Orangtua Selingkuh, Ini Dampaknya Terhadap Anak
Rabu, 15 Mei 2013 07:00:00 Orangtua Selingkuh, Ini Dampaknya Terhadap Anak

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Perceraian akibat perselingkuhan semakin marak dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya selingkuh dipicu permasalahan yang terjadi selama menjalani hubungan sebagai suami istri.

"Misalnya kurang perhatian, komunikasi yang tidak berjalan baik dan lainnya. Hal inilah yang memicu seorang orangtua mencari tempat pelabuhan lain," ujar Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli kepada VIVAlife.

Ketika perselingkuhan terungkap, terjadilah 'perang' antara orangtua dan didengar oleh anak. Tanpa disadari, hal ini berdampak pada perkembangan anak di kemudian hari.

"Reaksi emosi yang ditampilkan orangtua akan sangat berpengaruh. Bisa jadi anak akan turut serta membenci orangtua yang menjadi sumber masalah (selingkuh)," ucapnya.

Roslina pun menyarankan agar orangtua tidak buru-buru memutuskan cerai. Hal yang perlu dilakukan pertama kali oleh orangtua adalah melakukan introspeksi diri dan mencari tahu faktor yang memicu salah satu pasangan berselingkuh.

"Karena perselingkuhan terjadi bukan salah satu pihak semata," kata Roslina.

Namun, jika perceraian sudah tidak bisa dihindari, orangtua sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog terlebih dahulu. Langkah ini diperlukan guna meminimalisasi dampak terhadap anak.

Setelah itu, orangtua dianjurkan berdiskusi dengan anak mereka sesuai dengan usia dan bercerai dengan baik-baik. Kemudian usahakan kualitas hidup anak tidak berubah. Misalnya, tidak memindahkan anak dari lingkungan sekolah atau teman.

"Ini dapat memicu depresi," ucapnya. [adi/yud]

Sumber http://life.viva.co.id/news/read/412739-orangtua-selingkuh--ini-dampaknya-terhadap-anak

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 23 Juli 2014 21:00:44 STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun
    STIKES ICSADA Bojonegoro membuka Posko Sehat STIKES ICSADA (PSSI) di depan Stasiun Besar Bojonegoro Jl Gajah Mada. Posko yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat tersebut kini ramai dipadati pengunjung, baik pagi, siang maupun malam
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...