Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi
Senin, 18 Maret 2013 16:00:34 Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Kebutuhan darah di Kabupaten Bojonegoro yang terus meningkat masih belum bisa dipenuhi oleh bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bojonegoro. Bank darah saat ini baru mampu menyuplai 50% kebutuhan darah dari total kebutuhan setiap bulannya.

Setiap bulan, jika dikalkulasi Bojonegoro membutuhkan sekitar 1.100 kantong darah. Dari jumlah tersebut, PMI baru mampu merealisasikan sebanyak 500-650 kantong darah setiap bulannya. Jumlah ini terhitung sudah mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sehingga, kekurangan ini terpaksa diambilkan dari luar kota. Seperti Surabaya, Malang, Madiun dan Magetan.

Apalagi, saat ini jumlah rumah sakit yang ada terus bertambah. Untuk rumah sakit dalam kota saja sebanyak tujuh rumah sakit. Sementara, untuk rumah sakit di luar kota mencapai 12-15 rumah sakit. Belum lagi, Puskesmas yang melayani rawat inap.

"Kebutuhan darah satu rumah sakit bisa mencapai 70 kantong setiap bulannya. Jadi kita sulit untuk menutupi kekurangannya," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro, M. Ali Safaat saat ditemui blokBojonegoro.com, Senin (18/3/2013).

Menurutnya, hal ini dikarenakan keterbatasan armada yang dimiliki. Sehingga, pihaknya belum bisa menjangkau wilayah pedesaan dan hanya mampu menjangkau wilayah perkotaan saja. "Kita saat ini hanya mempunyai satu armada ," imbuhnya.

Dirinya berharap agar ada penambahan armada berupa bus khusus donor danar. Sehingga, pencapaian perolehan darah bisa mencukupi kebutuhan. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...