Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M
Sabtu, 11 Mei 2013 06:00:00 Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Kredit bermasalah atau Non Performance Lown (NPL) di Bank Jatim Bojonegoro tahun ini mencapai Rp1,6 miliar.

Kredit macet ini terjadi pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Padahal suku bunga KUR di bank milik daerah tahun ini cukup rendah, yaitu 21% per tahun.

"Padahal dulu waktu pinjam, bunganya masih kecil 12% per tahun," kata Bidang Kredit Bank Jatim Bojonegoro, Djoko Fermantoro.

Dijelaskan, daerah yang mengalami kredit bermasalah ini salah satunya produsen tahu Ledok Kulon. Karena itu, saat ini pengajuan kredit dari Ledok Kulon banyak yang tidak disetujui karena track recordnya tidak bagus.

Djoko menilai konduite atau kepatuhan terhadap aturan kredit kurang bagus. Yakni mempunyai utang namun enggan membayarnya.

Rata-rata pinjaman yang diajukan namun macet itu antara Rp2-Rp10 juta untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini jumlah penyaluran KUR untuk modal kerja sebanyak Rp22 miliar dan kredit investasi sebanyak Rp261 juta. [zhu/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 20 April 2015 19:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
    Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 21 April 2015 21:00:58 Peringati Hari Kartini dengan Pawai Ta'aruf Peringati Hari Kartini dengan Pawai Ta
    Pada Hari Kartini, Selasa (21/4/2015), siswa-siswi Kelompok Bermain (KB), Raudlatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Fattahul Huda Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu,
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...