Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi
Senin, 18 Maret 2013 16:00:34 Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Kebutuhan darah di Kabupaten Bojonegoro yang terus meningkat masih belum bisa dipenuhi oleh bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bojonegoro. Bank darah saat ini baru mampu menyuplai 50% kebutuhan darah dari total kebutuhan setiap bulannya.

Setiap bulan, jika dikalkulasi Bojonegoro membutuhkan sekitar 1.100 kantong darah. Dari jumlah tersebut, PMI baru mampu merealisasikan sebanyak 500-650 kantong darah setiap bulannya. Jumlah ini terhitung sudah mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sehingga, kekurangan ini terpaksa diambilkan dari luar kota. Seperti Surabaya, Malang, Madiun dan Magetan.

Apalagi, saat ini jumlah rumah sakit yang ada terus bertambah. Untuk rumah sakit dalam kota saja sebanyak tujuh rumah sakit. Sementara, untuk rumah sakit di luar kota mencapai 12-15 rumah sakit. Belum lagi, Puskesmas yang melayani rawat inap.

"Kebutuhan darah satu rumah sakit bisa mencapai 70 kantong setiap bulannya. Jadi kita sulit untuk menutupi kekurangannya," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro, M. Ali Safaat saat ditemui blokBojonegoro.com, Senin (18/3/2013).

Menurutnya, hal ini dikarenakan keterbatasan armada yang dimiliki. Sehingga, pihaknya belum bisa menjangkau wilayah pedesaan dan hanya mampu menjangkau wilayah perkotaan saja. "Kita saat ini hanya mempunyai satu armada ," imbuhnya.

Dirinya berharap agar ada penambahan armada berupa bus khusus donor danar. Sehingga, pencapaian perolehan darah bisa mencukupi kebutuhan. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 23 Mei 2016 08:00:18 Puluhan Anak Ramaikan Jelajah Alam Kayangan Puluhan Anak Ramaikan Jelajah Alam Kayangan
    Puluhan anak di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengikuti jelajah alam kayangan bersama Sokola Alam Sahabat Inspirasi Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...