Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan
Kamis, 11 April 2013 07:00:00 Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebelum berangkat menuju rumah sakit untuk bersalin, tentu ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan ibu hamil, baik secara fisik, mental dan bekal materi. Sebagai bekal di rumah sakit, ibu juga harus mempersiapkan barang-barang apa saja yang perlu dibawa.

Melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin, biasanya mengharuskan ibu dan bayinya menginap beberapa hari di ruang perawatan, terlebih bila proses persalinannya cukup rumit dan memerlukan operasi.

Jadi, sebelum berangkat ke rumah sakit sebaiknya catat dulu barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan.

"Yang perlu disiapkan satu set baju untuk ibu, kain (panjang) dan satu set baju untuk bayi. Cukup satu set saja untuk pulang, karena selama di rumah sakit biasanya sudah disediakan oleh pihak rumah sakit," jelas Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Rabu (9/4/2013).

Menurut Dr Frizar, perlengkapan ibu dan bayi selama berada di rumah sakit, seperti baju, gurita atau selimut, biasanya sudah dipersiapkan oleh pihak rumah sakit, sehingga pihak keluarga tidak terlalu repot membawanya.

"Selama di rumah sakit semuanya beres. Gurita juga disediakan, tapi yang standar. Kecuali kalau si ibu mau gurita yang lain, boleh dibawa sendiri," tambahnya.

Sedangkan untuk keperluan suami atau anggota keluarga yang menunggu, perlengkapan yang dibutuhkan tergantung kebutuhan masing-masing. Pihak rumah sakit pun biasanya tidak menanggung selain perlengkapan ibu dan bayinya.

"Itu tergantung yang nunggu. Rumah sakit hanya menyediakan untuk keperluan ibu dan bayi," tutup Dr Frizar. [yud]

Sumber http://health.detik.com/read/2013/04/10/160213/2216728/775/catat-ini-barang-barang-yang-perlu-dibawa-ibu-ke-rs-sebelum-melahirkan?l992206755

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 23 Juli 2014 21:00:44 STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun
    STIKES ICSADA Bojonegoro membuka Posko Sehat STIKES ICSADA (PSSI) di depan Stasiun Besar Bojonegoro Jl Gajah Mada. Posko yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat tersebut kini ramai dipadati pengunjung, baik pagi, siang maupun malam
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...