Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas
Senin, 26 Agustus 2013 07:00:27 Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebagai tempat menyimpan bahan pangan yang siap diolah, kulkas seharusnya dalam kondisi higienis sehingga makanan tidak mudah tercemar. Simpanlah bahan makanan sesuai karakternya sehingga daya simpan bahan pangan pun lebih panjang.

Berikut adalah kiat-kiat menyimpan bahan pangan dalam kulkas dari Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, Roy Sparingga.

1. Rak pertama

Rak di bawah freezer ini diperuntukkan bagi berbagai makanan matang yang tinggal santap. Misalnya cake atau sisa bahan makanan yang akan dihangatkan kembali. Sebaiknya simpan makanan dalam wadah tertutup.

2. Rak kedua

Rak ini diperuntukkan bagi susu, yoghurt, atau telur yang memiliki kemasan. Jika kemasan sudah terbuka atau tidak ada, disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah cairan telur, susu, atau yoghurt mencemari makanan lain, bila pecah atau cairannya menetes.  

Telur yang disimpan dalam wadah adakan bertahan 4 minggu, sejak awal pembelian.  Sedangkan yoghurt bisa bertahan sampai 2 minggu. Untuk susu sebaiknya jangan disimpan di pintu kulkas , karena suhu yang lebih hangat. Temperatur ini akan memperpendek umur susu.

3. Rak ketiga

Rak pada urutan ketiga digunakan untuk menyimpan berbagai sayur dan buah yang sudah dicuci bersih. Bila disimpan dalam wadah plastik sebaiknya diberi ventilasi, untuk memungkinkan produk ini bermetabolisme. Tidak semua sayuran bisa langsung disimpan begitu saja. Buncis misalnya, sayuran ini akan lebih awet jika disimpan dalam bentuk sudah dipotong-potong. Sementara jagung sebaiknya disimpan bersama dengan kulitnya.  Anda juga bisa menyimpan sayur mayur di rak paling bawah yang tertutup.

4. Rak keempat

Di bagian ini bisa disimpan pangan hewani yang akan segera diolah. Misalnya daging atau ikan yang sudah dibumbui dan disimpan sementara agar bumbunya meresap. Untuk masa simpan lebih panjang, taruhlah produk hewani di bagian freezer.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/08/23/1749416/Kiat.Menyimpan.Bahan.Pangan.dalam.Kulkas
Sum

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 21 Mei 2015 18:00:26 AIBS Mengikuti Silatnas ke-II Itmam di Sukoharjo AIBS Mengikuti Silatnas ke-II Itmam di Sukoharjo
    Ittihadul Ma'ahid Al-Islamiyah (Itmam) Pusat menyelenggarakan Silaturahim Nasional (SILATNAS) ke-II Persatuan Pondok Pesantren
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...