Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat
Selasa, 23 Juli 2013 19:00:14 Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Hasil pemenang lomba menulis cerita rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Maret lalu akan segera dibukukan dan kemudian disebarkan di sekolah-sekolah di Bojonegoro untuk menjadi pembelajaran cerita Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang pengembangan pariwisata dan Budaya, Disbudpar Bojonegoro, Saptatik tujuan dilaksanakanya lomba ini adalah agar masyarakat tahu dan bisa melestarikan legenda atau dongeng tentang tempat-tempat di Bojonegoro.

"Selain itu juga untuk bahan atau referensi cerita pawai budaya Agustus mendatang," kata wanita asal Yogjakarta ini.

Dari 60 peserta akan diambil 3 juara yang akan dicetak buku, juga tujuh peserta favorit dengan tulisan layak cetak. Untuk tulisan yang dicetak akan memperoleh uang pembinaan dan trofi penghargaan dari Disbudpar. Adapun judul cerita rakyat yang terpilih untuk dicetak buku adalah sebagai berikut:

Juara 1: Asal mula kelurahan Sumbang.
Juara 2: Asal mula Desa Sumberjo Kenthong.
Juara 3: Asal mula Aki Cok Brosot.

Dan 7 cerita tepilih non juara:

- Desa Selorejo Baureno
- Joko Sangsang
- Rikolo semono Desa Ngablak
- Asal mula Desa Tlogoagung Baureno
- Asal usul Desa Trucuk
- Sendang Ki Ardi
- Asal usul Desa Sukorejo. [zhu/lis]

Ilustrasi: .net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 30 Mei 2015 21:00:16 Cegah Demam Berdarah, Dinkes Lakukan Fogging Cegah Demam Berdarah, Dinkes Lakukan Fogging
    Meskipun musim penghujan hampir selesai, kasus demam berdarah masih saja menghantui beberapa wilayah di Bojonegoro. Salah satunya adalah Desa Kalirejo, Kecamatan Bojonegoro, karena demam berdarah telah merenggut satu korban jiwa.
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...