SE Larangan Fotokopi e-KTP Dikeluhkan
Rabu, 08 Mei 2013 16:00:33

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Adanya surat edaran (SE) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang berisi tentang peraturan penggunaan KTP elektronik (e-KTP) menuai protes dari warga di Bojonegoro. Pasalnya, SE tersebut dinilai akan mempersempit dan merepotkan warga. Karena, didalamnya berisi peraturan yang melarang pemilik e-KTP untuk tidak memfotokopi, menyetaples dan menjegrek (hekter) kartu identitas elektronik miliknya.

Seperti disampaikan salah satu warga, Mat Nur, ia khawatir jika SE diberlakukan proses administrasi yang memerlukan bukti e-KTP akan terkendala. Apalagi, selama ini proses administrasi dalam semua urusan seringkali menggunakan fotokopi KTP.

"Sekarang apa-apa kan harus pake fotokopi KTP, padahal sekarang KTP diganti e-KTP. Kalau tidak boleh difotokopi  terus bagaimana?," ungkap pria asal Kecamatan Ngasem ini.

Keberatan juga disampaikan oleh Santo. Ia berpendapat bahwa banyak warga yang masih belum tahu tentang peraturan ini, jadi sudah banyak warga yang telah memfotokopi e-KTP mereka untuk persyaratan-persyaratan tertentu.

"Kalau hanya boleh difotocopi sekali, lalu bagaimana jika ada kebutuhan lain seperti membeli motor dan juga membayar pajak. Banyak warga yang tidak tahu, nantinya kalau terjadi kerusakan pada e-KTP lalu yang disalahkan siapa," ungkap pensiunan asal Desa Ngumpakdalem ini.

Masyarakat berharap, Mendagri dan juga pemerintah bisa mengkaji ulang SE ini, agar tidak menyusahkan dan membuat bingung masyarakat. [zhu/lis]

Komentar Pembaca
  • Jumat, 10 Mei 2013 06:57:59 Hadi susanto
  • Identitas itu mrupakn syarat pokok yg hrus dlmpirkn jka qta mau mmasuki,atau brgabung k suatu daerah,instansi,perusahaan atau lainya,cntoh jka ada wrga bru yg tdk dknal kntrak/kost d wilayah qta jika dia tdk menyerahkn fto cpy idntitasnya,dan trnya wrga itu seorng,pncuri,prampok ato teroris dan qta tdk tw siapa wrga bru itu siapa yg dslhkn?atau qta mau ambil kndaraan,mlamar pkerjaan,smua itu btuh FOTO COPY KTP,jdi mnurut saya dg tdk dprbolehkanya e ktp d fto copy AKAN MEMPERSULIT Masyarakan yg baik untk cpt brkembng dan akan memberikan keleluasaan pda orng2 yg brniat jhat utk mlalukan kejahatanya(dia mrasa bbs krn tnggl dmnpun dia tdk mningglkn foto cpy ktp kpda RT atau aparat desa setempat,

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
Redaksi
Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...