Begini Cara Rokok Merusak Saluran Pernapasan Anak
Kamis, 22 Desember 2016 07:00:01 Begini Cara Rokok Merusak Saluran Pernapasan Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Anak-anak harus dijauhkan dari asap rokok. Asap rokok yang mengandung zat-zat berbahaya itu dapat dengan mudah merusak fungsi saluran pernapasan anak. Sebab, anak-anak, terutama berusia di bawah 5 tahun belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat seperti orang dewasa.

Dokter spesialis anak, Isabella Riandani menjelaskan asap rokok yang terhirup oleh anak dapat merusak sel-sel dan juga silia yang berfungsi untuk pertahanan saluran napas. Silia adalah rambut halus di dalam hidung yang berguna untuk menangkal masuknya benda asing.

"Asap rokok itu mengganggu daya tahan saluran napas. Harusnya dengan adanya silia bisa menolak penyakit, karena silia rusak atau enggak bisa berfungsi, jadi infeksinya gampang masuk," terang Isabella di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Isabella mengungkapkan, sering kali didapati masalah pernapasan pada anak karena ternyata sang ayah sering merokok di rumah, bahkan di luar rumah sekalipun.

Bagi ayah yang merokok, Isabella menyarankan agar ayah lekas berganti pakaian, mandi dan keramas, sebelum menggendong anaknya. Sebab, zat-zat dalam asap rokok bisa menempel dipakaian, kulit, hingga rambut.

Masalah yang sering ditemui, yaitu rinitis atau radang mukosa hidung. Gejalanya berupa bersin-bersin, hidung meler dan gatal, hingga hidung tersumbat.

Rinitis bisa berkembang menjadi sinusitis atau radang pada rongga sinus. Selain itu, anak juga berisiko terkena pneumonia atau infeksi pada paru jika sering terpapar asap rokok.

 

Sumber: http://health.kompas.com/read/2016/12/20/163852523/begini.

cara.rokok.merusak.saluran.pernapasan.anak

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...