Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH
Kamis, 04 Juli 2013 10:00:48 Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH

Reporter: Imam Hambali/Nidhomatum, MR

blokBojonegoro.com -
Walaupun cukup banyak jumlah sumur minyak tua di Kabupaten Bojonegoro, tetapi belum semuanya tergarap dengan optimal. Hasilnya, sumbangan untuk target produksi juga masih minim, tepatnya sekitar 280 barel per hari (BPH).

Jumlah tersebut yang disetor ke Pertamina EP Asset 4 dan besarannya fluktuatif dan tidak selalu sama setiap harinya. Sebab, besaran tergantung jumlah setoran minyak mentah dari Koperasi Unit Desa (KUD) yang bermitra dengan Pertamina.

Seperti diketahui, ada tiga KUD yang mempunyai legalitas untuk bekerjasama dalam wilayah angkat dan angkut minyak dari sumur tua. Yakni, KUD Karya Sejahtera yang ada di Kecamatan Malo, KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama di Kecamatan Kedewan.

Dari tiga KUD tersebut, baru KUD Karya Sejahtera yang mempunyai setoran cukup besar, karena banyak sumur tua di Kecamatan Malo yang tergarap bagus belakangan ini. Sementara di Kecamatan Kedewan KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama baru memulai untuk menggerakkan penambang melaksanakan upah angkat angkut seperti yang sesuai di Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 1 Tahun 2008 tentang pengusahaan lapangan minyak sumur tua.

"Jumlah produksi minyak dari sumur tua di Bojonegoro yang diserahkan ke Pertamina ada 280 BPH. Tapi jumlahnya tak selalu sama," kata Legal and Relations Manager Pertamina EP Asset 4, Arya Dwi Paramita.

Dikatakan, untuk se Indonesia, sumbangan minyak mentah dari sumur tua kerkisar antara 600-an BPH. Tetapi rata-rata setiap harinya tidak sama, karena sumur tua tersebut juga tergantung penambang yang menyetor hasil minyaknya ke KUD. [lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 14 Agustus 2014 12:05:02 Ratusan Warga Berebut Sesaji di Klenteng Hok Swie Bio
    Ratusan warga berebut sesaji Sembahyang Rebutan di Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro
    Redaksi
    Minggu, 10 Agustus 2014 15:30:05 Selamat ya Mas Parto Sasmito Selamat ya Mas Parto Sasmito
    Reporter blokBojonegoro Media, Parto Sasmito, Minggu (10/8/2014) pagi mengakhiri masa lajang. Ia mempersunting gadis pujaannya, Ika Farihatunnisa Rahmawati.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 17 Agustus 2014 11:00:11 Peringati HUT RI, Warga Sekaran Jalan Sehat Peringati HUT RI, Warga Sekaran Jalan Sehat
    Berbagai cara dilakukan warga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 69. Salah satunya di Desa Sekaran Kecamatan Balen Bojonegoro, Karang Taruna setempat mengadakan jalan sehat dan istighosah bersama.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...