Warga Ngraho Evakuasi Perahu Kuno
Kamis, 06 Juni 2013 12:00:56 Warga Ngraho Evakuasi Perahu  Kuno

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Warga Desa Ngraho, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (6/6/2013) menemukan bangkai perahu di  Bengawan Solo. Perahu tersebut diduga bersejarah, dari peninggalan Belanda.

Menurut salah seorang warga, Lukman, sebenarnya perahu yang diduga peninggalan Belanda ini sudah lama diketahui keberadaannya. Namun, warga belum sempat mengevakuasinya. "Setelah dirapatkan, akhirnya evakuasi dilakukan sekarang," terang Lukman.

Perahu yang ditemukan tersebut terbuat dari besi, dengan panjang yang diperkirakan mencapai sekitar 22 meter. Sebelum dilakukan evakuasi sejak pukul 06.00 WIB tadi, tadi malam para warga menjaga area penemuan.

Sekitar 25 orang bergotong royong untuk mengeluarkan perahu besi dari sungai terpanjang di Pulau Jawa. Kemungkinan evakuasi perahu hingga besok.
Pasalnya warga kesulitan karena aliran air Bengawan solo yang cukup deras.

"Karena itu, untuk mempermudah evakuasi warga menyedotnya dengan diesel. Terkait evakuasi ini, kami belum memberitahuka pihak dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Bojonegoro," imbuhnya.

Meski demikian, warga sepakat setelah berhasil tentunya nanti akan berkoordinasi dengan dinas terkait . "Rencananya setelah dievakuasi, perahu akan ditempatkan di makam setempat," pungkasnya. [zid/lis]

Komentar Pembaca
  • Kamis, 06 Juni 2013 18:02:36 Rofiq
  • Kecamatan Gayam bos, bukan kecamatan Kalitidu

  • Minggu, 09 Juni 2013 20:13:39 bima
  • lukman bukan warga asli desa ngraho,dia cuman katanya!tuh orang sok tau..,yang masih keturunan bernama suparno warga asli desa ngraho.

  • Jumat, 14 Juni 2013 15:30:34 subhi
  • rofiq..cpa ckap kec gayam,,,d cri smpe kiamat pun ngraho tu kec kalitidu,kmu skolahny dmana sih..?

  • Senin, 17 Juni 2013 17:22:09 rofiq
  • Subhi.kamu memang pinter, sippp....

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
Redaksi
Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...