Harga Gabah Tinggi, Tapi Petani Tak Berani Jual
Sabtu, 11 Mei 2013 12:00:20 Harga Gabah Tinggi, Tapi Petani Tak Berani Jual

Kontributor: Jarwati

blokBojonegoro.com - Meski hasil panen tahun ini tidak begitu memuaskan, namun harga gabah di kalangan petani pada awal Mei ini naik menjadi Rp4.000 per kilogram (kg).

Petani asal Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Langgarno, menuturkan, awal April kemarin harga gabah di desanya hanya Rp2.800 - Rp3.100 per kg.

"Meskipun harganya naik, tapi petani tidak berani menjual gabahnya karena hasil panen berkurang. Dulu yang biasanya dapat 6 tok sekarang turun hanya 4 ton," jelasnya. Para petani di Desa Kaliombo menyatakan akan menyimpan hasil panennya untuk kebutuhan sendiri.

"Kami tidak berani menjual karena gabahnya untuk persediaan makan selama satu tahun ke depan. Lha wong di sini panennya cuma sekali dalam satu tahun," ungkap Sutajib, petani lainnya.

Hal senada diungkapkan Didik. Hasil panen pada tahun ini turun menjadi 2 ton, sementara tahun lalu hasilnya mencapai 3 ton.

"Kami tidak tahu kenapa hasilnya bisa berkurang sebanyak ini," ungkap pria yang memiliki satu anak tersebut.

Di tengah kondisi ini, para petani memperkirakan harga gabah akan terus naik pada Juni nanti. Pasalnya, pada bulan tersebut mendekati puasa. Diperkirakan hargaya bisa mencapai Rp4.500 - Rp5.000 per kg. [ati/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 27 Mei 2015 12:00:05 FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bojonegoro di Gedung MWC Nahdlatul Ulama Balen, Bojonegoro, Jumat hingga Minggu, (22-24/5/2015).
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...