Harga Gabah Tinggi, Tapi Petani Tak Berani Jual
Sabtu, 11 Mei 2013 12:00:20 Harga Gabah Tinggi, Tapi Petani Tak Berani Jual

Kontributor: Jarwati

blokBojonegoro.com - Meski hasil panen tahun ini tidak begitu memuaskan, namun harga gabah di kalangan petani pada awal Mei ini naik menjadi Rp4.000 per kilogram (kg).

Petani asal Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Langgarno, menuturkan, awal April kemarin harga gabah di desanya hanya Rp2.800 - Rp3.100 per kg.

"Meskipun harganya naik, tapi petani tidak berani menjual gabahnya karena hasil panen berkurang. Dulu yang biasanya dapat 6 tok sekarang turun hanya 4 ton," jelasnya. Para petani di Desa Kaliombo menyatakan akan menyimpan hasil panennya untuk kebutuhan sendiri.

"Kami tidak berani menjual karena gabahnya untuk persediaan makan selama satu tahun ke depan. Lha wong di sini panennya cuma sekali dalam satu tahun," ungkap Sutajib, petani lainnya.

Hal senada diungkapkan Didik. Hasil panen pada tahun ini turun menjadi 2 ton, sementara tahun lalu hasilnya mencapai 3 ton.

"Kami tidak tahu kenapa hasilnya bisa berkurang sebanyak ini," ungkap pria yang memiliki satu anak tersebut.

Di tengah kondisi ini, para petani memperkirakan harga gabah akan terus naik pada Juni nanti. Pasalnya, pada bulan tersebut mendekati puasa. Diperkirakan hargaya bisa mencapai Rp4.500 - Rp5.000 per kg. [ati/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...