Bibit Brambang Mahal, Petani Tak Berani Tanam
Minggu, 17 Maret 2013 16:00:26 Bibit Brambang Mahal, Petani Tak Berani Tanam

Reporter: Nidhomatum MR

blokBojonegoro.com - Sebagian petani brambang di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Bojonegoro tak berani tanam brambang. Pasalnya harga bibit  brambang melambung.

Menurut Rakijan, salah satu petani brambang, biasanya harga benih brambang Rp12.000/kg. Namun saat ini harga benih mencapai Rp35.000. "Kami tidak tahu kenapa naiknya begitu tinggi," katanya.

Seharusnya, kata dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, musim tanam pada Bulan April. Namun, petani seperti dirinya yang tak punya modal besar, memilih tak menanam brambang. "Untuk benih saja, kalau saya hitung, saya butuh Rp3 juta," tuturnya.

Kebutuhan dana tidak hanya untuk benih saja, melainkan juga untuk pupuk dan tenaga penggarap sawah yang mencapai Rp1 juta lebih. "Kalau pas panen harga anjlok bagaimana? Soalnya kalau pas panen harga brambang turun," terangnya.

Lantaran tak menanam brambang, Ali petani brambang lain memilih menanami ladangnya dengan jagung. "Ya terpaksa tanam jagung. Sebagian warga lain malah tidak menanami ladangnya," tuturnya. [lis/ang]

Ilustrasi:.net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Selasa, 31 Maret 2015 14:00:21 Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro
    Kantor blokBojonegoro Media di Jalan MT.Haryono Nomor 5A Kelurahan Jetak, Kota Bojonegoro mendadak ramai, selasa (31/03/2015). Pasalnya, redaksi menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...