Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat
Selasa, 23 Juli 2013 19:00:14 Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Hasil pemenang lomba menulis cerita rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Maret lalu akan segera dibukukan dan kemudian disebarkan di sekolah-sekolah di Bojonegoro untuk menjadi pembelajaran cerita Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang pengembangan pariwisata dan Budaya, Disbudpar Bojonegoro, Saptatik tujuan dilaksanakanya lomba ini adalah agar masyarakat tahu dan bisa melestarikan legenda atau dongeng tentang tempat-tempat di Bojonegoro.

"Selain itu juga untuk bahan atau referensi cerita pawai budaya Agustus mendatang," kata wanita asal Yogjakarta ini.

Dari 60 peserta akan diambil 3 juara yang akan dicetak buku, juga tujuh peserta favorit dengan tulisan layak cetak. Untuk tulisan yang dicetak akan memperoleh uang pembinaan dan trofi penghargaan dari Disbudpar. Adapun judul cerita rakyat yang terpilih untuk dicetak buku adalah sebagai berikut:

Juara 1: Asal mula kelurahan Sumbang.
Juara 2: Asal mula Desa Sumberjo Kenthong.
Juara 3: Asal mula Aki Cok Brosot.

Dan 7 cerita tepilih non juara:

- Desa Selorejo Baureno
- Joko Sangsang
- Rikolo semono Desa Ngablak
- Asal mula Desa Tlogoagung Baureno
- Asal usul Desa Trucuk
- Sendang Ki Ardi
- Asal usul Desa Sukorejo. [zhu/lis]

Ilustrasi: .net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Selasa, 31 Maret 2015 14:00:21 Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro
    Kantor blokBojonegoro Media di Jalan MT.Haryono Nomor 5A Kelurahan Jetak, Kota Bojonegoro mendadak ramai, selasa (31/03/2015). Pasalnya, redaksi menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...