Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat
Selasa, 23 Juli 2013 19:00:14 Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Hasil pemenang lomba menulis cerita rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Maret lalu akan segera dibukukan dan kemudian disebarkan di sekolah-sekolah di Bojonegoro untuk menjadi pembelajaran cerita Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang pengembangan pariwisata dan Budaya, Disbudpar Bojonegoro, Saptatik tujuan dilaksanakanya lomba ini adalah agar masyarakat tahu dan bisa melestarikan legenda atau dongeng tentang tempat-tempat di Bojonegoro.

"Selain itu juga untuk bahan atau referensi cerita pawai budaya Agustus mendatang," kata wanita asal Yogjakarta ini.

Dari 60 peserta akan diambil 3 juara yang akan dicetak buku, juga tujuh peserta favorit dengan tulisan layak cetak. Untuk tulisan yang dicetak akan memperoleh uang pembinaan dan trofi penghargaan dari Disbudpar. Adapun judul cerita rakyat yang terpilih untuk dicetak buku adalah sebagai berikut:

Juara 1: Asal mula kelurahan Sumbang.
Juara 2: Asal mula Desa Sumberjo Kenthong.
Juara 3: Asal mula Aki Cok Brosot.

Dan 7 cerita tepilih non juara:

- Desa Selorejo Baureno
- Joko Sangsang
- Rikolo semono Desa Ngablak
- Asal mula Desa Tlogoagung Baureno
- Asal usul Desa Trucuk
- Sendang Ki Ardi
- Asal usul Desa Sukorejo. [zhu/lis]

Ilustrasi: .net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...