SE Larangan Fotokopi e-KTP Dikeluhkan
Rabu, 08 Mei 2013 16:00:33

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Adanya surat edaran (SE) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang berisi tentang peraturan penggunaan KTP elektronik (e-KTP) menuai protes dari warga di Bojonegoro. Pasalnya, SE tersebut dinilai akan mempersempit dan merepotkan warga. Karena, didalamnya berisi peraturan yang melarang pemilik e-KTP untuk tidak memfotokopi, menyetaples dan menjegrek (hekter) kartu identitas elektronik miliknya.

Seperti disampaikan salah satu warga, Mat Nur, ia khawatir jika SE diberlakukan proses administrasi yang memerlukan bukti e-KTP akan terkendala. Apalagi, selama ini proses administrasi dalam semua urusan seringkali menggunakan fotokopi KTP.

"Sekarang apa-apa kan harus pake fotokopi KTP, padahal sekarang KTP diganti e-KTP. Kalau tidak boleh difotokopi  terus bagaimana?," ungkap pria asal Kecamatan Ngasem ini.

Keberatan juga disampaikan oleh Santo. Ia berpendapat bahwa banyak warga yang masih belum tahu tentang peraturan ini, jadi sudah banyak warga yang telah memfotokopi e-KTP mereka untuk persyaratan-persyaratan tertentu.

"Kalau hanya boleh difotocopi sekali, lalu bagaimana jika ada kebutuhan lain seperti membeli motor dan juga membayar pajak. Banyak warga yang tidak tahu, nantinya kalau terjadi kerusakan pada e-KTP lalu yang disalahkan siapa," ungkap pensiunan asal Desa Ngumpakdalem ini.

Masyarakat berharap, Mendagri dan juga pemerintah bisa mengkaji ulang SE ini, agar tidak menyusahkan dan membuat bingung masyarakat. [zhu/lis]

Komentar Pembaca
  • Jumat, 10 Mei 2013 06:57:59 Hadi susanto
  • Identitas itu mrupakn syarat pokok yg hrus dlmpirkn jka qta mau mmasuki,atau brgabung k suatu daerah,instansi,perusahaan atau lainya,cntoh jka ada wrga bru yg tdk dknal kntrak/kost d wilayah qta jika dia tdk menyerahkn fto cpy idntitasnya,dan trnya wrga itu seorng,pncuri,prampok ato teroris dan qta tdk tw siapa wrga bru itu siapa yg dslhkn?atau qta mau ambil kndaraan,mlamar pkerjaan,smua itu btuh FOTO COPY KTP,jdi mnurut saya dg tdk dprbolehkanya e ktp d fto copy AKAN MEMPERSULIT Masyarakan yg baik untk cpt brkembng dan akan memberikan keleluasaan pda orng2 yg brniat jhat utk mlalukan kejahatanya(dia mrasa bbs krn tnggl dmnpun dia tdk mningglkn foto cpy ktp kpda RT atau aparat desa setempat,

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
Redaksi
Kamis, 14 April 2016 12:00:19 Blok Buku Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis
Bagi anda pecinta buku, blokBojonegoro punya sesuatu untuk Anda. Sesuatu itu adalah rubrik Blok Buku. Ya, sebuah blok atau semacam komunitas, yang Anda bisa sekedar berbelok mampir untuk duduk-duduk santai di blok tersebut. Bisa sekadar membaca, atau ikut mengisi rubrik tersebut.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 23 April 2016 15:00:00 Hari Kartini 21 April Cara Kreatif Rayakan Hari Kartini ala MYM Cara Kreatif Rayakan Hari Kartini ala MYM
21 April di Indonesia diperingati sebagai Hari Kartini. Peran pahlawan nasional yang satu ini dalam memperjuangkan pendidikan dan emansipasi wanita menjadi inspirasi bagi seluruh generasi. Tak jarang jika beragam peringatan dan perlombaan lazim diadakan seperti memakai kebaya, lomba membuat esai tentang perempuan, bahkan yang terbaru akan ada sebuah film khusus tentang RA Kartini.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...