Tanggul Belum Diperbaiki, Temayang Banjir Lagi
Senin, 18 Maret 2013 21:30:23

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Masyarakat Desa Sugihan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro belum tenang dari ancaman banjir. Hujan deras yang terjadi Senin (18/3/2013) sore tadi menyebabkan dua desa itu kembali tergenang. Data sementara menyebutkan 146 rumah tergenang air bah dengan ketinggian rata-rata 50 sentimeter.

Menurut warga, banjir terjadi dikarenakan tanggul di Desa Sugihan hingga kini belum diperbaiki pihak terkait. Padahal, tanggul itu sudah jebol hingga banjir memutus akses Bojonegoro-Nganjuk.

"Selama tanggul belum diperbaiki, warga di sini belum bisa hidup tenang dan bernapas lega," ujar Yoyok, warga Desa Kedungsumber.

Pasalnya, hujan dengan intentitas tinggi kerap mengguyur, maka otomatis Kali Sugihan akan kembali menerima banjir kiriman dari wilayah perbukitan. Sungai tidak bisa menampung karena tanggul belum diperbaiki.

Terpisah, Camat Temayang, Subiyono mengakui banjir disebabkan luberan air dari tanggul yang jebol. Malam ini warga yang rumahnya tergenang sudah disarankan untuk mengungsi. Sesuai informasi dari pos pantau di Desa Pajeng menunjukkan status waspada bagi warga setempat.

"Banjir menggenang sekitar 30 menit, sehingga warga masih bertahan. Namun untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan perlu monitoring cuaca," jelasnya.

Menurut mantan Camat Boureno ini, sejak tanggul jebol pertama perlu segera dibangun tanggul darurat menggunakan beronjong. Setelah musim hujan berganti kemarau akan ditindaklanjuti dengan pembangunan tanggul permanen. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 28 Mei 2016 00:00:45 Shella, Nahkodai Airlangga Bojonegoro Community Shella, Nahkodai Airlangga Bojonegoro Community
    Airlangga Bojonegoro Community (ABC) merupakan suatu organisasi mahasiswa daerah asal Bojonegoro yang berkuliah di Universitas Airlangga, telah berusia 10 tahun dan semakin matang dengan program - program kerja yang tentunya bermanfaat demi mewujudkan Bojonegoro yang lebih baik.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...