Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M
Sabtu, 11 Mei 2013 06:00:00 Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Kredit bermasalah atau Non Performance Lown (NPL) di Bank Jatim Bojonegoro tahun ini mencapai Rp1,6 miliar.

Kredit macet ini terjadi pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Padahal suku bunga KUR di bank milik daerah tahun ini cukup rendah, yaitu 21% per tahun.

"Padahal dulu waktu pinjam, bunganya masih kecil 12% per tahun," kata Bidang Kredit Bank Jatim Bojonegoro, Djoko Fermantoro.

Dijelaskan, daerah yang mengalami kredit bermasalah ini salah satunya produsen tahu Ledok Kulon. Karena itu, saat ini pengajuan kredit dari Ledok Kulon banyak yang tidak disetujui karena track recordnya tidak bagus.

Djoko menilai konduite atau kepatuhan terhadap aturan kredit kurang bagus. Yakni mempunyai utang namun enggan membayarnya.

Rata-rata pinjaman yang diajukan namun macet itu antara Rp2-Rp10 juta untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini jumlah penyaluran KUR untuk modal kerja sebanyak Rp22 miliar dan kredit investasi sebanyak Rp261 juta. [zhu/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 14 Agustus 2014 12:05:02 Ratusan Warga Berebut Sesaji di Klenteng Hok Swie Bio
    Ratusan warga berebut sesaji Sembahyang Rebutan di Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro
    Redaksi
    Minggu, 10 Agustus 2014 15:30:05 Selamat ya Mas Parto Sasmito Selamat ya Mas Parto Sasmito
    Reporter blokBojonegoro Media, Parto Sasmito, Minggu (10/8/2014) pagi mengakhiri masa lajang. Ia mempersunting gadis pujaannya, Ika Farihatunnisa Rahmawati.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 17 Agustus 2014 11:00:11 Peringati HUT RI, Warga Sekaran Jalan Sehat Peringati HUT RI, Warga Sekaran Jalan Sehat
    Berbagai cara dilakukan warga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 69. Salah satunya di Desa Sekaran Kecamatan Balen Bojonegoro, Karang Taruna setempat mengadakan jalan sehat dan istighosah bersama.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...