Organisasi Baru, PPDI Bertekad Sosialisasikan Donor Darah
Selasa, 24 September 2013 17:00:58 Organisasi Baru, PPDI Bertekad Sosialisasikan Donor Darah

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Minimnya pendonor darah di Kabupaten Bojonegoro diakui pengurus daerah Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Bojonegoro. Terkait hal itu, sosialisasi pentingnya donor darah harus gencar dilakukan demi diri sendiri dan orang lain.

"Minimnya pendonor, kembali kepada kesadaran masyarakat," kata Wakil Ketua PDDI Bojonegoro Qohar Mahmudi.

Karena minimnya masyarakat yang sadar manfaat donor darah, PDDI sebagai lembaga baru di Bojonegoro bertugas membantu sosialisasi agar para pendonor bertambah di Palang Merah Indonesia (PMI). Dikatakan Qohar, saat ini mayoritas masyarakat baru mau mendonor ketika ada keluarganya yang sakit dan membutuhkan darah. Padahal, sebenarnya donor darah bisa dilakukan rutin agar sel-sel darah terbaharukan.

Rencananya, PPDI juga akan mensosialisakan pentingnya donor darah di sela-sela kegiatan acara Pemkab maupun dinas atau instansi terkait.Terpenting, lanjut Qohar, rasa kepedulian sesama yang harus dibangun agar mau mendonorkan darah tidak untuk keluarganya saja. Selain itu juga masyarakat harus menghilangkan alasan klasik yakni karena rasa takut, padahal pendonor tidak akan merasa sakit jika benar-benar sudah merasa peduli.

"Selain itu pengenalan pada anak sekolah sejak dini juga dilakukan, seperti pelajar agar tahu pentingnya donor darah. Kita tidak tahu kapan memetiknya, tetapi terpenting menanam dulu," pungkasnya.

Sementara itu, Humas PMI Bojonegoro Ali Syafaat membenarkan apa yang dikatakan perwakilan PDDI. Tetapi menurut Ali, saat ini sudah mulai ada perkembangan sosialisasi donor darah dengan adanya kegiatan-kegiatan sosial dari beberapa organisasi yang ada di Bojonegoro. "Adanya komunitas-komunitas sepak bola juga ikut membantu, seperti juventini, milanisti dan lain sebagaimana," terangnya.

Ali menambahkan, untuk mencukupi kebutuhan darah pihak PMI selalu mengkomunikasikannya dengan PDDI, agar PDDI bisa mensosialisasikannya kepada pendonor, apa lagi sudah ada 14 PDDI di Kecamatan-Kecamatan yang sudah siap dilantik. [zid/lis]

Komentar Pembaca
  • Jumat, 22 November 2013 16:06:18 yenny suryani
  • PMI indonesia is the best

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Minggu, 19 April 2015 09:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Senin, 13 April 2015 11:00:10 Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh
Minggu, (12/4/2015) Pondok Pesantren Al Falah Pacul Kota Bojonegoro sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FASH) tingkat SD/MI/TPA/TPQ se-Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan yang diikuti 39 lembaga dan 211 peserta ini merupakan rangkaian acara Haul KH.Masyhudi Hasan ke-5 .
Info Tabloid bB
Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...