Jabat PPS, Satu Anggota Panwascam Diganti
Selasa, 16 April 2013 20:30:51

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Setelah diumumkan pada 12 April lalu, terdapat seorang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang diganti. Sebab saat mendaftar dan dinyatakan lolos, yang bersangkutan masih berstatus sebagai anggota Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS).

Anggota Panwascam yang diganti adalah Abdul Syahad, asal Desa Bayemgede, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. Ketika diumumkan yang lolos, ternyata waktu penelitian lanjutan hingga tanggal 13 April diketahui Syahad menjabat PPS.

"Baru sorenya ia mengundurkan diri menggunakan surat di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK)," kata Ketua Panwaskab, Musthofirin.

Dikatakan, jika secara etik sesuai Undang-undang Republik Indonesia (UU RI) No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, tepatnya di Bab II tentang asas penyelenggaraan Pemilu di pasal 2 sudah sangat jelas. Intinya harus mandiri, jujur, keterbukaan dan profesional, juga akuntabilitas.

"Yang bersangkutan juga telah dikonfirmasi dan membenarkan. Sehingga, kita langsung memplenokan sebelum diterbitkan Surat Keterangan (SK) pada tanggal 13 April sore," terang mantan wartawan tersebut.

Sebenarnya, sejak verifikasi administrasi hingga penelaahan jelang wawancara, sudah dilakukan semaksimal mungkin. Ada beberapa yang gugur karena berstatus suami dari seorang istri yang menjabat PPS, terlibat di partai politik, hingga faktor lain.

"Sebelum SK dikeluarkan, masih wewenang internal Panwaskab. Dan kami ingin membuktikan lagi dengan mendatangkan pihak KPUK dan memang benar saat pengumuman siang masih menjabat PPS," sambung Firin, panggilan akrabnya.

Sementara itu Bagian Hukum KPUK Bojonegoro, Abdim Munib membenarkan, jika Syahad mengundurkan diri dengan surat resmi pada tanggal 12 April sore. "Tadi siang saya diklarifikasi oleh Panwaskab dan membenarkan posisi Syahad saat itu," tegas Munib. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...