Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH
Kamis, 04 Juli 2013 10:00:48 Sumur Tua Bojonegoro Sumbang Minyak 280 BPH

Reporter: Imam Hambali/Nidhomatum, MR

blokBojonegoro.com -
Walaupun cukup banyak jumlah sumur minyak tua di Kabupaten Bojonegoro, tetapi belum semuanya tergarap dengan optimal. Hasilnya, sumbangan untuk target produksi juga masih minim, tepatnya sekitar 280 barel per hari (BPH).

Jumlah tersebut yang disetor ke Pertamina EP Asset 4 dan besarannya fluktuatif dan tidak selalu sama setiap harinya. Sebab, besaran tergantung jumlah setoran minyak mentah dari Koperasi Unit Desa (KUD) yang bermitra dengan Pertamina.

Seperti diketahui, ada tiga KUD yang mempunyai legalitas untuk bekerjasama dalam wilayah angkat dan angkut minyak dari sumur tua. Yakni, KUD Karya Sejahtera yang ada di Kecamatan Malo, KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama di Kecamatan Kedewan.

Dari tiga KUD tersebut, baru KUD Karya Sejahtera yang mempunyai setoran cukup besar, karena banyak sumur tua di Kecamatan Malo yang tergarap bagus belakangan ini. Sementara di Kecamatan Kedewan KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama baru memulai untuk menggerakkan penambang melaksanakan upah angkat angkut seperti yang sesuai di Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 1 Tahun 2008 tentang pengusahaan lapangan minyak sumur tua.

"Jumlah produksi minyak dari sumur tua di Bojonegoro yang diserahkan ke Pertamina ada 280 BPH. Tapi jumlahnya tak selalu sama," kata Legal and Relations Manager Pertamina EP Asset 4, Arya Dwi Paramita.

Dikatakan, untuk se Indonesia, sumbangan minyak mentah dari sumur tua kerkisar antara 600-an BPH. Tetapi rata-rata setiap harinya tidak sama, karena sumur tua tersebut juga tergantung penambang yang menyetor hasil minyaknya ke KUD. [lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Minggu, 19 April 2015 09:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
    Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 April 2015 11:00:10 Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh
    Minggu, (12/4/2015) Pondok Pesantren Al Falah Pacul Kota Bojonegoro sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FASH) tingkat SD/MI/TPA/TPQ se-Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan yang diikuti 39 lembaga dan 211 peserta ini merupakan rangkaian acara Haul KH.Masyhudi Hasan ke-5 .
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...