Tanggul Belum Diperbaiki, Temayang Banjir Lagi
Senin, 18 Maret 2013 21:30:23

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Masyarakat Desa Sugihan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro belum tenang dari ancaman banjir. Hujan deras yang terjadi Senin (18/3/2013) sore tadi menyebabkan dua desa itu kembali tergenang. Data sementara menyebutkan 146 rumah tergenang air bah dengan ketinggian rata-rata 50 sentimeter.

Menurut warga, banjir terjadi dikarenakan tanggul di Desa Sugihan hingga kini belum diperbaiki pihak terkait. Padahal, tanggul itu sudah jebol hingga banjir memutus akses Bojonegoro-Nganjuk.

"Selama tanggul belum diperbaiki, warga di sini belum bisa hidup tenang dan bernapas lega," ujar Yoyok, warga Desa Kedungsumber.

Pasalnya, hujan dengan intentitas tinggi kerap mengguyur, maka otomatis Kali Sugihan akan kembali menerima banjir kiriman dari wilayah perbukitan. Sungai tidak bisa menampung karena tanggul belum diperbaiki.

Terpisah, Camat Temayang, Subiyono mengakui banjir disebabkan luberan air dari tanggul yang jebol. Malam ini warga yang rumahnya tergenang sudah disarankan untuk mengungsi. Sesuai informasi dari pos pantau di Desa Pajeng menunjukkan status waspada bagi warga setempat.

"Banjir menggenang sekitar 30 menit, sehingga warga masih bertahan. Namun untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan perlu monitoring cuaca," jelasnya.

Menurut mantan Camat Boureno ini, sejak tanggul jebol pertama perlu segera dibangun tanggul darurat menggunakan beronjong. Setelah musim hujan berganti kemarau akan ditindaklanjuti dengan pembangunan tanggul permanen. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...