Puluhan Petani Diajari Pemanfaatan TI
Selasa, 24 Desember 2013 21:00:02

Reporter : Kharis Wahyudi

blokBojonegoro.com - Pada Selasa (24/12/2013) sebanyak 30 petani di Kabupaten Bojonegoro memperoleh pelatihan “Cyber Extension” (Cybex) yang digelar Dinas Pertanian (Disperta) bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro.

“Para petani ini memperoleh pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi informasi (TI) terkait dengan berbagai masalah pertanian,” kata nara sumber IT Dinas Kominfo Bojonegoro, Djoko Suharmanto, kepada para peserta pelatihan.

Ia menjelaskan pemahaman tentang IT bagi petani sangat penting sebab pemkab bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerja sama sebagai usaha meningkatkan produksi pangan dalam era industriliasi Migas.

Ia mencontohkan para petani harus memahami IT sehingga ketika terjadi permasalahan mengenai pertanian bisa langsung melakukan konsultasi dengan para ahli di IPB.

”Misalnya tanaman padi petani nanti ada yang terserang ulat, maka bisa langsung difoto dan ditanyakan kepada para ahli di IPB. Hasilnya penanganan untuk pembasmian ulat bisa langsung ditunggu hanya dalam waktu singkat,” katanya menegaskan.

Jawaban tersebut, katanya, bisa dilihat di jaringan internet yang ada dan bisa dibaca oleh seluruh petani dan masyarakat di Indonesia.

Menurut Djoko, pelatihan yang dipandu oleh Moch. Rifai, tenaga ahli di bidang IT di Media Center Bojonegoro itu akan memberikan latihan tentang membuat surat elektronik (e-mail), sampai membuat blog, termasuk pemanfaatan jejaring sosial.

Ia menjelaskan para petani yang memperoleh pelatihan tahap awal bisa meneruskan kepada para petani lain di daerahnya, sehingga ke depan seluruh petani di Bojonegoro akan menguasai IT. [yud]
 

Komentar Pembaca
  • Kamis, 26 Desember 2013 15:52:55 Gondrong
  • Kemahiran TI sbg sarana cepat berkomunikasi tertama utk membahas masalah produksi. Yang lebih penting lagi adalah informasi pasar, tapi setelah dapat info pasar juga sistem tata-niaganya tergantung "tengkulak".....harga dan kualitas jadi bulan-bulanan permainan tengkulak...kojuuuur...kojuuuur...wong tani.....

  • Kamis, 26 Desember 2013 23:32:56 arifin
  • petani itu tidak butuh IT tapi yg mereka butuhkan adalah (1)bagaimana lahan mereka itu aman tanpa ancaman ada kena gusur karena proyek pembangunan. (2)pupuk murah. (3)harga hasil panen petani stabil tanpa ada permainan dari tengkulak.(4)jaminan harga yg tidak di kendalikan oleh pasar. (5)irigasi/pengairan yg terjamin adanya air. (6)kebijakan pemkab. bjn yang melindungi petani. (7)penyuluhan dan pelatihan pengetahuan tentang pertanian yang baik.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Sabtu, 22 Agustus 2015 18:00:00 HUT TNI Ke- 70 Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang
Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke- 70, Kodim 0813 Kabupaten Bojonegoro akan menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Soko, Kecamatan Temayang pada bulan September 2015 nanti. Dalam pelaksan baksos, Kodim 0813 bekerjasama dengan Jeep Adventure dan blokBojonegoro.com sebagai media partner.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Selasa, 18 Agustus 2015 08:00:39 Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand
Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, persatuan mahasiswa Indonesia di Universitas Khon Kaen (ISU-KKU), Thailand mengadakan berbagai acara. Tahun ini, merupakan tahun yang paling ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Karena, selain jumlah mahasiswa tetap yang menempuh pendidikan S2 maupun S3 makin banyak, juga karena pada Agustus ini Universitas Khon Kaen juga banyak melakukan pertukuran mahasiswa dari berbagai institusi di Indonesia.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar âAwasi Air Saat Musim Keringâ dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ...