kita setiap hari kulak, keuntungannya juga tidak seberapa, apalagi ongkosnya mahal," kata wanita asal Gang Hartono, Kota Bojonegoro ini.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Desa Ledok, Iin mengaku memangkas belanjaanya karena harga-harga yang mahal. Ia mengambil langkah tersebut agar lebih hemat.

"Kalau dulu beli bawang putih langsung satu kilo, sekarang seperempat dulu, takut sama harganya," katanya.

Menurut para pedagang, penyebab naiknya harga ini diduga karena cuaca yang masih hujan sehingga hasil panen kurang maksimal. Selain itu biaya akomodasi yang relatif mahal juga berpengaruh pada harga di pasaran. [zhu/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...