Iklan di Media, Panwaskab Bojonegoro Semprit PKPI
Kamis, 04 April 2013 21:00:04 Iklan di Media, Panwaskab Bojonegoro Semprit PKPI

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Hasil rapat pleno Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kabupaten Bojonegoro melarang partai politik (Parpol) mengumumkan penjaringan bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan maju pada Pemilu 2014. Hal ini terkait dengan wewenang mengumumkan  secara resmi adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut ditegaskan Ketua Panwaskab Bojonegoro, Mustofirin. Dikatakannya, nama Bacaleg harus terlebih dahulu ditetapkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS) sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Parpol dilarang keras untuk mengumumkan di media sebelum diverifikasi dan ditetapkan sebagai DCS oleh KPU,” katanya.

Diungkapkan Firin, beberapa waktu lalu Partai Kebangkitan Bangsa diduga telah menyalahi ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilu legislatif (Pileg). PKB mengumumkan penjaringan Bacaleg versi partainya di sejumlah radio sebelum memasuki tahapannya.

Besok, Panwaskab giliran akan memanggil PKPI untuk klarifikasi terkait pengumuman di media. Sebab sesuai ketentuannya, dalam pasal 62 ayat 4 dengan tegas disebutkan, daftar calon sementara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota diumumkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

“Partai itu dapat diduga telah menyalahi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012,” kata Firin sambil menunjukkan bukti iklan PKPI di sebuah koran.

Untuk itu, ia mengingatkan semua partai agar tidak melanggar aturan tersebut. Apa yang telah dilakukan PKB dan PKPI menjadi catatan penting bagi Parpol lainnya untuk tidak ikut-ikutan dalam mengumumkan Bacaleg secara ilegal.

Terpisah, Divisi Hukum KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munif menyatakan, seharusnya iklan penjaringan Bacaleg masih bisa dimaklumi. Sedangkan yang tidak boleh adalah kampanye Parpol, karena belum waktunya.

"Kalau sekadar pengumuman menurut saya tidak apa-apa, sebab bukan kampanye," pungkasnya. [oel/lis]

Komentar Pembaca
  • Senin, 08 April 2013 12:05:44 EKO
  • alah paling gertak sambal....panwas cari nama dulu....ujung-ujungnya 86

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
Info Tabloid bB
Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...