Kasus Korupsi Jasmas
PH Nurhadi Tolak Tuntutan Jaksa
Rabu, 01 Mei 2013 22:00:44

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Di saat surat pemberhentian sementara dari Gubernur Jawa Timur turun, Nurhadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro hari ini menjalani sidang perkara dugaan korupsi dana Jasmas Desa Sambong senilai Rp127 juta.

Sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya itu agendanya mendengarkan pembelaan yang disampaikan penasihat hukum (PH) terdakwa Nurhadi dan istrinya Kades Sambong, Munjiatun. Disampaikan Yasir, ia tetap yakin terdakwa tidak melakukan korupsi Jasmas. Menurutnya tidak ada bukti yang menyatakan terdakwa Nurhadi menikmati dana Jasmas Desa Sambong. Selain itu terdakwa juga tidak pernah menghalang-halangi penyidikan.

"Saya menolak dakwaan dan tuntutan jaksa karena Nurhadi tidak menerima atau menikmati dana jasmas," tegasnya, Rabu (1/5/2013).

Dalam pengertian penerimaan dana yang tidak dapat dipertanggung jawabkan sudah ada dalam draf program. Kades sebagai pejabat umum yang diberi kewenangan oleh negara untuk membuat proposal dan diajukan ke DPRD.

Dalam sidang sebelumnya,  Nurhadi dan istrinya, Munjiatun masing-masing dituntut 4,5 tahun penjara dan 1 tahun dua bulan penjara di Pengadilan Tipikor Surabaya, Kamis (25/4/2013). Menurut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nusirwan Sahrul, kedua terdakwa dinilai merugikan keuangan negara Rp127 juta dalam kasus korupsi dana Jasmas Desa Sambong tahun 2010.

Dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Bandung ini, jaksa juga menetapkan denda kepada kedua terdakwa masing-masing sebesar Rp50 juta atau subsider kurungan penjara 2 bulan. Selain itu, jaksa juga mewajibkan terdakwa Munjiatun membayar uang pengganti sebanyak Rp85.430.000.

Dalam berkas tuntutannya, jaksa menilai ada ketidaksesuaian realisasi pembangunan masjid, pagar Polindes dan kantor desa dengan rencana pembangunan. Dalam proyek ini, Nurhadi berperan sebagai perencana dan pencairan dana. Sedangkan istrinya Munjiatun sebagai penanggung jawab pembangunan. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Selasa, 20 Mei 2014 15:11:03 Konvoi Kelulusan, Polisi Tilang Motor Tak Tertib
    Siswa yang melakukan konvoi kelulusan langsung ditilang di tempat oleh petugas Satlantas
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 21 Juli 2014 19:30:35 Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub
    Bertepatan hari Minggu 20 Juli 2014, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Pacul Kota Bojonegoro melaksanakan kegiatan penutupan “ngaji pasan/ngaji posonan”
    Info Tabloid bB
    Senin, 05 Mei 2014 19:36:38 Tabloid bB Edisi Mei 2014
    Dengan tema besar Guruku Sayang Guruku Malang, redaksi Tabloid blokBojonegoro di Bulan Mei 2014 ingin mengetengahkan realitas pengajar di lapangan untuk rubrik Investigasi. Khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro. Sejak beberapa tahun belakangan ini, seiring kebijakan nasional, kesejahteraan guru terus ditingkatkan. Walaupun begitu, masih banyak tenaga pendidik yang jauh dari kata “sejahtera&rd ...