12 Peserta Ikuti Kontes belimbing Bojonegoro
Minggu, 13 November 2016 13:30:48 12 Peserta Ikuti Kontes belimbing Bojonegoro

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Festival Belimbing ke 3 yang digelar oleh Pemerintah Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu diikuti 12 peserta. Agenda tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Bojonegoro ke 339 berlangsung meriah dengan rebutan gunungan buah belimbing.

Hari Sulistiyadi salah seorang Dewan Juri Kontes Belimbing menuturkan, kontes ini diikuti oleh 12 peserta yang merupakan petani belimbing mulai dari Desa Ngringinrejo dan Desa Mojo . Penilaian terbagi dalam aspek berat atau ukuran belimbing, cita rasa buah dan warna dan bentuk buah serta penampilan buah.

"Belimbing yang bagus berbentuk sempurna  atau bibirnya tidak berkelok namun lurus, bercita rasa segar dan manis serta warna cerah," jelas Hari.

Tujuan lomba ini adalah mendorong petani memiliki kemampuan untuk merawat kebunnya lebih baik lagi sehingga produksi meningkat. Untuk diketahui, keunggulan belimbing Ngringinrejo adalah awet atau  tak mudah layu, ukuran relatif besar dan rasa yang manis.

Dari 12 peserta berat terbesar adalah 636 gram. Juara I mendapatkan uang tunai Rp300.000 dan trophy kejuaraan sedangkan juara II dan II masing masing mendapatkan uang 200.000 dan 100.000 rupiah plus trophy.  Setelah dilakukan penjurian, juara I Juwanto , juara II Parlan dan juara III Priyo.

Tak hanya kontes belimbing dalam kesempatan ini juga diadakan lomba kebersihan kebun juara I kebun Bapak Satin, juara II kebun Bapak Aji dan kebun bapak Saim juara III. Hari menjelaskan bahwa petani belimbing ada 104 orang dengan luasan mencapai lebih dari 20 hektar.

Untuk pedagang belimbing mencapai ratusan orang mulai yang berjualan di sentra agro, dan beberapa ruas jalan serta pasar. Sejak 5 tahun ini belimbing Bojonegoro menunjukkan trend positif mulai dari tingkat kunjungan sampai banyaknya permintaan. [oel/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...