Kapan Usia yang Tepat Ajak Anak Menonton di Bioskop?
Sabtu, 17 Desember 2016 07:00:47 Kapan Usia yang Tepat Ajak Anak Menonton di Bioskop?

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anak menonton film di bioskop. Salah satu yang terpenting adalah soal usia anak.

Sebenarnya, kapan usia yang tepat anak sudah bisa diajak nonton di bioskop? Menurut psikolog dari Rumah Dandelion Carmelia Riyadhni, usia yang tepat adalah mulai 6-7 tahun atau usia sekolah.

Sebab, menonton di bioskop memiliki suasana yang berbeda dengan menonton lewat televisi di rumah. Di bioskop, gambar terlihat sangat besar, suara lebih keras, dan suasana sangat gelap.

"Di bawah usia itu, anak masih lebih sensitif terhadap suara, gambar, dan gelap. Anak bisa terganggu dan merasa enggak nyaman," kata Carmel di Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Selain itu, anak-anak yang balita masih melihat sesuatu seperti dalam kehidupan nyata. Mereka memiliki daya serap yang cukup tinggi sehingga cepat meniru sesuatu saat mendengar maupun melihat di film.

"Apa yang dia tonton dan suasana saat menonton bisa terbawa ke kehidupannya," jelas Carmel.

Efeknya bisa berbeda-beda pada setiap anak. Itu pun tergantung film yang ditontonnya. Efek buruknya, anak bisa menjadi ketakutan setelah menonton film, mimpi buruk, hingga mengganggu jam tidur.

Anak sebaiknya tidak diajak ke bioskop ketika kedua orangtuanya lah yang ingin menonton film kategori dewasa.

Apabila ingin mengajak anak, orangtua tentu harus memerhatikan jenis film yang akan ditonton bersama. Hindari film yang mengandung unsur kekerasan dan hubungan seksual.

Saat sudah memasuki usia yang tepat, orangtua pun sebaiknya memberi gambaran suasana di bioskop sebelum mengajak si kecil menonton film.

Misalnya, menceritakan bahwa bioskop sangat gelap saat film diputar, suara lebih kencang dan terdengar jelas, tidak boleh berisik dan jalan-jalan. Atau bisa juga diawali dengan menonton di rumah dengan suasana seperti di bioskop.

Setelah menonton film bersama, ayah maupun ibu dapat menanyakan si kecil pendapatnya mengenai film tersebut. Orangtua juga bisa menjelaskan pesan moral yang diangkat dari film itu. [lis]

Sumber: kompas.com

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...