Puluhan Petani Diajari Pemanfaatan TI
Selasa, 24 Desember 2013 21:00:02

Reporter : Kharis Wahyudi

blokBojonegoro.com - Pada Selasa (24/12/2013) sebanyak 30 petani di Kabupaten Bojonegoro memperoleh pelatihan “Cyber Extension” (Cybex) yang digelar Dinas Pertanian (Disperta) bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro.

“Para petani ini memperoleh pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi informasi (TI) terkait dengan berbagai masalah pertanian,” kata nara sumber IT Dinas Kominfo Bojonegoro, Djoko Suharmanto, kepada para peserta pelatihan.

Ia menjelaskan pemahaman tentang IT bagi petani sangat penting sebab pemkab bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerja sama sebagai usaha meningkatkan produksi pangan dalam era industriliasi Migas.

Ia mencontohkan para petani harus memahami IT sehingga ketika terjadi permasalahan mengenai pertanian bisa langsung melakukan konsultasi dengan para ahli di IPB.

”Misalnya tanaman padi petani nanti ada yang terserang ulat, maka bisa langsung difoto dan ditanyakan kepada para ahli di IPB. Hasilnya penanganan untuk pembasmian ulat bisa langsung ditunggu hanya dalam waktu singkat,” katanya menegaskan.

Jawaban tersebut, katanya, bisa dilihat di jaringan internet yang ada dan bisa dibaca oleh seluruh petani dan masyarakat di Indonesia.

Menurut Djoko, pelatihan yang dipandu oleh Moch. Rifai, tenaga ahli di bidang IT di Media Center Bojonegoro itu akan memberikan latihan tentang membuat surat elektronik (e-mail), sampai membuat blog, termasuk pemanfaatan jejaring sosial.

Ia menjelaskan para petani yang memperoleh pelatihan tahap awal bisa meneruskan kepada para petani lain di daerahnya, sehingga ke depan seluruh petani di Bojonegoro akan menguasai IT. [yud]
 

Komentar Pembaca
  • Kamis, 26 Desember 2013 15:52:55 Gondrong
  • Kemahiran TI sbg sarana cepat berkomunikasi tertama utk membahas masalah produksi. Yang lebih penting lagi adalah informasi pasar, tapi setelah dapat info pasar juga sistem tata-niaganya tergantung "tengkulak".....harga dan kualitas jadi bulan-bulanan permainan tengkulak...kojuuuur...kojuuuur...wong tani.....

  • Kamis, 26 Desember 2013 23:32:56 arifin
  • petani itu tidak butuh IT tapi yg mereka butuhkan adalah (1)bagaimana lahan mereka itu aman tanpa ancaman ada kena gusur karena proyek pembangunan. (2)pupuk murah. (3)harga hasil panen petani stabil tanpa ada permainan dari tengkulak.(4)jaminan harga yg tidak di kendalikan oleh pasar. (5)irigasi/pengairan yg terjamin adanya air. (6)kebijakan pemkab. bjn yang melindungi petani. (7)penyuluhan dan pelatihan pengetahuan tentang pertanian yang baik.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
Redaksi
Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...