Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat
Selasa, 23 Juli 2013 19:00:14 Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Hasil pemenang lomba menulis cerita rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Maret lalu akan segera dibukukan dan kemudian disebarkan di sekolah-sekolah di Bojonegoro untuk menjadi pembelajaran cerita Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang pengembangan pariwisata dan Budaya, Disbudpar Bojonegoro, Saptatik tujuan dilaksanakanya lomba ini adalah agar masyarakat tahu dan bisa melestarikan legenda atau dongeng tentang tempat-tempat di Bojonegoro.

"Selain itu juga untuk bahan atau referensi cerita pawai budaya Agustus mendatang," kata wanita asal Yogjakarta ini.

Dari 60 peserta akan diambil 3 juara yang akan dicetak buku, juga tujuh peserta favorit dengan tulisan layak cetak. Untuk tulisan yang dicetak akan memperoleh uang pembinaan dan trofi penghargaan dari Disbudpar. Adapun judul cerita rakyat yang terpilih untuk dicetak buku adalah sebagai berikut:

Juara 1: Asal mula kelurahan Sumbang.
Juara 2: Asal mula Desa Sumberjo Kenthong.
Juara 3: Asal mula Aki Cok Brosot.

Dan 7 cerita tepilih non juara:

- Desa Selorejo Baureno
- Joko Sangsang
- Rikolo semono Desa Ngablak
- Asal mula Desa Tlogoagung Baureno
- Asal usul Desa Trucuk
- Sendang Ki Ardi
- Asal usul Desa Sukorejo. [zhu/lis]

Ilustrasi: .net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...