Harga Gabah Tinggi, Tapi Petani Tak Berani Jual
Sabtu, 11 Mei 2013 12:00:20 Harga Gabah Tinggi, Tapi Petani Tak Berani Jual

Kontributor: Jarwati

blokBojonegoro.com - Meski hasil panen tahun ini tidak begitu memuaskan, namun harga gabah di kalangan petani pada awal Mei ini naik menjadi Rp4.000 per kilogram (kg).

Petani asal Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Langgarno, menuturkan, awal April kemarin harga gabah di desanya hanya Rp2.800 - Rp3.100 per kg.

"Meskipun harganya naik, tapi petani tidak berani menjual gabahnya karena hasil panen berkurang. Dulu yang biasanya dapat 6 tok sekarang turun hanya 4 ton," jelasnya. Para petani di Desa Kaliombo menyatakan akan menyimpan hasil panennya untuk kebutuhan sendiri.

"Kami tidak berani menjual karena gabahnya untuk persediaan makan selama satu tahun ke depan. Lha wong di sini panennya cuma sekali dalam satu tahun," ungkap Sutajib, petani lainnya.

Hal senada diungkapkan Didik. Hasil panen pada tahun ini turun menjadi 2 ton, sementara tahun lalu hasilnya mencapai 3 ton.

"Kami tidak tahu kenapa hasilnya bisa berkurang sebanyak ini," ungkap pria yang memiliki satu anak tersebut.

Di tengah kondisi ini, para petani memperkirakan harga gabah akan terus naik pada Juni nanti. Pasalnya, pada bulan tersebut mendekati puasa. Diperkirakan hargaya bisa mencapai Rp4.500 - Rp5.000 per kg. [ati/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...