Harga Kedelai Naik, Pedagang Tahu Makin Terjepit
Jumat, 23 Agustus 2013 11:00:54 Harga Kedelai Naik, Pedagang Tahu Makin Terjepit

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Harga kedelai melonjak Rp1.200 per kilogram. Dari harga Rp7.300 per kilogram menjadi Rp8.500 per kilogram. Hal ini membuat pengusaha tahu makin terjepit. Keuntungan makin menipis sebab karena harga kedelai naik.

Pengusaha tahu asal Kelurahan Ledokkulon, Nurul (40) mengatakan ia belum menaikkan harga tahu karena kawatir pedagang dan konsumen keberatan. Tapi kalau keuntungan semakin sedikit, terpaksa ia harus menaikkan harga atau mengecilkan ukuran.

"Sekarang harga tahu masih kisaran Rp3.000 sampai Rp4.000 per 10 tahu. Saya tidak mungkin memperkecil ukuran tahu karena kawatir pembeli keberatan," ujarnya.

Hampir seminggu ini harga kedelai naik. Bahan produksi sudah naik, secara tidak langsung harga produk jadi naik. Para pengusaha tahu di Kelurahan Ledok minta pemerintah bisa mengendalikan harga kedelai.

Nurul mengatakan saat ini dirinya lebih memilih langsung menjual tahu kepada pedagang.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bojonegoro, Bambang Suharno mengatakan kenaikan harga kedelai bukan akibat turunnya nilai kurs mata uang rupiah terhadap dollar Amerika.

"Tapi ini akibat permainan importir kedelai. Selama ini tata niaga kedelai tidak ditangani pemerintah sehingga tidak ada yang menjaga stabilitas harga kedelai," ujarnya.

Dampak kenaikan harga, dipastikan bisa membuat produsen tahu tempe gulung tikar. Menurut Bambang, solusi yang baik seharusnya pemerintah melalui Bulog menjadi supportir utama kedelai.[oel/ang]

Teks Foto: industri rumahan tahu di Ledok Kulon

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 21 Mei 2015 18:00:26 AIBS Mengikuti Silatnas ke-II Itmam di Sukoharjo AIBS Mengikuti Silatnas ke-II Itmam di Sukoharjo
    Ittihadul Ma'ahid Al-Islamiyah (Itmam) Pusat menyelenggarakan Silaturahim Nasional (SILATNAS) ke-II Persatuan Pondok Pesantren
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...