Soal Anggota Dewan Pindah Partai
Pimpinan Dewan Belum Terima Surat Pengunduran Diri
Jumat, 26 April 2013 17:00:33 Pimpinan Dewan Belum Terima Surat Pengunduran Diri

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Sampai saat ini, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro belum menerima surat pengunduran dari anggotanya. Padahal, berdasarkan informasi yang beredar, ada empat anggota dewan yang dikabarkan "lompat partai" saat mencalonkan diri sebagai bacaleg Pemilu 2014 mendatang.

Informasi yang diperoleh blokBojonegoro.com menyebut, empat politisi itu adalah Supaat dari PNBKI mencalonkan diri ke Partai Hanura, Tri Kasih dari Partai Pelopor ke PKPI, Jumariyanto dari PBR ke PPP dan Chisbullah Huda dari PKNU ke PKB.

Sesuai aturan yang ada, jika anggota dewan yang pindah partai dan maju sebagai bacaleg dari partai lain, maka harus menyertakan surat pengunduran diri.

"Ketika tidak dicantumkan surat pengunduran diri. Maka, KPUK tidak bisa melakukan verifikasi terhadap berkas calon tersebut," kata Pimpinan DPRD, Sukur Priyanto.

Menurut politisi asal Partai Demokrat ini, jika sudah ada surat resmi pengunduran diri maka pihak KPUK yang akan menindaklanjuti proses pengajuan bacaleg. Selanjutnya Pimpinan Dewan dan Badan Kehormatan (BK) akan menindaklanjuti pengajuan pemberhentian tersebut.

Sampai saat ini pihaknya juga belum mengetahui apakah mereka benar-benar maju sebagai bacaleg dari partai lain. Sebab, belum ada surat resmi dari KPUK terkait validasi anggota dewan yang maju dari parpol lain tersebut.

Sementara itu sampai saat ini, imbuh Sukur, belum ada anggota dewan yang mengajukan surat pengunduran diri. "Maka kita belum bisa berbuat apa-apa," ucapnya.

Tapi dalam waktu dekat apabila sudah mendapat surat yang valid dari KPUK, maka pihkanya akan segera meminta klarifikasi partai politik (parpol) dan akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, jika mereka sudah mengundurkan diri secara resmi maka, seluruh fasilitas yang mereka miliki harus dihentikan.

"Kita lihat saja nanti kalau memang benar mereka mencalonkan diri dengan lompat partai. Maka, akan konfirmasi dulu dengan pihak-pihak terkait. Dan masalah penarikan fasilitas ataupun gaji, sekretariat dewan lebih tau," pungkasnya.[ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...