Dari Terima Jahitan ke Batik Jonegoroan
Senin, 06 Mei 2013 13:00:34

Kontributor: Jarwati

blokBojonegoro.com - Suasana terlihat nyaman ditempat usaha Milik Eryul Mufidah (33) Desa Kalianyar Kecamatan Kapas. Usaha yang mulai dirintis sejak tahun 1982 yang berupa Konveksi (bordir dan jahit) tersebut kini mulai berkembang ke bebarapa sektor usaha lainnya.

Usaha yang mampu bertahan hingga puluhan tahun tersebut membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga dan masyarakat sekitar. Hanya bermodalkan Rp1.000.000, untuk membeli mesin jahit dan keperluan lainnya, kini usaha itu berkembang. "Saya dulunya nekat ingin membuka usaha, tidak mau jadi buruh terus-terusan," kata perempuan yang biasa dipanggil Eryul ini.

Seiring berjalannya waktu usaha tersebut kini sudah mempunyai 12 pegawai. "Karena ongkos jahit di sini bisa dijangkau oleh semua kalangan. Kami kan hanya mematok harga Rp60.000 sampai Rp150.000 saja," ungkapnya

Eryul juga mengatakan modal dari usahanya murni modal pribadi. "Tidak ada bantuan dari pemerintah, saya pun tidak berani mengambil pinjaman dari pihak koperasi maupun Bank, karena menjadikan saya was-was (cemas) terus," tegasnya

Tapi mulai tahun 2012, usahanya merambah ke usaha batik Jonegoroan, yang berupa batik tulis, semi tulis, dan cap. Setiap harinya mampu menyelesaikan dua batik tulis yang dihargai Rp60.000 sampai Rp250.000 per meter.

"Pemasaran kami melalui pameran-pameran, media online, teman-teman, dan berbagai cara yang lain. Ini tentu memudahkan kami dalam mengembangkan usaha yang ada agar nantinya bisa semakin besar," katanya. [ati/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 23 Mei 2016 08:00:18 Puluhan Anak Ramaikan Jelajah Alam Kayangan Puluhan Anak Ramaikan Jelajah Alam Kayangan
    Puluhan anak di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengikuti jelajah alam kayangan bersama Sokola Alam Sahabat Inspirasi Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...