Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam
Minggu, 10 Maret 2013 08:00:00 Harga Bumbu Dapur Melonjak Tajam

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Harga sejumlah bumbu dapur di pasar tradisional Kabupaten Bojonegoro melonjak tajam. Kenaikan harga ini terjadi sejak tiga hari yang lalu dan selalu naik tiap harinya.

Berdasarkan pantauan blokBojonegoro.com, harga bawang putih saat ini mencapai  Rp45.000/kilogram (kg) atau naik 40% dari harga sebelumnya Rp35.000/kg. Kenaikan yang cukup drastis juga terjadi pada cabai rawit merah dari harga Rp40.000/kg menjadi Rp45.000/kg. Sedangkan untuk bawang merah dan cabai merah kriting masih stabil di harga Rp35.000 dan Rp22.000/kg.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Kota Bojonegoro, Sumirah, naiknya harga komoditas dapur ini berdampak pada menurunnya jumlah pembeli. Akibatnya, omset pedagang pun turun hingga 50%.

"Setiap hari naik, kadang dalam hitungan jam saja harganya juga sudah naik. Padahal kita setiap hari kulak, keuntungannya juga tidak seberapa, apalagi ongkosnya mahal," kata wanita asal Gang Hartono, Kota Bojonegoro ini.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Desa Ledok, Iin mengaku memangkas belanjaanya karena harga-harga yang mahal. Ia mengambil langkah tersebut agar lebih hemat.

"Kalau dulu beli bawang putih langsung satu kilo, sekarang seperempat dulu, takut sama harganya," katanya.

Menurut para pedagang, penyebab naiknya harga ini diduga karena cuaca yang masih hujan sehingga hasil panen kurang maksimal. Selain itu biaya akomodasi yang relatif mahal juga berpengaruh pada harga di pasaran. [zhu/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Selasa, 19 Juli 2016 19:00:00 blokBojonegoro Media Hindari Bising, bB Pindah Kantor Hindari Bising, bB Pindah Kantor
    Secara resmi, blokBojonegoro Media (blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) resmi memindahkan kantor redaksi dari Ruko Pertama Jetak, ke Jalan Brigjen Sutoyo Gg Salafiyah No 5, Desa Sekorejo, Kecamatan Kota Bojonegoro. Boyongan ditandati dengan syukuran pada Selasa (19/7/2016).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 28 Juli 2016 20:00:04 Dinas Koperasi Tulunggagung Studi Banding ke Kota Ledre Dinas Koperasi Tulunggagung Studi Banding ke Kota Ledre
    Dinas Koperasi dan UMKM beserta pelaku UMKM Kabupaten Tulungagung melaksanakan studi lapangan ke Bojonegoro dalam rangka kegiatan bertajuk "Penumbuhan Wirausaha Baru UMKM". Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Bidang Bina UMKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...