Harga Kedelai Naik, Pedagang Tahu Makin Terjepit
Jumat, 23 Agustus 2013 11:00:54 Harga Kedelai Naik, Pedagang Tahu Makin Terjepit

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Harga kedelai melonjak Rp1.200 per kilogram. Dari harga Rp7.300 per kilogram menjadi Rp8.500 per kilogram. Hal ini membuat pengusaha tahu makin terjepit. Keuntungan makin menipis sebab karena harga kedelai naik.

Pengusaha tahu asal Kelurahan Ledokkulon, Nurul (40) mengatakan ia belum menaikkan harga tahu karena kawatir pedagang dan konsumen keberatan. Tapi kalau keuntungan semakin sedikit, terpaksa ia harus menaikkan harga atau mengecilkan ukuran.

"Sekarang harga tahu masih kisaran Rp3.000 sampai Rp4.000 per 10 tahu. Saya tidak mungkin memperkecil ukuran tahu karena kawatir pembeli keberatan," ujarnya.

Hampir seminggu ini harga kedelai naik. Bahan produksi sudah naik, secara tidak langsung harga produk jadi naik. Para pengusaha tahu di Kelurahan Ledok minta pemerintah bisa mengendalikan harga kedelai.

Nurul mengatakan saat ini dirinya lebih memilih langsung menjual tahu kepada pedagang.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bojonegoro, Bambang Suharno mengatakan kenaikan harga kedelai bukan akibat turunnya nilai kurs mata uang rupiah terhadap dollar Amerika.

"Tapi ini akibat permainan importir kedelai. Selama ini tata niaga kedelai tidak ditangani pemerintah sehingga tidak ada yang menjaga stabilitas harga kedelai," ujarnya.

Dampak kenaikan harga, dipastikan bisa membuat produsen tahu tempe gulung tikar. Menurut Bambang, solusi yang baik seharusnya pemerintah melalui Bulog menjadi supportir utama kedelai.[oel/ang]

Teks Foto: industri rumahan tahu di Ledok Kulon

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Selasa, 20 Mei 2014 15:11:03 Konvoi Kelulusan, Polisi Tilang Motor Tak Tertib
    Siswa yang melakukan konvoi kelulusan langsung ditilang di tempat oleh petugas Satlantas
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 21 Juli 2014 19:30:35 Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub
    Bertepatan hari Minggu 20 Juli 2014, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Pacul Kota Bojonegoro melaksanakan kegiatan penutupan “ngaji pasan/ngaji posonan”
    Info Tabloid bB
    Senin, 05 Mei 2014 19:36:38 Tabloid bB Edisi Mei 2014
    Dengan tema besar Guruku Sayang Guruku Malang, redaksi Tabloid blokBojonegoro di Bulan Mei 2014 ingin mengetengahkan realitas pengajar di lapangan untuk rubrik Investigasi. Khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro. Sejak beberapa tahun belakangan ini, seiring kebijakan nasional, kesejahteraan guru terus ditingkatkan. Walaupun begitu, masih banyak tenaga pendidik yang jauh dari kata “sejahtera&rd ...