Kasus Korupsi Jasmas
PH Nurhadi Tolak Tuntutan Jaksa
Rabu, 01 Mei 2013 22:00:44

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Di saat surat pemberhentian sementara dari Gubernur Jawa Timur turun, Nurhadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro hari ini menjalani sidang perkara dugaan korupsi dana Jasmas Desa Sambong senilai Rp127 juta.

Sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya itu agendanya mendengarkan pembelaan yang disampaikan penasihat hukum (PH) terdakwa Nurhadi dan istrinya Kades Sambong, Munjiatun. Disampaikan Yasir, ia tetap yakin terdakwa tidak melakukan korupsi Jasmas. Menurutnya tidak ada bukti yang menyatakan terdakwa Nurhadi menikmati dana Jasmas Desa Sambong. Selain itu terdakwa juga tidak pernah menghalang-halangi penyidikan.

"Saya menolak dakwaan dan tuntutan jaksa karena Nurhadi tidak menerima atau menikmati dana jasmas," tegasnya, Rabu (1/5/2013).

Dalam pengertian penerimaan dana yang tidak dapat dipertanggung jawabkan sudah ada dalam draf program. Kades sebagai pejabat umum yang diberi kewenangan oleh negara untuk membuat proposal dan diajukan ke DPRD.

Dalam sidang sebelumnya,  Nurhadi dan istrinya, Munjiatun masing-masing dituntut 4,5 tahun penjara dan 1 tahun dua bulan penjara di Pengadilan Tipikor Surabaya, Kamis (25/4/2013). Menurut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nusirwan Sahrul, kedua terdakwa dinilai merugikan keuangan negara Rp127 juta dalam kasus korupsi dana Jasmas Desa Sambong tahun 2010.

Dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Bandung ini, jaksa juga menetapkan denda kepada kedua terdakwa masing-masing sebesar Rp50 juta atau subsider kurungan penjara 2 bulan. Selain itu, jaksa juga mewajibkan terdakwa Munjiatun membayar uang pengganti sebanyak Rp85.430.000.

Dalam berkas tuntutannya, jaksa menilai ada ketidaksesuaian realisasi pembangunan masjid, pagar Polindes dan kantor desa dengan rencana pembangunan. Dalam proyek ini, Nurhadi berperan sebagai perencana dan pencairan dana. Sedangkan istrinya Munjiatun sebagai penanggung jawab pembangunan. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...