Soal Anggota Dewan Pindah Partai
Pimpinan Dewan Belum Terima Surat Pengunduran Diri
Jumat, 26 April 2013 17:00:33 Pimpinan Dewan Belum Terima Surat Pengunduran Diri

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Sampai saat ini, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro belum menerima surat pengunduran dari anggotanya. Padahal, berdasarkan informasi yang beredar, ada empat anggota dewan yang dikabarkan "lompat partai" saat mencalonkan diri sebagai bacaleg Pemilu 2014 mendatang.

Informasi yang diperoleh blokBojonegoro.com menyebut, empat politisi itu adalah Supaat dari PNBKI mencalonkan diri ke Partai Hanura, Tri Kasih dari Partai Pelopor ke PKPI, Jumariyanto dari PBR ke PPP dan Chisbullah Huda dari PKNU ke PKB.

Sesuai aturan yang ada, jika anggota dewan yang pindah partai dan maju sebagai bacaleg dari partai lain, maka harus menyertakan surat pengunduran diri.

"Ketika tidak dicantumkan surat pengunduran diri. Maka, KPUK tidak bisa melakukan verifikasi terhadap berkas calon tersebut," kata Pimpinan DPRD, Sukur Priyanto.

Menurut politisi asal Partai Demokrat ini, jika sudah ada surat resmi pengunduran diri maka pihak KPUK yang akan menindaklanjuti proses pengajuan bacaleg. Selanjutnya Pimpinan Dewan dan Badan Kehormatan (BK) akan menindaklanjuti pengajuan pemberhentian tersebut.

Sampai saat ini pihaknya juga belum mengetahui apakah mereka benar-benar maju sebagai bacaleg dari partai lain. Sebab, belum ada surat resmi dari KPUK terkait validasi anggota dewan yang maju dari parpol lain tersebut.

Sementara itu sampai saat ini, imbuh Sukur, belum ada anggota dewan yang mengajukan surat pengunduran diri. "Maka kita belum bisa berbuat apa-apa," ucapnya.

Tapi dalam waktu dekat apabila sudah mendapat surat yang valid dari KPUK, maka pihkanya akan segera meminta klarifikasi partai politik (parpol) dan akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, jika mereka sudah mengundurkan diri secara resmi maka, seluruh fasilitas yang mereka miliki harus dihentikan.

"Kita lihat saja nanti kalau memang benar mereka mencalonkan diri dengan lompat partai. Maka, akan konfirmasi dulu dengan pihak-pihak terkait. Dan masalah penarikan fasilitas ataupun gaji, sekretariat dewan lebih tau," pungkasnya.[ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...