Iklan di Media, Panwaskab Bojonegoro Semprit PKPI
Kamis, 04 April 2013 21:00:04 Iklan di Media, Panwaskab Bojonegoro Semprit PKPI

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Hasil rapat pleno Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kabupaten Bojonegoro melarang partai politik (Parpol) mengumumkan penjaringan bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan maju pada Pemilu 2014. Hal ini terkait dengan wewenang mengumumkan  secara resmi adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut ditegaskan Ketua Panwaskab Bojonegoro, Mustofirin. Dikatakannya, nama Bacaleg harus terlebih dahulu ditetapkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS) sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Parpol dilarang keras untuk mengumumkan di media sebelum diverifikasi dan ditetapkan sebagai DCS oleh KPU,” katanya.

Diungkapkan Firin, beberapa waktu lalu Partai Kebangkitan Bangsa diduga telah menyalahi ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilu legislatif (Pileg). PKB mengumumkan penjaringan Bacaleg versi partainya di sejumlah radio sebelum memasuki tahapannya.

Besok, Panwaskab giliran akan memanggil PKPI untuk klarifikasi terkait pengumuman di media. Sebab sesuai ketentuannya, dalam pasal 62 ayat 4 dengan tegas disebutkan, daftar calon sementara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota diumumkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

“Partai itu dapat diduga telah menyalahi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012,” kata Firin sambil menunjukkan bukti iklan PKPI di sebuah koran.

Untuk itu, ia mengingatkan semua partai agar tidak melanggar aturan tersebut. Apa yang telah dilakukan PKB dan PKPI menjadi catatan penting bagi Parpol lainnya untuk tidak ikut-ikutan dalam mengumumkan Bacaleg secara ilegal.

Terpisah, Divisi Hukum KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munif menyatakan, seharusnya iklan penjaringan Bacaleg masih bisa dimaklumi. Sedangkan yang tidak boleh adalah kampanye Parpol, karena belum waktunya.

"Kalau sekadar pengumuman menurut saya tidak apa-apa, sebab bukan kampanye," pungkasnya. [oel/lis]

Komentar Pembaca
  • Senin, 08 April 2013 12:05:44 EKO
  • alah paling gertak sambal....panwas cari nama dulu....ujung-ujungnya 86

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
Redaksi
Kamis, 14 April 2016 12:00:19 Blok Buku Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis
Bagi anda pecinta buku, blokBojonegoro punya sesuatu untuk Anda. Sesuatu itu adalah rubrik Blok Buku. Ya, sebuah blok atau semacam komunitas, yang Anda bisa sekedar berbelok mampir untuk duduk-duduk santai di blok tersebut. Bisa sekadar membaca, atau ikut mengisi rubrik tersebut.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 30 April 2016 19:30:00 Jambore LPM Kampus Ungu di Prataan Praktik Organisasi dengan Bersihkan Sampah Praktik Organisasi dengan Bersihkan Sampah
Berbagai kegiatan dilakukan anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSADA) Bojonegoro saat Jambore di Pemandian Air Panas Prataan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Salah satunya dengan kompetisi simulasi organisasi melalui modifikasi sampah yang ada di sekitar kegiatan.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...