Pajak 1% Beratkan UKM
Selasa, 09 Juli 2013 20:00:09 Pajak 1% Beratkan UKM

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro, Rully Judy Hernani menilai kebijakan pengenaan pajak 1% bagi pelaku usaha kecil beromset Rp4,8 miliar per tahun memberatkan.

Dalam Peraturan Presiden No 46 tahun 2013 disebutkan bahwa wajib pajak dengan omset sebesar Rp4,8 miliar per tahun diwajibkan membayar pajak penghasilan sebesar 1% dari omset bruto.

Rully mengatakan bahwa pengenaan pajak tersebut amat memberatkan karena diterapkan sesaat setelah harga bahan bakar minyak (BBM) dinaikkan. Selain itu, juga karena usaha kecil masih harus bekerja keras untuk menghasilkan untung, di samping harus membayar sewa tempat untuk usaha.

"Kasihan kalau harus dipungut pajak, apalagi pedagang-pedagang kecil yang masih menyewa tempat. Penghasilannya per bulan tidak seberapa, apalagi BBM naik dan nantinya harus dipotong pajak," katanya saat ditemui di kantornya di Jl. Pattimura, Kota Bojonegoro.

Ia menambahkan bahwa hingga kini belum ada sosialisasi terkait pengenaan pajak tersebut, sehingga dikhawatirkan wajib pajak dari pelaku usaha kecil akan kaget dan menolak.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, pihak Dinkop dan UKM Kabupaten Bojonegoro berencana mengadakan pelatihan managemen keuangan kepada pelaku usaha kecil usai hari raya agar bisa mengatur keuangan dengan baik sehingga tertib administrasi kemudian bisa sadar pajak.

"Tentang pengenaaan pajak ini disosialisasikan dulu agar tidak kaget, namun untuk usaha mikro ini terlalu kecil untuk membayar pajak penghasilan, "imbuhnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Bojonegoro, Rachmawan berharap dengan adanya kebijakan baru yang lebih sederhana ini wajib pajak  bisa lebih tertib administrasi.

"Sosialisasi akan dilakukan melalui surat dan SMS broadcast, karena dari mereka sudah ada yang rutin membayar pajak dengan ketentuan lama," kata pria yang akrab disapa Wawang ini. [zhu/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...