Memahami Cost Recover Industri Hulu Migas
Sabtu, 10 Desember 2016 06:00:00 Memahami Cost Recover Industri Hulu Migas

Reporter: Tim Infotorial

blokBojonegoro.com - Apa itu cost recovery? Cost Recovery merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan pengembalian biaya operasi pada bisnis hulu minyak dan gas bumi (migas).

Mengapa cost recovery harus ada di industri hulu migas?


Pada industri hulu migas, negara merupakan pemiik bisnis yang memiliki kuasa untuk mengatur bagaimana usaha ini dijalankan. Kehadiran perusahaan migas adalah sebagai kontraktor yang menajalankan proyek pemerintah. Sesuai kontrak kerja sama, kontraktor harus menyediakan modal awal yang dibutuhkan untuk membiayai kegiatan eksplorasi hingga pengembangan lapangan. Seluruh modal awal tersebut akan dikembalikan. Pengembalian ini dikenal dengan istilah cost recovery.

Oh, artinya cost recovery ini semacam investasi?

Cost recovery merupakan investasi untuk pengembangan sumber daya migas. Investasi ini juga memberikan peluang bisnis bagi sektor-sektor lain di luar hulu migas, misalnya perkapalan, perbankan, dan perusahaan jasa pendukung migas lainnya.

Mengapa investasi tidak dari APBN saja?


Salah satu alasan mengapa Indonesia masih mengadopsi kontrak bagi hasil adalah untuk melindungi negara dari risiko kegiatan hulu migas, terutama saat eksplorasi. Sebagai gambaran, sejak 2002 sampai pertengahan 2016, terdapat investasi sebesar US$3,99 miliar (sekitar Rp40 triliun) untuk kegiatan eksplorasi yang gagal menemukan cadangan yang komersial. Bayangkan jika dana ini diambil dari APBN.

Jadi tidak semua pengeluaran dapat di-cost recovery?

Oh, tidak. Pengembalian biaya eksplorasi hanya dilakukan apabila ditemukan cadangan yang cukup ekonomis untuk dikembangkan. Apabila tidak ditemukan, semua biaya eksplorasi menjadi tanggungan kontraktor. Cost recovery juga tidak diberikan dalam bentuk transfer dana, tetapi bagi hasil produksi migas.

Lalu, mengapa saat produksi migas menurun, cost recovery justru meningkat?


Pertama, saat ini produksi migas Indonesia sebagian besar ditopang oleh lapangan-lapangan tua yang terus mengalami penurunan produksi secara alami, namun butuh biaya pemeliharaan agar produksi tetap berjalan. Kedua, cost recovery tahun berjalan tidak hanya mencakup biaya operasi pada tahun tersebut, tetapi juga tahun sebelumnya. Ketiga, pada beberapa wilayah kerja migas, teran dapat pengembangan lapangan baru yang belum berpoduksi sehingga memberikan tambahan biaya baru. Keempat, biaya hulu migas dan operasi secara global terus mengalami kenaikan sejak awal 2000an.

Tapi, Cost recovery ada yang mengontrol kan?

Tentu saja ada. Kontraktor migas hanya dapat menjalankan program dan anggaran yang sudah disetujui SKK Migas. Pelaksanaan program dan kegiatan ini juga dimonitor. Setelah kegiatan berlangsung, tetap ada post audit yang dilaksanakan SKK Migas, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, dan auditor independen di masing-masing kontraktor. (*)

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...