Bibit Brambang Mahal, Petani Tak Berani Tanam
Minggu, 17 Maret 2013 16:00:26 Bibit Brambang Mahal, Petani Tak Berani Tanam

Reporter: Nidhomatum MR

blokBojonegoro.com - Sebagian petani brambang di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Bojonegoro tak berani tanam brambang. Pasalnya harga bibit  brambang melambung.

Menurut Rakijan, salah satu petani brambang, biasanya harga benih brambang Rp12.000/kg. Namun saat ini harga benih mencapai Rp35.000. "Kami tidak tahu kenapa naiknya begitu tinggi," katanya.

Seharusnya, kata dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, musim tanam pada Bulan April. Namun, petani seperti dirinya yang tak punya modal besar, memilih tak menanam brambang. "Untuk benih saja, kalau saya hitung, saya butuh Rp3 juta," tuturnya.

Kebutuhan dana tidak hanya untuk benih saja, melainkan juga untuk pupuk dan tenaga penggarap sawah yang mencapai Rp1 juta lebih. "Kalau pas panen harga anjlok bagaimana? Soalnya kalau pas panen harga brambang turun," terangnya.

Lantaran tak menanam brambang, Ali petani brambang lain memilih menanami ladangnya dengan jagung. "Ya terpaksa tanam jagung. Sebagian warga lain malah tidak menanami ladangnya," tuturnya. [lis/ang]

Ilustrasi:.net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 27 Mei 2015 12:00:05 FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bojonegoro di Gedung MWC Nahdlatul Ulama Balen, Bojonegoro, Jumat hingga Minggu, (22-24/5/2015).
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...