Soal Anggota Dewan Pindah Partai
Pimpinan Dewan Belum Terima Surat Pengunduran Diri
Jumat, 26 April 2013 17:00:33 Pimpinan Dewan Belum Terima Surat Pengunduran Diri

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Sampai saat ini, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro belum menerima surat pengunduran dari anggotanya. Padahal, berdasarkan informasi yang beredar, ada empat anggota dewan yang dikabarkan "lompat partai" saat mencalonkan diri sebagai bacaleg Pemilu 2014 mendatang.

Informasi yang diperoleh blokBojonegoro.com menyebut, empat politisi itu adalah Supaat dari PNBKI mencalonkan diri ke Partai Hanura, Tri Kasih dari Partai Pelopor ke PKPI, Jumariyanto dari PBR ke PPP dan Chisbullah Huda dari PKNU ke PKB.

Sesuai aturan yang ada, jika anggota dewan yang pindah partai dan maju sebagai bacaleg dari partai lain, maka harus menyertakan surat pengunduran diri.

"Ketika tidak dicantumkan surat pengunduran diri. Maka, KPUK tidak bisa melakukan verifikasi terhadap berkas calon tersebut," kata Pimpinan DPRD, Sukur Priyanto.

Menurut politisi asal Partai Demokrat ini, jika sudah ada surat resmi pengunduran diri maka pihak KPUK yang akan menindaklanjuti proses pengajuan bacaleg. Selanjutnya Pimpinan Dewan dan Badan Kehormatan (BK) akan menindaklanjuti pengajuan pemberhentian tersebut.

Sampai saat ini pihaknya juga belum mengetahui apakah mereka benar-benar maju sebagai bacaleg dari partai lain. Sebab, belum ada surat resmi dari KPUK terkait validasi anggota dewan yang maju dari parpol lain tersebut.

Sementara itu sampai saat ini, imbuh Sukur, belum ada anggota dewan yang mengajukan surat pengunduran diri. "Maka kita belum bisa berbuat apa-apa," ucapnya.

Tapi dalam waktu dekat apabila sudah mendapat surat yang valid dari KPUK, maka pihkanya akan segera meminta klarifikasi partai politik (parpol) dan akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, jika mereka sudah mengundurkan diri secara resmi maka, seluruh fasilitas yang mereka miliki harus dihentikan.

"Kita lihat saja nanti kalau memang benar mereka mencalonkan diri dengan lompat partai. Maka, akan konfirmasi dulu dengan pihak-pihak terkait. Dan masalah penarikan fasilitas ataupun gaji, sekretariat dewan lebih tau," pungkasnya.[ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Kamis, 14 April 2016 12:00:19 Blok Buku Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis
    Bagi anda pecinta buku, blokBojonegoro punya sesuatu untuk Anda. Sesuatu itu adalah rubrik Blok Buku. Ya, sebuah blok atau semacam komunitas, yang Anda bisa sekedar berbelok mampir untuk duduk-duduk santai di blok tersebut. Bisa sekadar membaca, atau ikut mengisi rubrik tersebut.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 23 April 2016 15:00:00 Hari Kartini 21 April Cara Kreatif Rayakan Hari Kartini ala MYM Cara Kreatif Rayakan Hari Kartini ala MYM
    21 April di Indonesia diperingati sebagai Hari Kartini. Peran pahlawan nasional yang satu ini dalam memperjuangkan pendidikan dan emansipasi wanita menjadi inspirasi bagi seluruh generasi. Tak jarang jika beragam peringatan dan perlombaan lazim diadakan seperti memakai kebaya, lomba membuat esai tentang perempuan, bahkan yang terbaru akan ada sebuah film khusus tentang RA Kartini.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...