Atas Dugaan Pelanggaran Kampanye, PKS Dipanggil Panwas
Selasa, 23 April 2013 17:00:19 Atas Dugaan Pelanggaran Kampanye, PKS Dipanggil Panwas

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Bojonegoro memanggil pihak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Selasa (23/4/2013) atas dugaan pelanggaran kampanye. Partai itu diduga melanggar karena pada pada Minggu (22/4/2013) melakukan konvoi saat melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) setempat.

Panwaskab bedalih PKS mengganggu lalu lintas. Hal berpijak pada pasal 86 UU nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilu DPR, DPD dan DPRD. Selain itu juga tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 1 tahun 2013 pasal 30 ayat A tentang pedoman tata cara pelaksanaan Pemilu.

"Mereka kita klarifikasi terkait konvoi tersebut," kata Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Pemilu Panwaskab Bojonegoro, Dian Widodo kepada blokBojonegoro.com.

Hasil klarifikasi menurut Panwas menunjukkan bahwa PKS tidak begitu paham dengan aturan. Ketika ditanya, mereka mengaku hanya tahu aturan secara garis besarnya saja. Sementara, saat ditanya terkait sosialisasi kepada parpol, pihaknya mengaku hal ini tidak hanya kewajiban Panwas melainkan juga tanggung jawab KPU.

"Kita akan terus koordinasi dengan pihak-pihak terkait sebagai langkah preventif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Dari klarifikasi yang dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS, Dwi Yudha Manufri dan Bendahara PKS, Didit, mengakui dugaan pelanggaran tersebut. Selanjutnya, langkah yang akan diambil Panwaskab pasca-klarifikasi adalah akan segera menggelar rapat pleno.

"Ini bukan kampanye di luar jadwal tetapi melakukan larangan kampanye," tuturnya.

Dari rapat pleno itu nantinya akan diketahui apakah dugaan itu terbukti sebuah pelanggaran atau tidak. Serta tindakan yang akan diambil akan dibahas dalam rapat pleno tersebut. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...