Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas
Senin, 26 Agustus 2013 07:00:27 Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebagai tempat menyimpan bahan pangan yang siap diolah, kulkas seharusnya dalam kondisi higienis sehingga makanan tidak mudah tercemar. Simpanlah bahan makanan sesuai karakternya sehingga daya simpan bahan pangan pun lebih panjang.

Berikut adalah kiat-kiat menyimpan bahan pangan dalam kulkas dari Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, Roy Sparingga.

1. Rak pertama

Rak di bawah freezer ini diperuntukkan bagi berbagai makanan matang yang tinggal santap. Misalnya cake atau sisa bahan makanan yang akan dihangatkan kembali. Sebaiknya simpan makanan dalam wadah tertutup.

2. Rak kedua

Rak ini diperuntukkan bagi susu, yoghurt, atau telur yang memiliki kemasan. Jika kemasan sudah terbuka atau tidak ada, disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah cairan telur, susu, atau yoghurt mencemari makanan lain, bila pecah atau cairannya menetes.  

Telur yang disimpan dalam wadah adakan bertahan 4 minggu, sejak awal pembelian.  Sedangkan yoghurt bisa bertahan sampai 2 minggu. Untuk susu sebaiknya jangan disimpan di pintu kulkas , karena suhu yang lebih hangat. Temperatur ini akan memperpendek umur susu.

3. Rak ketiga

Rak pada urutan ketiga digunakan untuk menyimpan berbagai sayur dan buah yang sudah dicuci bersih. Bila disimpan dalam wadah plastik sebaiknya diberi ventilasi, untuk memungkinkan produk ini bermetabolisme. Tidak semua sayuran bisa langsung disimpan begitu saja. Buncis misalnya, sayuran ini akan lebih awet jika disimpan dalam bentuk sudah dipotong-potong. Sementara jagung sebaiknya disimpan bersama dengan kulitnya.  Anda juga bisa menyimpan sayur mayur di rak paling bawah yang tertutup.

4. Rak keempat

Di bagian ini bisa disimpan pangan hewani yang akan segera diolah. Misalnya daging atau ikan yang sudah dibumbui dan disimpan sementara agar bumbunya meresap. Untuk masa simpan lebih panjang, taruhlah produk hewani di bagian freezer.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/08/23/1749416/Kiat.Menyimpan.Bahan.Pangan.dalam.Kulkas
Sum

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 27 Juni 2016 21:00:23 Syukuran Hari Jadi yang Sederhana Syukuran Hari Jadi yang Sederhana
    Dirangkai dengan buka bersama redaksi, seluruh Crew blokBojonegoro Media memperingati ulang tahun ke 5 dengan sederhana, Senin (27/6/2016) sore. Kegiatan berlangsung di Taste Bite Fave Hotel, Jalan Panglima Sudirman, Kota Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 Juni 2016 16:30:00 Kartar Desa Jampet Gelar Bazar Ramadan Kartar Desa Jampet Gelar Bazar Ramadan
    Bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh ampunan, juga bulan penuh berkah. Maka dari itu, Karang Taruna (Kartar) 'Setya Karya' Desa Jampet menyambut bulan suci Ramadan dengan progam 'Bazar Ramadan dan Santunan idul fitri anak yatim'.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...