Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH
Kamis, 04 Juli 2013 10:00:48 Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH

Reporter: Imam Hambali/Nidhomatum, MR

blokBojonegoro.com -
Walaupun cukup banyak jumlah sumur minyak tua di Kabupaten Bojonegoro, tetapi belum semuanya tergarap dengan optimal. Hasilnya, sumbangan untuk target produksi juga masih minim, tepatnya sekitar 280 barel per hari (BPH).

Jumlah tersebut yang disetor ke Pertamina EP Asset 4 dan besarannya fluktuatif dan tidak selalu sama setiap harinya. Sebab, besaran tergantung jumlah setoran minyak mentah dari Koperasi Unit Desa (KUD) yang bermitra dengan Pertamina.

Seperti diketahui, ada tiga KUD yang mempunyai legalitas untuk bekerjasama dalam wilayah angkat dan angkut minyak dari sumur tua. Yakni, KUD Karya Sejahtera yang ada di Kecamatan Malo, KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama di Kecamatan Kedewan.

Dari tiga KUD tersebut, baru KUD Karya Sejahtera yang mempunyai setoran cukup besar, karena banyak sumur tua di Kecamatan Malo yang tergarap bagus belakangan ini. Sementara di Kecamatan Kedewan KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama baru memulai untuk menggerakkan penambang melaksanakan upah angkat angkut seperti yang sesuai di Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 1 Tahun 2008 tentang pengusahaan lapangan minyak sumur tua.

"Jumlah produksi minyak dari sumur tua di Bojonegoro yang diserahkan ke Pertamina ada 280 BPH. Tapi jumlahnya tak selalu sama," kata Legal and Relations Manager Pertamina EP Asset 4, Arya Dwi Paramita.

Dikatakan, untuk se Indonesia, sumbangan minyak mentah dari sumur tua kerkisar antara 600-an BPH. Tetapi rata-rata setiap harinya tidak sama, karena sumur tua tersebut juga tergantung penambang yang menyetor hasil minyaknya ke KUD. [lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Kamis, 14 April 2016 12:00:19 Blok Buku Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis
    Bagi anda pecinta buku, blokBojonegoro punya sesuatu untuk Anda. Sesuatu itu adalah rubrik Blok Buku. Ya, sebuah blok atau semacam komunitas, yang Anda bisa sekedar berbelok mampir untuk duduk-duduk santai di blok tersebut. Bisa sekadar membaca, atau ikut mengisi rubrik tersebut.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 30 April 2016 19:30:00 Jambore LPM Kampus Ungu di Prataan Praktik Organisasi dengan Bersihkan Sampah Praktik Organisasi dengan Bersihkan Sampah
    Berbagai kegiatan dilakukan anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSADA) Bojonegoro saat Jambore di Pemandian Air Panas Prataan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Salah satunya dengan kompetisi simulasi organisasi melalui modifikasi sampah yang ada di sekitar kegiatan.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...