Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M
Sabtu, 11 Mei 2013 06:00:00 Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Kredit bermasalah atau Non Performance Lown (NPL) di Bank Jatim Bojonegoro tahun ini mencapai Rp1,6 miliar.

Kredit macet ini terjadi pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Padahal suku bunga KUR di bank milik daerah tahun ini cukup rendah, yaitu 21% per tahun.

"Padahal dulu waktu pinjam, bunganya masih kecil 12% per tahun," kata Bidang Kredit Bank Jatim Bojonegoro, Djoko Fermantoro.

Dijelaskan, daerah yang mengalami kredit bermasalah ini salah satunya produsen tahu Ledok Kulon. Karena itu, saat ini pengajuan kredit dari Ledok Kulon banyak yang tidak disetujui karena track recordnya tidak bagus.

Djoko menilai konduite atau kepatuhan terhadap aturan kredit kurang bagus. Yakni mempunyai utang namun enggan membayarnya.

Rata-rata pinjaman yang diajukan namun macet itu antara Rp2-Rp10 juta untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini jumlah penyaluran KUR untuk modal kerja sebanyak Rp22 miliar dan kredit investasi sebanyak Rp261 juta. [zhu/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 03 Januari 2015 15:00:49 PAC IPNU/IPPNU Sumberrejo Konferancab XI PAC IPNU/IPPNU Sumberrejo Konferancab XI
    Jumat (2/1/2014) Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU)/Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) Sumberrejo, Bojonegoro menggelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) Ke XI. Bertempat di MINU Walisongo Sumuragung, Sumberrejo.
    Info Tabloid bB
    Minggu, 07 Desember 2014 16:11:10 Tabloid bB Edisi Desember 2014
    Tepat di bulan penutup di Tahun 2014, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan rangkuman megaproyek yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Mulai dari yang baru mulai, memasuki pertengahan, hingga ada yang telah finishing. Tetapi tampak pula yang tidak jelas perkembangannya. Melalui tema âMeliuk di Senja Megaproyekâ, redaksi ingin mengetengahkan banyak hal yang membuat proyek-proy ...