Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas
Senin, 26 Agustus 2013 07:00:27 Kiat Menyimpan Bahan Pangan dalam Kulkas

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Sebagai tempat menyimpan bahan pangan yang siap diolah, kulkas seharusnya dalam kondisi higienis sehingga makanan tidak mudah tercemar. Simpanlah bahan makanan sesuai karakternya sehingga daya simpan bahan pangan pun lebih panjang.

Berikut adalah kiat-kiat menyimpan bahan pangan dalam kulkas dari Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, Roy Sparingga.

1. Rak pertama

Rak di bawah freezer ini diperuntukkan bagi berbagai makanan matang yang tinggal santap. Misalnya cake atau sisa bahan makanan yang akan dihangatkan kembali. Sebaiknya simpan makanan dalam wadah tertutup.

2. Rak kedua

Rak ini diperuntukkan bagi susu, yoghurt, atau telur yang memiliki kemasan. Jika kemasan sudah terbuka atau tidak ada, disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah cairan telur, susu, atau yoghurt mencemari makanan lain, bila pecah atau cairannya menetes.  

Telur yang disimpan dalam wadah adakan bertahan 4 minggu, sejak awal pembelian.  Sedangkan yoghurt bisa bertahan sampai 2 minggu. Untuk susu sebaiknya jangan disimpan di pintu kulkas , karena suhu yang lebih hangat. Temperatur ini akan memperpendek umur susu.

3. Rak ketiga

Rak pada urutan ketiga digunakan untuk menyimpan berbagai sayur dan buah yang sudah dicuci bersih. Bila disimpan dalam wadah plastik sebaiknya diberi ventilasi, untuk memungkinkan produk ini bermetabolisme. Tidak semua sayuran bisa langsung disimpan begitu saja. Buncis misalnya, sayuran ini akan lebih awet jika disimpan dalam bentuk sudah dipotong-potong. Sementara jagung sebaiknya disimpan bersama dengan kulitnya.  Anda juga bisa menyimpan sayur mayur di rak paling bawah yang tertutup.

4. Rak keempat

Di bagian ini bisa disimpan pangan hewani yang akan segera diolah. Misalnya daging atau ikan yang sudah dibumbui dan disimpan sementara agar bumbunya meresap. Untuk masa simpan lebih panjang, taruhlah produk hewani di bagian freezer.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/08/23/1749416/Kiat.Menyimpan.Bahan.Pangan.dalam.Kulkas
Sum

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 15 November 2014 13:00:00 PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF
    Tak kurang dari 50 orang peserta Keaksaraan Fungsional (KF) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Handayani, Baureno mengikuti pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar kulit jagung atau kelobot di Desa Kadungrejo, Baureno, Sabtu (15/11). Pelatihan tersebut merupakan program lanjutan dari keaksaraan dasar yang telah selesai dilaksanakan sebelumnya.
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...