Tanggul Belum Diperbaiki, Temayang Banjir Lagi
Senin, 18 Maret 2013 21:30:23

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Masyarakat Desa Sugihan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro belum tenang dari ancaman banjir. Hujan deras yang terjadi Senin (18/3/2013) sore tadi menyebabkan dua desa itu kembali tergenang. Data sementara menyebutkan 146 rumah tergenang air bah dengan ketinggian rata-rata 50 sentimeter.

Menurut warga, banjir terjadi dikarenakan tanggul di Desa Sugihan hingga kini belum diperbaiki pihak terkait. Padahal, tanggul itu sudah jebol hingga banjir memutus akses Bojonegoro-Nganjuk.

"Selama tanggul belum diperbaiki, warga di sini belum bisa hidup tenang dan bernapas lega," ujar Yoyok, warga Desa Kedungsumber.

Pasalnya, hujan dengan intentitas tinggi kerap mengguyur, maka otomatis Kali Sugihan akan kembali menerima banjir kiriman dari wilayah perbukitan. Sungai tidak bisa menampung karena tanggul belum diperbaiki.

Terpisah, Camat Temayang, Subiyono mengakui banjir disebabkan luberan air dari tanggul yang jebol. Malam ini warga yang rumahnya tergenang sudah disarankan untuk mengungsi. Sesuai informasi dari pos pantau di Desa Pajeng menunjukkan status waspada bagi warga setempat.

"Banjir menggenang sekitar 30 menit, sehingga warga masih bertahan. Namun untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan perlu monitoring cuaca," jelasnya.

Menurut mantan Camat Boureno ini, sejak tanggul jebol pertama perlu segera dibangun tanggul darurat menggunakan beronjong. Setelah musim hujan berganti kemarau akan ditindaklanjuti dengan pembangunan tanggul permanen. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Minggu, 04 Desember 2016 22:00:13 BloKers Peduli Banjir 2016 Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir
    Aksi bersama untuk berbagi dengan korban banjir akibat luapan Bengawan Solo, tuntas digelar kemarin. Ternyata masih ada beberapa komunitas yang ingin menggelar pengumpulan dan pembagian bantuan pasca banjir. Sehingga, BloKers Peduli Banjir 2016 tetap menerima donasi sampai Jumat (9/12/2016) malam.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 03 Desember 2016 10:00:29 Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah
    Demi mempertajam dan menguatkan ideologi kader, PAC GP Ansor Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro melakukan kajian tentang kondisi ansor dan dinamika tantangan kedepan. dihadirkan sebagai pemateri tersebut M.Hasan Bisri dari Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur pada Jumat (2/12/2016) di Mushola Al Hasani Desa Cengungklung.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...