Kecanduan Gadget Bisa Kurangi Kepuasan Pasutri
Jumat, 28 Maret 2014 07:00:55 Kecanduan Gadget Bisa Kurangi Kepuasan Pasutri

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Adanya teknologi tak dipungkiri bisa mempermudah kehidupan seseorang utamanya untuk berkomunikasi. Khususnya bagi pasangan suami istri, gadget memang bisa mempermudah komunikasi. Tapi jangan salah, keseringan pakai gadget juga bisa mengurangi kepuasan Anda berdua di ranjang lho.

Psikolog seksual Zoya Amirin, M.Psi melakukan analisa terhadap kasus yang dialami kliennya. Hasilnya, tingkat keromantisan individu menyusut karena banyaknya gadget atau perangkat elektronik yang ikut masuk ke kamar tidur. Bahkan, kepuasan dalam hubungan pasangan pun berkurang.

"Pasangan yang menggunakan lima atau lebih saluran komunikasi elektronik, kepuasannya di ranjang 14 persen lebih rendah dibanding pasangan yang kurang terhubung secara elektronik," jelas Zoya di sela-sela press conference Durex #TurnOnToTurnOff di Fx Senayan, Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Ia mencontohkan komunikasi tersebut misalnya Anda lebih sering bertegur sapa dengan pasangan di sosial media. Selain untuk tujuan komunikasi juga untuk untuk menunjukkan pada orang lain bahwa kondisi rumah tangga Anda berdua baik-baik saja.

"Kalau bisa ngobrol langsung kenapa harus chatting-chattingan. Lagipula pola komunikasi yang terjadi itu sering terbalik. Ada yang mau menghubungi pasangannya justru bukan telepon langsung, tapi justru lewat social media," terang wanita berperawakan tinggi ini.

Menurutnya, seharusnya pertama kali jika ingin berkomunikasi dengan pasangan terutama dalam jarak jauh adalah lewat telepon, video call, SMS, baru setelah itu 'menyapa' pasangan melalui sosial media. Tapi yang disayangkan Zoya justru ini terjadi sebaliknya.

Lebih lanjut, ia mengutarakan intim tidak harus selalu berhubungan dengan fisik. Sebab hubungan yang intim antara pasangan harus melibatkan fisik, hati, dan pikiran. Apalagi, teknologi adalah perpanjangan tangan manusia, sehingga dikatakan Zoya kitalah yang mengontrol teknologi, bukan kita yang dikontrol teknologi.

"Banyak masyarakat yang saat bercinta sempat memainkan gadgetnya. Kecanduan teknologi tidak membuat komunikasi kita lebih baik. Di gadget kita pakai bahasa tulisan, tapi justru kita gunakan bahasa verbal," kata Zoya.

Padahal, bahasa verbal seyogianya disampaikan secara langsung supaya maknanya bisa ditangkap dengan benar. Justru, kebiasaan menggunakan bahasa verbal untuk tulisan bisa membuat seseorang salah persepsi. "Kecanggihan alat komunikasi malah bisa membuat koneksi virtual makin parah," ujar Zoya. [yud]

Sumber http://health.detik.com/read/2014/03/27/150157/2538652/1390/hati-hati-kecanduan-gadget-bisa-mengurangi-kepuasan-pasutri-di-ranjang?l992206755&u18=1

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...