Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi
Senin, 18 Maret 2013 16:00:34 Baru 50% Kebutuhan Darah Tercukupi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Kebutuhan darah di Kabupaten Bojonegoro yang terus meningkat masih belum bisa dipenuhi oleh bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bojonegoro. Bank darah saat ini baru mampu menyuplai 50% kebutuhan darah dari total kebutuhan setiap bulannya.

Setiap bulan, jika dikalkulasi Bojonegoro membutuhkan sekitar 1.100 kantong darah. Dari jumlah tersebut, PMI baru mampu merealisasikan sebanyak 500-650 kantong darah setiap bulannya. Jumlah ini terhitung sudah mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sehingga, kekurangan ini terpaksa diambilkan dari luar kota. Seperti Surabaya, Malang, Madiun dan Magetan.

Apalagi, saat ini jumlah rumah sakit yang ada terus bertambah. Untuk rumah sakit dalam kota saja sebanyak tujuh rumah sakit. Sementara, untuk rumah sakit di luar kota mencapai 12-15 rumah sakit. Belum lagi, Puskesmas yang melayani rawat inap.

"Kebutuhan darah satu rumah sakit bisa mencapai 70 kantong setiap bulannya. Jadi kita sulit untuk menutupi kekurangannya," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro, M. Ali Safaat saat ditemui blokBojonegoro.com, Senin (18/3/2013).

Menurutnya, hal ini dikarenakan keterbatasan armada yang dimiliki. Sehingga, pihaknya belum bisa menjangkau wilayah pedesaan dan hanya mampu menjangkau wilayah perkotaan saja. "Kita saat ini hanya mempunyai satu armada ," imbuhnya.

Dirinya berharap agar ada penambahan armada berupa bus khusus donor danar. Sehingga, pencapaian perolehan darah bisa mencukupi kebutuhan. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Sabtu, 22 Agustus 2015 18:00:00 HUT TNI Ke- 70 Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang
    Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke- 70, Kodim 0813 Kabupaten Bojonegoro akan menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Soko, Kecamatan Temayang pada bulan September 2015 nanti. Dalam pelaksan baksos, Kodim 0813 bekerjasama dengan Jeep Adventure dan blokBojonegoro.com sebagai media partner.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 18 Agustus 2015 08:00:39 Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand
    Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, persatuan mahasiswa Indonesia di Universitas Khon Kaen (ISU-KKU), Thailand mengadakan berbagai acara. Tahun ini, merupakan tahun yang paling ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Karena, selain jumlah mahasiswa tetap yang menempuh pendidikan S2 maupun S3 makin banyak, juga karena pada Agustus ini Universitas Khon Kaen juga banyak melakukan pertukuran mahasiswa dari berbagai institusi di Indonesia.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar âAwasi Air Saat Musim Keringâ dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ...