Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi
Senin, 18 Maret 2013 16:00:34 Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Kebutuhan darah di Kabupaten Bojonegoro yang terus meningkat masih belum bisa dipenuhi oleh bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bojonegoro. Bank darah saat ini baru mampu menyuplai 50% kebutuhan darah dari total kebutuhan setiap bulannya.

Setiap bulan, jika dikalkulasi Bojonegoro membutuhkan sekitar 1.100 kantong darah. Dari jumlah tersebut, PMI baru mampu merealisasikan sebanyak 500-650 kantong darah setiap bulannya. Jumlah ini terhitung sudah mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sehingga, kekurangan ini terpaksa diambilkan dari luar kota. Seperti Surabaya, Malang, Madiun dan Magetan.

Apalagi, saat ini jumlah rumah sakit yang ada terus bertambah. Untuk rumah sakit dalam kota saja sebanyak tujuh rumah sakit. Sementara, untuk rumah sakit di luar kota mencapai 12-15 rumah sakit. Belum lagi, Puskesmas yang melayani rawat inap.

"Kebutuhan darah satu rumah sakit bisa mencapai 70 kantong setiap bulannya. Jadi kita sulit untuk menutupi kekurangannya," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro, M. Ali Safaat saat ditemui blokBojonegoro.com, Senin (18/3/2013).

Menurutnya, hal ini dikarenakan keterbatasan armada yang dimiliki. Sehingga, pihaknya belum bisa menjangkau wilayah pedesaan dan hanya mampu menjangkau wilayah perkotaan saja. "Kita saat ini hanya mempunyai satu armada ," imbuhnya.

Dirinya berharap agar ada penambahan armada berupa bus khusus donor danar. Sehingga, pencapaian perolehan darah bisa mencukupi kebutuhan. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 22 September 2014 00:00:09 Lowongan Tenaga Layouter Lowongan Tenaga Layouter
    Manajemen blokBojonegoro Media mengajak pemuda potensial, untuk bisa bergabung melalui karya nyata. Dengan kompetensi di bidang: Layouter (Kode LO)
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 25 Oktober 2014 21:30:58 Terbangkan Lampion Peringati 1 Muharram Terbangkan Lampion Peringati 1 Muharram
    MI Nahdlatul Ulama Walisongo Sumberrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, mengadakan Malam Bina Insan dan Taqwa (MABIT) dalam rangka menyongsong Tahun Baru Hijriyah
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...