Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan
Kamis, 11 April 2013 07:00:00 Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebelum berangkat menuju rumah sakit untuk bersalin, tentu ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan ibu hamil, baik secara fisik, mental dan bekal materi. Sebagai bekal di rumah sakit, ibu juga harus mempersiapkan barang-barang apa saja yang perlu dibawa.

Melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin, biasanya mengharuskan ibu dan bayinya menginap beberapa hari di ruang perawatan, terlebih bila proses persalinannya cukup rumit dan memerlukan operasi.

Jadi, sebelum berangkat ke rumah sakit sebaiknya catat dulu barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan.

"Yang perlu disiapkan satu set baju untuk ibu, kain (panjang) dan satu set baju untuk bayi. Cukup satu set saja untuk pulang, karena selama di rumah sakit biasanya sudah disediakan oleh pihak rumah sakit," jelas Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Rabu (9/4/2013).

Menurut Dr Frizar, perlengkapan ibu dan bayi selama berada di rumah sakit, seperti baju, gurita atau selimut, biasanya sudah dipersiapkan oleh pihak rumah sakit, sehingga pihak keluarga tidak terlalu repot membawanya.

"Selama di rumah sakit semuanya beres. Gurita juga disediakan, tapi yang standar. Kecuali kalau si ibu mau gurita yang lain, boleh dibawa sendiri," tambahnya.

Sedangkan untuk keperluan suami atau anggota keluarga yang menunggu, perlengkapan yang dibutuhkan tergantung kebutuhan masing-masing. Pihak rumah sakit pun biasanya tidak menanggung selain perlengkapan ibu dan bayinya.

"Itu tergantung yang nunggu. Rumah sakit hanya menyediakan untuk keperluan ibu dan bayi," tutup Dr Frizar. [yud]

Sumber http://health.detik.com/read/2013/04/10/160213/2216728/775/catat-ini-barang-barang-yang-perlu-dibawa-ibu-ke-rs-sebelum-melahirkan?l992206755

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Sabtu, 01 Maret 2014 06:30:21 Tabloid bB Terbit 28 Halaman Tabloid bB Terbit 28 Halaman
    Mulai Februari 2014, Tabloid blokBojonegoro yang awalnya hanya 24 halaman, bertambah tebal. Tepatnya empat halaman full color dengan rubrik Migas Update.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...