Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH
Kamis, 04 Juli 2013 10:00:48 Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH

Reporter: Imam Hambali/Nidhomatum, MR

blokBojonegoro.com -
Walaupun cukup banyak jumlah sumur minyak tua di Kabupaten Bojonegoro, tetapi belum semuanya tergarap dengan optimal. Hasilnya, sumbangan untuk target produksi juga masih minim, tepatnya sekitar 280 barel per hari (BPH).

Jumlah tersebut yang disetor ke Pertamina EP Asset 4 dan besarannya fluktuatif dan tidak selalu sama setiap harinya. Sebab, besaran tergantung jumlah setoran minyak mentah dari Koperasi Unit Desa (KUD) yang bermitra dengan Pertamina.

Seperti diketahui, ada tiga KUD yang mempunyai legalitas untuk bekerjasama dalam wilayah angkat dan angkut minyak dari sumur tua. Yakni, KUD Karya Sejahtera yang ada di Kecamatan Malo, KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama di Kecamatan Kedewan.

Dari tiga KUD tersebut, baru KUD Karya Sejahtera yang mempunyai setoran cukup besar, karena banyak sumur tua di Kecamatan Malo yang tergarap bagus belakangan ini. Sementara di Kecamatan Kedewan KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama baru memulai untuk menggerakkan penambang melaksanakan upah angkat angkut seperti yang sesuai di Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 1 Tahun 2008 tentang pengusahaan lapangan minyak sumur tua.

"Jumlah produksi minyak dari sumur tua di Bojonegoro yang diserahkan ke Pertamina ada 280 BPH. Tapi jumlahnya tak selalu sama," kata Legal and Relations Manager Pertamina EP Asset 4, Arya Dwi Paramita.

Dikatakan, untuk se Indonesia, sumbangan minyak mentah dari sumur tua kerkisar antara 600-an BPH. Tetapi rata-rata setiap harinya tidak sama, karena sumur tua tersebut juga tergantung penambang yang menyetor hasil minyaknya ke KUD. [lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...