Industri Migas untuk Kemajuan Bojonegoro
Sabtu, 15 Oktober 2016 21:00:18 Industri Migas untuk Kemajuan Bojonegoro

Reporter: Tim Infotorial

blokBojonegoro.com -
Di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terdapat banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA), salah satunya Minyak dan Gas Bumi (Migas). Tidak tanggung-tanggung, sektor Migas tersebut menjadi gantungan asa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk menjalankan roda keuangan daerah, terutama melalui skema Dana Bagi Hasil (DBH). Sebab, selain Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAU), kekuatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mengandalkan DBH.

Potensi Migas di Bojonegoro bisa dilihat dari beroperasinya sejumlah lapangan, sebut saja Lapangan Banyuurip, Blok Cepu yang dioperatori oleh Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Unitisasi Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) dengan KKKS PT Pertamina EP Cepu. Selain itu ada Lapangan Tua dan Sumur Tua, serta Lapangan Minyak Tiung Biru dengan KKKS PT Pertamina EP Asset 4, dan Lapangan Sukowati yang dioperatori KKKS Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ).

Dari sejumlah lapangan tersebut, sumbangsih sektor Migas sangat terasa ke APBD Bojonegoro. Hal itu membuat pembangunan, baik infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM), semakin berkembang pesat tiap tahunnya. Belum lagi, berbagai program juga dilakukan perusahan secara langsung ke masyarakat di sekitar wilayah operasi dengan berkelanjutan.

"Keberadaan Migas di Kabupaten Bojonegoro sangat membantu keuangan daerah, juga peningkatan kapasitas seluruh elemen," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, Mitroatin.

Dijelaskan, beberapa tahun belakangan ini, pembangunan infrastruktur dan juga manusia di Kota Ledre, sebutan lain Bojonegoro, bertambah baik dan naik sangat signifikan. Hal tersebut salah satunya dipengerahui bertambah besarnya DBH yang diterima dari Pemerintah Pusat. Oleh karena itu, dukungan untuk industri Migas harus dilakukan semua pihak, agar Kabupaten Bojonegoro semakin maju.

"Selain untuk Kabupaten Bojonegoro, Migas juga sangat menopang ekonomi nasional. Sebab, dari Migas sumbangsih ke APBN juga besar," terangnya.

Dirinya juga menilai, laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bojonegoro akan bertambah bagus kalau industri hulu Migas juga trennya bagus. Oleh karena itu, kesamaan persepsi akan industri Migas di Kabupaten Bojonegoro akan meningkatkan taraf hidup masyarakat juga.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Masyar menjelaskan, SKK Migas bersama KKKS terus berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi target pencapaian yang dibebankan oleh Negara di sektor energi.

“Oleh karena itu, produksi di beberapa lapangan terus ditingkatkan secara maksimal,” jelasnya.

Dukungan semua pihak, terutama pemangku kebijakan dan masyarakat, sangat diharapkan. Sebab, Migas juga akan berdampak positif secara langsung kepada daerah, baik dengan DBH Migas maupun melalui program yang sudah direncanakan. Dengan begitu, di usia yang memasuki 339 pada Oktober tahun 2016, ini Kabupaten Bojonegoro semakin maju.

“SKK Migas dan KKKS mengucapkan juga selamat Hari Jadi Bojonegoro (HJB) yang ke 339. Bojonegoro, ayo lampaui batas maksimalmu,” sambungnya. [inf/*]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...