Festival Belimbing Menjadi Ikon Menarik Bojonegoro
Minggu, 13 November 2016 13:00:44 Festival Belimbing Menjadi Ikon Menarik Bojonegoro

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Penandatanganan anugerah wisata Jawa Timur tahun 2014 menjadi rangkaian Festival Belimbing ke 3 yang berlangsung di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Minggu (14/11/2016).

Festival Belimbing dibuka Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono yang mendapat sambutan meriah mulai dari aksi drumband SDN Pungpungan 2 hingga tampilan seni lesung oleh ibu-ibu dari desa setempat menjadikan acara ini meriah dan memiliki daya tarik tersendiri.

Pemukulan kentongan menjadi pembuka acara Festival Belimbing selanjutnya Wabup mengikuti penilaian kontes belimbing dengan mencicipi belimbing peserta kontes.

"Belimbing di sini sudah sangat populer dan menjadi ikon Bojonegoro," ujar Wabup.

Acara dilanjutkan dengan ritual yang dipimpin oleh sesepuh desa Ki Zaenuri, sesepuh desa membacakan beberapa doa mengharap agar Allah SWT melindungi kebun belimbing warga dan tahun ke depan buah belimbing akan memberikan hasil yang bagus.

Ritual ini merupakan bentuk permohonan dan wujud syukur agar Allah memberikan berkah yang kepada seluruh petani belimbing di Desa Ngringinrejo.  Seikat janur yang telah didoakan kemudian akan dibagikan kepada seluruh petani belimbing kemudian akan dipasang di sudut-sudut kebun warga. Menurut kepercayaan warga bahwa janur kuning yang telah didoakan akan membawa pertanda baik.

Sementara itu, kemeriahan Festival Belimbing sudah terasa sejak pagi. Ratusan warga sekitar sudah berkumpul di depan balai desa, tak hanya membawa hasil kebun kaum ibu membawa nasi tumpeng sedangkan remaja putra dan putri membawa aneka sesajen ritual festival.

Warga tumpah ruah menyaksikan kegiatan ini, bahkan antusias terlihat saat salah satu gunungan langsung diserbu warga sebelum prosesi pembacaan doa selesai.

Festival ini panitia menyediakan tiga gunungan, gunungan yang diarak ada dua buah satu gunungan berisi belimbing sedangkan satu gunungan lainnya berisi aneka sayur mayur dan buah-buahan. Sedangkan satu gunungan raksasa setinggi 4 meter berisikan buah belimbing. Gunungan raksasa yang mencapai 2 ton lebih ini di pasang di tengah lapangan yang memang dipersiapkan untuk prosesi rebutan. Tak butuh waktu lama warga menyerbu gunungan dan langsung habis seketika. [oellis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...