Tenaga Asing Tidak Sampai 4% di Migas
Jumat, 14 Oktober 2016 12:00:20 Tenaga Asing Tidak Sampai 4% di Migas

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -
Selama delapan tahun terakhir, pihak-pihak yang terkait di industri Minyak dan Gas Bumi (Migas) terus membatasi penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). Bahkan, rasio tidak lebih dari 4% terus dipertahankan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), sehingga penggunaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam kegiatan operasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) tetap yang utama.

“Sesuai tugas pokok dan fungsi yang diemban untuk mengelola kegiatan industri hulu Migas nasional, SKK Migas berkomitmen penuh untuk mengembangkan kapabilitas dan kapasitas Nasional dalam bidang Sumber Daya Manusia,“ kata Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.

Data SKK Migas menunjukkan, tahun 2015 jumlah TKI pada industri hulu migas mencapai 31.742 ( sekitar 97%) orang sedangkan jumlah TKA hanya 1.022 (sekitar 3 %). Jumlah penggunaan TKI selama 10 tahun terakhir memang mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya kegiatan operasi yang ada di Kontraktor KKS. Sebaliknya, tren penggunaan TKA selama 10 tahun terakhir cenderung konstan, meskipun banyak proyek besar yang saat ini sedang berlangsung.

Komitmen mengoptimalkan TKI tetap dipegang SKK Migas setelah berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bentuk komitmen tersebut antara lain dengan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Hulu Migas (LSP Hulu Migas) yang mewadahi kegiatan pengembangan kompetensi SDM Hulu Migas Nasional melalui program sertifikasi kompetensi-kompetensi yang ada pada kegiatan industri hulu migas. Pada saat ini profesi di bidang Supply Chain Management (SCM) sedang dilakukan sertifikasi. Sedangkan untuk profesi Pengawas Lifting dan SDM sedang dipersiapkan oleh Tim dengan bekerjasama dengan LSP Hulu Migas.

Amien menambahkan, di tengah situasi penuh tantangan ini, praktisi SDM dituntut untuk dapat secara pro-aktif memberikan solusi KREATIF terkait manajemen SDM, karena akan sangat membantu bisnis dalam mencapai tujuannya. Dikatakannya, kondisi saat ini meletakkan manajemen SDM Nasional dalam suatu situasi yang New Normal, yaitu suatu situasi yang didefinisikan sebagai suatu keadaan standar bisnis yang berbeda atau berubah, menggantikan standar-standar yang berlaku sebagai acuan sebelumnya.

“Standar-standar baru perlu dianalisis dan ditetapkan oleh organisasi dalam menyikapi terjadinya perubahan dari eksternal organisasi,” ujarnya.

Standar baru tidak hanya relevan bagi perusahaan, namun juga berlaku bagi SKK Migas. Sebagai pengemban amanat dari Undang-Undang dan Pemerintah untuk mengelola industri hulu minyak dan gas bumi. Berdasarkan Kontrak Kerja Sama, SKK Migas tidak pernah berhenti untuk berbenah diri. Keputusan untuk menyederhanakan birokrasi dan mendigitalisasikan berbagai kegiatan administrasi yang kami mulai lebih dari satu tahun yang lalu merupakan bentuk “the new normal” bagi SKK Migas untuk meningkatkan kecepatan respon dan pengambilan keputusan. [ito/mu]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...