Tanggul Belum Diperbaiki, Temayang Banjir Lagi
Senin, 18 Maret 2013 21:30:23

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Masyarakat Desa Sugihan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro belum tenang dari ancaman banjir. Hujan deras yang terjadi Senin (18/3/2013) sore tadi menyebabkan dua desa itu kembali tergenang. Data sementara menyebutkan 146 rumah tergenang air bah dengan ketinggian rata-rata 50 sentimeter.

Menurut warga, banjir terjadi dikarenakan tanggul di Desa Sugihan hingga kini belum diperbaiki pihak terkait. Padahal, tanggul itu sudah jebol hingga banjir memutus akses Bojonegoro-Nganjuk.

"Selama tanggul belum diperbaiki, warga di sini belum bisa hidup tenang dan bernapas lega," ujar Yoyok, warga Desa Kedungsumber.

Pasalnya, hujan dengan intentitas tinggi kerap mengguyur, maka otomatis Kali Sugihan akan kembali menerima banjir kiriman dari wilayah perbukitan. Sungai tidak bisa menampung karena tanggul belum diperbaiki.

Terpisah, Camat Temayang, Subiyono mengakui banjir disebabkan luberan air dari tanggul yang jebol. Malam ini warga yang rumahnya tergenang sudah disarankan untuk mengungsi. Sesuai informasi dari pos pantau di Desa Pajeng menunjukkan status waspada bagi warga setempat.

"Banjir menggenang sekitar 30 menit, sehingga warga masih bertahan. Namun untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan perlu monitoring cuaca," jelasnya.

Menurut mantan Camat Boureno ini, sejak tanggul jebol pertama perlu segera dibangun tanggul darurat menggunakan beronjong. Setelah musim hujan berganti kemarau akan ditindaklanjuti dengan pembangunan tanggul permanen. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 15 Desember 2014 20:00:47 FKMB UIN Sunan Ampel Gelar Diklat Jurnalistik FKMB UIN Sunan Ampel Gelar Diklat Jurnalistik
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar diklat jurnalistik, Minggu (14/12/2014).
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...