Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan
Kamis, 11 April 2013 07:00:00 Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebelum berangkat menuju rumah sakit untuk bersalin, tentu ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan ibu hamil, baik secara fisik, mental dan bekal materi. Sebagai bekal di rumah sakit, ibu juga harus mempersiapkan barang-barang apa saja yang perlu dibawa.

Melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin, biasanya mengharuskan ibu dan bayinya menginap beberapa hari di ruang perawatan, terlebih bila proses persalinannya cukup rumit dan memerlukan operasi.

Jadi, sebelum berangkat ke rumah sakit sebaiknya catat dulu barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan.

"Yang perlu disiapkan satu set baju untuk ibu, kain (panjang) dan satu set baju untuk bayi. Cukup satu set saja untuk pulang, karena selama di rumah sakit biasanya sudah disediakan oleh pihak rumah sakit," jelas Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Rabu (9/4/2013).

Menurut Dr Frizar, perlengkapan ibu dan bayi selama berada di rumah sakit, seperti baju, gurita atau selimut, biasanya sudah dipersiapkan oleh pihak rumah sakit, sehingga pihak keluarga tidak terlalu repot membawanya.

"Selama di rumah sakit semuanya beres. Gurita juga disediakan, tapi yang standar. Kecuali kalau si ibu mau gurita yang lain, boleh dibawa sendiri," tambahnya.

Sedangkan untuk keperluan suami atau anggota keluarga yang menunggu, perlengkapan yang dibutuhkan tergantung kebutuhan masing-masing. Pihak rumah sakit pun biasanya tidak menanggung selain perlengkapan ibu dan bayinya.

"Itu tergantung yang nunggu. Rumah sakit hanya menyediakan untuk keperluan ibu dan bayi," tutup Dr Frizar. [yud]

Sumber http://health.detik.com/read/2013/04/10/160213/2216728/775/catat-ini-barang-barang-yang-perlu-dibawa-ibu-ke-rs-sebelum-melahirkan?l992206755

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...