Tanggul Belum Diperbaiki, Temayang Banjir Lagi
Senin, 18 Maret 2013 21:30:23

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Masyarakat Desa Sugihan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro belum tenang dari ancaman banjir. Hujan deras yang terjadi Senin (18/3/2013) sore tadi menyebabkan dua desa itu kembali tergenang. Data sementara menyebutkan 146 rumah tergenang air bah dengan ketinggian rata-rata 50 sentimeter.

Menurut warga, banjir terjadi dikarenakan tanggul di Desa Sugihan hingga kini belum diperbaiki pihak terkait. Padahal, tanggul itu sudah jebol hingga banjir memutus akses Bojonegoro-Nganjuk.

"Selama tanggul belum diperbaiki, warga di sini belum bisa hidup tenang dan bernapas lega," ujar Yoyok, warga Desa Kedungsumber.

Pasalnya, hujan dengan intentitas tinggi kerap mengguyur, maka otomatis Kali Sugihan akan kembali menerima banjir kiriman dari wilayah perbukitan. Sungai tidak bisa menampung karena tanggul belum diperbaiki.

Terpisah, Camat Temayang, Subiyono mengakui banjir disebabkan luberan air dari tanggul yang jebol. Malam ini warga yang rumahnya tergenang sudah disarankan untuk mengungsi. Sesuai informasi dari pos pantau di Desa Pajeng menunjukkan status waspada bagi warga setempat.

"Banjir menggenang sekitar 30 menit, sehingga warga masih bertahan. Namun untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan perlu monitoring cuaca," jelasnya.

Menurut mantan Camat Boureno ini, sejak tanggul jebol pertama perlu segera dibangun tanggul darurat menggunakan beronjong. Setelah musim hujan berganti kemarau akan ditindaklanjuti dengan pembangunan tanggul permanen. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...