Atisipasi Laka Lantas Pelajar
Dewan Pendidikan Dukung Kebijakan Disdikda
Kamis, 19 September 2013 15:00:51 Dewan Pendidikan Dukung Kebijakan Disdikda

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Berbagai upaya dilakukan untuk menekan Kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) yang melibatkan pelajar. Salah satunya dengan keputusan Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Kabupaten Bojonegoro yang melarang siswa parkir di sekolah jika tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM).

Menanggapi regulasi itu, Dewan Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mendukung penuh antisipasi Laka Lantas itu. Dukungan ini mengingat Laka Lantas yang melibatkan anak di bawah umur semakin marak.

"Bukan ikut-kutan Disdikda, tetapi pada prinsipnya jika ada siswa tidak mempunyai SIM atau kelengkapan kendaraan dilarang diparkir di sekolah," kata ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Sulkhan Imron.

Meski disadarinya, larangan parkir di sekolah bagi pelajar yang tidak mempunyai SIM juga bisa mempengaruhi proses belajar mengajar. Apalagi,  dengan jarak tempuh siswa yang tempat tinggalnya jauh dari tempatnya menuntut ilmu. "Motor bisa dititipkan di rumah warga atau kebijakan orang tua seperti diantar jemput atau bagaimana baiknya," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Untuk menciptakan pelajar yang tertib lalu lintas, aturan itu perlu disosialisasikan kepada para siswa. Selain itu, peran wali murid juga sangat besar. Sebaiknya para orang tua juga diundang ke sekolah untuk diberikan pengertian dan pemahaman, pentingnya tertib berlalu lintas bagi siapa saja termasuk pelajar. "Melalui pendidikan berkarakter Laka Lantas bisa dikurangi," pungkasnya. [zid/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...