Orangtua Selingkuh, Ini Dampaknya Terhadap Anak
Rabu, 15 Mei 2013 07:00:00 Orangtua Selingkuh, Ini Dampaknya Terhadap Anak

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Perceraian akibat perselingkuhan semakin marak dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya selingkuh dipicu permasalahan yang terjadi selama menjalani hubungan sebagai suami istri.

"Misalnya kurang perhatian, komunikasi yang tidak berjalan baik dan lainnya. Hal inilah yang memicu seorang orangtua mencari tempat pelabuhan lain," ujar Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli kepada VIVAlife.

Ketika perselingkuhan terungkap, terjadilah 'perang' antara orangtua dan didengar oleh anak. Tanpa disadari, hal ini berdampak pada perkembangan anak di kemudian hari.

"Reaksi emosi yang ditampilkan orangtua akan sangat berpengaruh. Bisa jadi anak akan turut serta membenci orangtua yang menjadi sumber masalah (selingkuh)," ucapnya.

Roslina pun menyarankan agar orangtua tidak buru-buru memutuskan cerai. Hal yang perlu dilakukan pertama kali oleh orangtua adalah melakukan introspeksi diri dan mencari tahu faktor yang memicu salah satu pasangan berselingkuh.

"Karena perselingkuhan terjadi bukan salah satu pihak semata," kata Roslina.

Namun, jika perceraian sudah tidak bisa dihindari, orangtua sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog terlebih dahulu. Langkah ini diperlukan guna meminimalisasi dampak terhadap anak.

Setelah itu, orangtua dianjurkan berdiskusi dengan anak mereka sesuai dengan usia dan bercerai dengan baik-baik. Kemudian usahakan kualitas hidup anak tidak berubah. Misalnya, tidak memindahkan anak dari lingkungan sekolah atau teman.

"Ini dapat memicu depresi," ucapnya. [adi/yud]

Sumber http://life.viva.co.id/news/read/412739-orangtua-selingkuh--ini-dampaknya-terhadap-anak

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 20 April 2015 19:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
    Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 April 2015 11:00:10 Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh
    Minggu, (12/4/2015) Pondok Pesantren Al Falah Pacul Kota Bojonegoro sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FASH) tingkat SD/MI/TPA/TPQ se-Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan yang diikuti 39 lembaga dan 211 peserta ini merupakan rangkaian acara Haul KH.Masyhudi Hasan ke-5 .
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...