Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat
Selasa, 23 Juli 2013 19:00:14 Disbudpar akan Bukukan Hasil Lomba Cerita Rakyat

Reporter: Hazhu Muthoharoh

blokBojonegoro.com - Hasil pemenang lomba menulis cerita rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Maret lalu akan segera dibukukan dan kemudian disebarkan di sekolah-sekolah di Bojonegoro untuk menjadi pembelajaran cerita Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang pengembangan pariwisata dan Budaya, Disbudpar Bojonegoro, Saptatik tujuan dilaksanakanya lomba ini adalah agar masyarakat tahu dan bisa melestarikan legenda atau dongeng tentang tempat-tempat di Bojonegoro.

"Selain itu juga untuk bahan atau referensi cerita pawai budaya Agustus mendatang," kata wanita asal Yogjakarta ini.

Dari 60 peserta akan diambil 3 juara yang akan dicetak buku, juga tujuh peserta favorit dengan tulisan layak cetak. Untuk tulisan yang dicetak akan memperoleh uang pembinaan dan trofi penghargaan dari Disbudpar. Adapun judul cerita rakyat yang terpilih untuk dicetak buku adalah sebagai berikut:

Juara 1: Asal mula kelurahan Sumbang.
Juara 2: Asal mula Desa Sumberjo Kenthong.
Juara 3: Asal mula Aki Cok Brosot.

Dan 7 cerita tepilih non juara:

- Desa Selorejo Baureno
- Joko Sangsang
- Rikolo semono Desa Ngablak
- Asal mula Desa Tlogoagung Baureno
- Asal usul Desa Trucuk
- Sendang Ki Ardi
- Asal usul Desa Sukorejo. [zhu/lis]

Ilustrasi: .net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...