Rasa Bojonegoro di Kaltim Saat Puasa (2)
Dua Kolonel Cerita Masa Kecil Jonegoro
Rabu, 24 Juli 2013 20:30:19 Dua Kolonel Cerita Masa Kecil Jonegoro

Dunia tak selebar daun kelor. Pepatah lama itu rasanya cukup tepat untuk menggambarkan bagaimana sempitnya wilayah jika sudah terjadi persebaran warga dari satu tempat, semisal asal Bojonegoro. Di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), cukup banyak warga Kota Ledre yang bermukim dan menjadi pejabat teras di kota yang memiliki International Sepinggan Airport (SIA) tersebut.

Reporter: Muhammad A. Qohhar
  
blokBojonegoro.com - Cuaca di siang hari yang cukup menyengat di Balikpapan, karena berada di jalur Khatulistiwa, ternyata tidak berlaku pada malam hari. Suasanya sejuk dengan angin semilir dari pantai, membuat begitu tentram kehidupan di Banua Patra atau Kota Minyak itu. Sebutan lain yang tak kalah mentereng adalah Beruang Madu dengan klub sepakbola kebesaran Persiba Balikpapan.

Sekitar pukul 22.00 WITA, Senin (22/7/2013), kondisi lobi Novotel yang berada tepat di seberang jalan tepi pantai Jalan Panglima Sudirman cukup ramai. Seorang laki-laki sedang santai duduk dan menunggu blokBojonegoro.com yang menginap di hotel tersebut. Namanya Kolonel ARH Mohammad Ali Mudjid. Ia salah satu perwira tinggi di Kodam VI Mulawarman, Balikpapan, tepatnya menjabat sebagai Staf Ahli Pangdam sejak 22 Februari 2013.

Dengan ramah, Kolonel Mudjid, begitu ia biasa dipanggil menyambut blokBojonegoro.com yang memang sudah membuat janji sebelumnya. Dirinya tampak gembira, karena bertemu dengan sesama warga Bojonegoro di Balikpapan, tempatnya sekarang berdinas. Sebalum berpindah ke Kodam IV, Kolonel Mudjid menjabat Danpusdik Arhanud Pussenarhanud, Malang.

"Gimana kabarnya Bojonegoro? Lama sekali saya belum bisa pulang ke tempat kelahiran," tanya Kolonel Mudjid membuka pembicaraan. Dirinya memang baru sekali berdinas di Jawa, terutama Jawa Timur. Sekali menjabat, hanya satu tahun dan harus kembali mengabdi di luar pulau.

Bapak dua putra tersebut banyak cerita mengenai masa kecil dan kegiatannya saat di Bojonegoro. Aneh memang, tetapi ia selalu rindu masa-masa indah di Kota Ledre. Terutama ketika menimba ilmu di SD Sumberrejo, SMPN 1 dan SMAN1/Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP) Bojonegoro. "Ketika puasa seperti ini, ketika kecil saya sangat senang. Bermain sampai di Balen atau bahkan Kecamatan Kapas," kenang Mudjid yang masa kanak-kanaknya dihabiskan di depan Polsek Sumberrejo, tepatnya turut Desa/Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro.

Ditengah-tengah pembicaraan yang santai dengan suguhan kopi khas Balikpapan, tiba-tiba dari kejahuan dengan posisi tangan tengah hormat memberi salam. Ternyata, satu lagi petinggi TNI Angkatan Darat (AD) di Kodam VI datang atas undangan Kolonel Mudjid. Sosok tersebut adalah Kolonel CPM Bambang Sumarsono, Danpomdam VI Mulawarman, Balikpapan.

"Wah, ini orang-orang turunan Angling Dharma lagi kumpul," celetuk Kolonel Bambang sambil tersenyum disambut gelak tawa Kolonel Mudjid.

Setelah itu, perbincangan bertambah cair, terutama cerita-cerita masa kecil di Desa/Kecamatan Kapas, tempat kelahirannya. Ia sangat suka saat bulan puasa Ramadan, karena bisa berjualan petasan yang pada waktu itu belum dilarang. Belum lagi, berbagai permainan anak-anak yang disukai, mulai gobag sodor, bentik, mul-mulan, kekehan atau sejenisnya.

"Sekarang sudah tidak ada ya Mas Mudjid?" tanya Kolonel Bambang yang ditimpali blokBojonegoro.com dengan gurauan-gurauan hangat. Dengan cekatan, Kolonel Mudjid menjawab, jika saat ini anak-anak sudah melupakan permainan tradisional dan beralih ke modern dan elektronik.

Menurut Kolonel Bambang, kondisi Bojonegoro saat ini memang berubah. Mulai peta politik, ekonomi warga, sampai dengan struktur-struktut lain di masyarakat. Dirinya selalu mengikuti perkembangan berita di Bojonegoro melalui dunia maya, terutama di website berita blokBojonegoro.com. Sehingga, ia cukup senang saat pimpinan blokBojonegoro Media bisa berkunjung dan menelusuri warga Bojonegoro yang ada di Kalimantan Timur.

"Keberadaan blokBojonegoro.com sangat membantu, terutama bagi warga yang berada di rantau. Karena, seperti saya ini juga rindu kampung halaman dan informasi-informasi penting yang layak diakses," lanjut Dandenpom IV/5 Semarang, Dandenpom I/2 Banda Aceh dan Wadanpomdam V/Brawijaya Surabaya.

Tak terasa, malam semalin larut dan menunjukkan pukul 01.00 WITA. Akhirnya ngobrol bareng dua kolonel yang bertugas di Kodam VI Mulawarman, Balikpapan diakhiri dan dilanjut esok harinya. Diskusi tak kalah menarik di ruangan Danpomdam VI/Mulawarman, Selasa (23/7/2013) pukul 09.00 WITA kembali dilanjutkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, Kolonel Bambang juga turut serta bersama-sama menuju Kodam VI Mulawarman untuk menemui Kolonel Mudjid di ruangan Staf Ahli Pangdam VI Mulawarman, Balikpapan. [mad/bersambung]  

Komentar Pembaca
  • Kamis, 25 Juli 2013 08:25:38 SARWI PAK AYA
  • Hai bB.com yg makin mantab aja, Liput juga donk tokoh2 besar lain dari bojenogoro yang sukses di daerah rantau, semisal Bapak Mayjen Suharsono, SIp yg asli dari desa Ngrejeng kecamatan Purwosari atau Bapak Supramu, SH pengusaha kaya raya dari dander. Biar kita masyarakat bojonegoro lebih luas wawasanya. Atau bila perlu setiap minggu bB.com memberi ruang kolom artikel sendiri dimana trdapat liputan khusus tentang tokoh2 tenar dari bumi malawapati. Trima kasih, bB adalah pelengkap hidup masyarakat bojonegoro yang berilmu & berwawasan luas.

  • Rabu, 05 Februari 2014 11:15:24 kamid
  • Semoga sukses berkarir dan dapat membangun bojonegoro kedepan lebih baik

  • Kamis, 08 Mei 2014 11:00:26 Nabella Aisya Helda
  • Mantappppp!!!!! sukses bB

  • Minggu, 10 Agustus 2014 00:50:31 Agus Srihadi
  • pak Bambang dan pak Mudjid,semoga sukses selalu...salam hormat pak

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
Redaksi
Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 28 Mei 2016 16:00:11 Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan
Seni hadrah sudah dikenal sebagai salah satu bentuk kesenian yang menjadi bagian dalam melakukan penyebaran ajaran agama Islam. Seni inipun diketahui sudah digunakan oleh para ulama sejak jaman dahulu dalam berdakwah. Dengan melestarikan seni ini, diharapkan nilai dari ajaran Islam semakin dapat dirasakan-melalui pendekatan budaya-oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi ihtiyar yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...