Jabat PPS, Satu Anggota Panwascam Diganti
Selasa, 16 April 2013 20:30:51

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Setelah diumumkan pada 12 April lalu, terdapat seorang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang diganti. Sebab saat mendaftar dan dinyatakan lolos, yang bersangkutan masih berstatus sebagai anggota Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS).

Anggota Panwascam yang diganti adalah Abdul Syahad, asal Desa Bayemgede, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. Ketika diumumkan yang lolos, ternyata waktu penelitian lanjutan hingga tanggal 13 April diketahui Syahad menjabat PPS.

"Baru sorenya ia mengundurkan diri menggunakan surat di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK)," kata Ketua Panwaskab, Musthofirin.

Dikatakan, jika secara etik sesuai Undang-undang Republik Indonesia (UU RI) No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, tepatnya di Bab II tentang asas penyelenggaraan Pemilu di pasal 2 sudah sangat jelas. Intinya harus mandiri, jujur, keterbukaan dan profesional, juga akuntabilitas.

"Yang bersangkutan juga telah dikonfirmasi dan membenarkan. Sehingga, kita langsung memplenokan sebelum diterbitkan Surat Keterangan (SK) pada tanggal 13 April sore," terang mantan wartawan tersebut.

Sebenarnya, sejak verifikasi administrasi hingga penelaahan jelang wawancara, sudah dilakukan semaksimal mungkin. Ada beberapa yang gugur karena berstatus suami dari seorang istri yang menjabat PPS, terlibat di partai politik, hingga faktor lain.

"Sebelum SK dikeluarkan, masih wewenang internal Panwaskab. Dan kami ingin membuktikan lagi dengan mendatangkan pihak KPUK dan memang benar saat pengumuman siang masih menjabat PPS," sambung Firin, panggilan akrabnya.

Sementara itu Bagian Hukum KPUK Bojonegoro, Abdim Munib membenarkan, jika Syahad mengundurkan diri dengan surat resmi pada tanggal 12 April sore. "Tadi siang saya diklarifikasi oleh Panwaskab dan membenarkan posisi Syahad saat itu," tegas Munib. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Minggu, 04 Desember 2016 22:00:13 BloKers Peduli Banjir 2016 Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir
    Aksi bersama untuk berbagi dengan korban banjir akibat luapan Bengawan Solo, tuntas digelar kemarin. Ternyata masih ada beberapa komunitas yang ingin menggelar pengumpulan dan pembagian bantuan pasca banjir. Sehingga, BloKers Peduli Banjir 2016 tetap menerima donasi sampai Jumat (9/12/2016) malam.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 03 Desember 2016 10:00:29 Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah
    Demi mempertajam dan menguatkan ideologi kader, PAC GP Ansor Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro melakukan kajian tentang kondisi ansor dan dinamika tantangan kedepan. dihadirkan sebagai pemateri tersebut M.Hasan Bisri dari Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur pada Jumat (2/12/2016) di Mushola Al Hasani Desa Cengungklung.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...