Jabat PPS, Satu Anggota Panwascam Diganti
Selasa, 16 April 2013 20:30:51

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Setelah diumumkan pada 12 April lalu, terdapat seorang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang diganti. Sebab saat mendaftar dan dinyatakan lolos, yang bersangkutan masih berstatus sebagai anggota Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS).

Anggota Panwascam yang diganti adalah Abdul Syahad, asal Desa Bayemgede, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. Ketika diumumkan yang lolos, ternyata waktu penelitian lanjutan hingga tanggal 13 April diketahui Syahad menjabat PPS.

"Baru sorenya ia mengundurkan diri menggunakan surat di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK)," kata Ketua Panwaskab, Musthofirin.

Dikatakan, jika secara etik sesuai Undang-undang Republik Indonesia (UU RI) No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, tepatnya di Bab II tentang asas penyelenggaraan Pemilu di pasal 2 sudah sangat jelas. Intinya harus mandiri, jujur, keterbukaan dan profesional, juga akuntabilitas.

"Yang bersangkutan juga telah dikonfirmasi dan membenarkan. Sehingga, kita langsung memplenokan sebelum diterbitkan Surat Keterangan (SK) pada tanggal 13 April sore," terang mantan wartawan tersebut.

Sebenarnya, sejak verifikasi administrasi hingga penelaahan jelang wawancara, sudah dilakukan semaksimal mungkin. Ada beberapa yang gugur karena berstatus suami dari seorang istri yang menjabat PPS, terlibat di partai politik, hingga faktor lain.

"Sebelum SK dikeluarkan, masih wewenang internal Panwaskab. Dan kami ingin membuktikan lagi dengan mendatangkan pihak KPUK dan memang benar saat pengumuman siang masih menjabat PPS," sambung Firin, panggilan akrabnya.

Sementara itu Bagian Hukum KPUK Bojonegoro, Abdim Munib membenarkan, jika Syahad mengundurkan diri dengan surat resmi pada tanggal 12 April sore. "Tadi siang saya diklarifikasi oleh Panwaskab dan membenarkan posisi Syahad saat itu," tegas Munib. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 23 Juli 2014 21:00:44 STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun
    STIKES ICSADA Bojonegoro membuka Posko Sehat STIKES ICSADA (PSSI) di depan Stasiun Besar Bojonegoro Jl Gajah Mada. Posko yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat tersebut kini ramai dipadati pengunjung, baik pagi, siang maupun malam
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...