SE Larangan Fotokopi e-KTP Dikeluhkan
Rabu, 08 Mei 2013 16:00:33

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Adanya surat edaran (SE) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang berisi tentang peraturan penggunaan KTP elektronik (e-KTP) menuai protes dari warga di Bojonegoro. Pasalnya, SE tersebut dinilai akan mempersempit dan merepotkan warga. Karena, didalamnya berisi peraturan yang melarang pemilik e-KTP untuk tidak memfotokopi, menyetaples dan menjegrek (hekter) kartu identitas elektronik miliknya.

Seperti disampaikan salah satu warga, Mat Nur, ia khawatir jika SE diberlakukan proses administrasi yang memerlukan bukti e-KTP akan terkendala. Apalagi, selama ini proses administrasi dalam semua urusan seringkali menggunakan fotokopi KTP.

"Sekarang apa-apa kan harus pake fotokopi KTP, padahal sekarang KTP diganti e-KTP. Kalau tidak boleh difotokopi  terus bagaimana?," ungkap pria asal Kecamatan Ngasem ini.

Keberatan juga disampaikan oleh Santo. Ia berpendapat bahwa banyak warga yang masih belum tahu tentang peraturan ini, jadi sudah banyak warga yang telah memfotokopi e-KTP mereka untuk persyaratan-persyaratan tertentu.

"Kalau hanya boleh difotocopi sekali, lalu bagaimana jika ada kebutuhan lain seperti membeli motor dan juga membayar pajak. Banyak warga yang tidak tahu, nantinya kalau terjadi kerusakan pada e-KTP lalu yang disalahkan siapa," ungkap pensiunan asal Desa Ngumpakdalem ini.

Masyarakat berharap, Mendagri dan juga pemerintah bisa mengkaji ulang SE ini, agar tidak menyusahkan dan membuat bingung masyarakat. [zhu/lis]

Komentar Pembaca
  • Jumat, 10 Mei 2013 06:57:59 Hadi susanto
  • Identitas itu mrupakn syarat pokok yg hrus dlmpirkn jka qta mau mmasuki,atau brgabung k suatu daerah,instansi,perusahaan atau lainya,cntoh jka ada wrga bru yg tdk dknal kntrak/kost d wilayah qta jika dia tdk menyerahkn fto cpy idntitasnya,dan trnya wrga itu seorng,pncuri,prampok ato teroris dan qta tdk tw siapa wrga bru itu siapa yg dslhkn?atau qta mau ambil kndaraan,mlamar pkerjaan,smua itu btuh FOTO COPY KTP,jdi mnurut saya dg tdk dprbolehkanya e ktp d fto copy AKAN MEMPERSULIT Masyarakan yg baik untk cpt brkembng dan akan memberikan keleluasaan pda orng2 yg brniat jhat utk mlalukan kejahatanya(dia mrasa bbs krn tnggl dmnpun dia tdk mningglkn foto cpy ktp kpda RT atau aparat desa setempat,

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Minggu, 19 April 2015 09:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Senin, 13 April 2015 11:00:10 Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh
Minggu, (12/4/2015) Pondok Pesantren Al Falah Pacul Kota Bojonegoro sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FASH) tingkat SD/MI/TPA/TPQ se-Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan yang diikuti 39 lembaga dan 211 peserta ini merupakan rangkaian acara Haul KH.Masyhudi Hasan ke-5 .
Info Tabloid bB
Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...