Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan
Kamis, 11 April 2013 07:00:00 Barang-barang yang Perlu Dibawa Ibu ke RS Sebelum Melahirkan

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebelum berangkat menuju rumah sakit untuk bersalin, tentu ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan ibu hamil, baik secara fisik, mental dan bekal materi. Sebagai bekal di rumah sakit, ibu juga harus mempersiapkan barang-barang apa saja yang perlu dibawa.

Melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin, biasanya mengharuskan ibu dan bayinya menginap beberapa hari di ruang perawatan, terlebih bila proses persalinannya cukup rumit dan memerlukan operasi.

Jadi, sebelum berangkat ke rumah sakit sebaiknya catat dulu barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan.

"Yang perlu disiapkan satu set baju untuk ibu, kain (panjang) dan satu set baju untuk bayi. Cukup satu set saja untuk pulang, karena selama di rumah sakit biasanya sudah disediakan oleh pihak rumah sakit," jelas Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Rabu (9/4/2013).

Menurut Dr Frizar, perlengkapan ibu dan bayi selama berada di rumah sakit, seperti baju, gurita atau selimut, biasanya sudah dipersiapkan oleh pihak rumah sakit, sehingga pihak keluarga tidak terlalu repot membawanya.

"Selama di rumah sakit semuanya beres. Gurita juga disediakan, tapi yang standar. Kecuali kalau si ibu mau gurita yang lain, boleh dibawa sendiri," tambahnya.

Sedangkan untuk keperluan suami atau anggota keluarga yang menunggu, perlengkapan yang dibutuhkan tergantung kebutuhan masing-masing. Pihak rumah sakit pun biasanya tidak menanggung selain perlengkapan ibu dan bayinya.

"Itu tergantung yang nunggu. Rumah sakit hanya menyediakan untuk keperluan ibu dan bayi," tutup Dr Frizar. [yud]

Sumber http://health.detik.com/read/2013/04/10/160213/2216728/775/catat-ini-barang-barang-yang-perlu-dibawa-ibu-ke-rs-sebelum-melahirkan?l992206755

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 27 Mei 2015 12:00:05 FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bojonegoro di Gedung MWC Nahdlatul Ulama Balen, Bojonegoro, Jumat hingga Minggu, (22-24/5/2015).
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...