Bibit Brambang Mahal, Petani Tak Berani Tanam
Minggu, 17 Maret 2013 16:00:26 Bibit Brambang Mahal, Petani Tak Berani Tanam

Reporter: Nidhomatum MR

blokBojonegoro.com - Sebagian petani brambang di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Bojonegoro tak berani tanam brambang. Pasalnya harga bibit  brambang melambung.

Menurut Rakijan, salah satu petani brambang, biasanya harga benih brambang Rp12.000/kg. Namun saat ini harga benih mencapai Rp35.000. "Kami tidak tahu kenapa naiknya begitu tinggi," katanya.

Seharusnya, kata dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, musim tanam pada Bulan April. Namun, petani seperti dirinya yang tak punya modal besar, memilih tak menanam brambang. "Untuk benih saja, kalau saya hitung, saya butuh Rp3 juta," tuturnya.

Kebutuhan dana tidak hanya untuk benih saja, melainkan juga untuk pupuk dan tenaga penggarap sawah yang mencapai Rp1 juta lebih. "Kalau pas panen harga anjlok bagaimana? Soalnya kalau pas panen harga brambang turun," terangnya.

Lantaran tak menanam brambang, Ali petani brambang lain memilih menanami ladangnya dengan jagung. "Ya terpaksa tanam jagung. Sebagian warga lain malah tidak menanami ladangnya," tuturnya. [lis/ang]

Ilustrasi:.net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 28 Mei 2016 00:00:45 Shella, Nahkodai Airlangga Bojonegoro Community Shella, Nahkodai Airlangga Bojonegoro Community
    Airlangga Bojonegoro Community (ABC) merupakan suatu organisasi mahasiswa daerah asal Bojonegoro yang berkuliah di Universitas Airlangga, telah berusia 10 tahun dan semakin matang dengan program - program kerja yang tentunya bermanfaat demi mewujudkan Bojonegoro yang lebih baik.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...