Iklan di Media, Panwaskab Bojonegoro Semprit PKPI
Kamis, 04 April 2013 21:00:04 Iklan di Media, Panwaskab Bojonegoro Semprit PKPI

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Hasil rapat pleno Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kabupaten Bojonegoro melarang partai politik (Parpol) mengumumkan penjaringan bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan maju pada Pemilu 2014. Hal ini terkait dengan wewenang mengumumkan  secara resmi adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut ditegaskan Ketua Panwaskab Bojonegoro, Mustofirin. Dikatakannya, nama Bacaleg harus terlebih dahulu ditetapkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS) sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Parpol dilarang keras untuk mengumumkan di media sebelum diverifikasi dan ditetapkan sebagai DCS oleh KPU,” katanya.

Diungkapkan Firin, beberapa waktu lalu Partai Kebangkitan Bangsa diduga telah menyalahi ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilu legislatif (Pileg). PKB mengumumkan penjaringan Bacaleg versi partainya di sejumlah radio sebelum memasuki tahapannya.

Besok, Panwaskab giliran akan memanggil PKPI untuk klarifikasi terkait pengumuman di media. Sebab sesuai ketentuannya, dalam pasal 62 ayat 4 dengan tegas disebutkan, daftar calon sementara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota diumumkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

“Partai itu dapat diduga telah menyalahi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012,” kata Firin sambil menunjukkan bukti iklan PKPI di sebuah koran.

Untuk itu, ia mengingatkan semua partai agar tidak melanggar aturan tersebut. Apa yang telah dilakukan PKB dan PKPI menjadi catatan penting bagi Parpol lainnya untuk tidak ikut-ikutan dalam mengumumkan Bacaleg secara ilegal.

Terpisah, Divisi Hukum KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munif menyatakan, seharusnya iklan penjaringan Bacaleg masih bisa dimaklumi. Sedangkan yang tidak boleh adalah kampanye Parpol, karena belum waktunya.

"Kalau sekadar pengumuman menurut saya tidak apa-apa, sebab bukan kampanye," pungkasnya. [oel/lis]

Komentar Pembaca
  • Senin, 08 April 2013 12:05:44 EKO
  • alah paling gertak sambal....panwas cari nama dulu....ujung-ujungnya 86

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
Redaksi
Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
Info Tabloid bB
Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...