Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas
Senin, 26 Agustus 2013 07:00:27 Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebagai tempat menyimpan bahan pangan yang siap diolah, kulkas seharusnya dalam kondisi higienis sehingga makanan tidak mudah tercemar. Simpanlah bahan makanan sesuai karakternya sehingga daya simpan bahan pangan pun lebih panjang.

Berikut adalah kiat-kiat menyimpan bahan pangan dalam kulkas dari Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, Roy Sparingga.

1. Rak pertama

Rak di bawah freezer ini diperuntukkan bagi berbagai makanan matang yang tinggal santap. Misalnya cake atau sisa bahan makanan yang akan dihangatkan kembali. Sebaiknya simpan makanan dalam wadah tertutup.

2. Rak kedua

Rak ini diperuntukkan bagi susu, yoghurt, atau telur yang memiliki kemasan. Jika kemasan sudah terbuka atau tidak ada, disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah cairan telur, susu, atau yoghurt mencemari makanan lain, bila pecah atau cairannya menetes.  

Telur yang disimpan dalam wadah adakan bertahan 4 minggu, sejak awal pembelian.  Sedangkan yoghurt bisa bertahan sampai 2 minggu. Untuk susu sebaiknya jangan disimpan di pintu kulkas , karena suhu yang lebih hangat. Temperatur ini akan memperpendek umur susu.

3. Rak ketiga

Rak pada urutan ketiga digunakan untuk menyimpan berbagai sayur dan buah yang sudah dicuci bersih. Bila disimpan dalam wadah plastik sebaiknya diberi ventilasi, untuk memungkinkan produk ini bermetabolisme. Tidak semua sayuran bisa langsung disimpan begitu saja. Buncis misalnya, sayuran ini akan lebih awet jika disimpan dalam bentuk sudah dipotong-potong. Sementara jagung sebaiknya disimpan bersama dengan kulitnya.  Anda juga bisa menyimpan sayur mayur di rak paling bawah yang tertutup.

4. Rak keempat

Di bagian ini bisa disimpan pangan hewani yang akan segera diolah. Misalnya daging atau ikan yang sudah dibumbui dan disimpan sementara agar bumbunya meresap. Untuk masa simpan lebih panjang, taruhlah produk hewani di bagian freezer.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/08/23/1749416/Kiat.Menyimpan.Bahan.Pangan.dalam.Kulkas
Sum

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Minggu, 19 April 2015 09:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
    Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 April 2015 11:00:10 Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh
    Minggu, (12/4/2015) Pondok Pesantren Al Falah Pacul Kota Bojonegoro sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FASH) tingkat SD/MI/TPA/TPQ se-Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan yang diikuti 39 lembaga dan 211 peserta ini merupakan rangkaian acara Haul KH.Masyhudi Hasan ke-5 .
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...