Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M
Sabtu, 11 Mei 2013 06:00:00 Kredit Bermasalah di Bank Jatim Capai Rp1,6 M

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Kredit bermasalah atau Non Performance Lown (NPL) di Bank Jatim Bojonegoro tahun ini mencapai Rp1,6 miliar.

Kredit macet ini terjadi pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Padahal suku bunga KUR di bank milik daerah tahun ini cukup rendah, yaitu 21% per tahun.

"Padahal dulu waktu pinjam, bunganya masih kecil 12% per tahun," kata Bidang Kredit Bank Jatim Bojonegoro, Djoko Fermantoro.

Dijelaskan, daerah yang mengalami kredit bermasalah ini salah satunya produsen tahu Ledok Kulon. Karena itu, saat ini pengajuan kredit dari Ledok Kulon banyak yang tidak disetujui karena track recordnya tidak bagus.

Djoko menilai konduite atau kepatuhan terhadap aturan kredit kurang bagus. Yakni mempunyai utang namun enggan membayarnya.

Rata-rata pinjaman yang diajukan namun macet itu antara Rp2-Rp10 juta untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini jumlah penyaluran KUR untuk modal kerja sebanyak Rp22 miliar dan kredit investasi sebanyak Rp261 juta. [zhu/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 24 April 2014 23:00:40 Peringati Hari Kartini dengan Jajakan Makanan Jadul Peringati Hari Kartini dengan Jajakan Makanan Jadul
    Meski peringatan Hari Kartini telah lewat tiga hari, siswa-siswi SD Muhammadiyah 3 Sumberrejo baru merayakannya hari ini.
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...