Faktor Cuaca, Kebun Jambu Merah di Kalitidu Gagal Panen
Selasa, 27 Desember 2016 16:00:10

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Cuaca yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro belakangan ini tidak menentu, karena terkadang panas dan tiba-tiba terjadi hujan. Sehingga itu mempengaruhi kondisi jambu merah di Desa Mayanggeneng, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

"Gagal panen sekarang ini, karena cuaca tidak menentu. Fabruari nanti bisa panen raya," kata pemilik kebun jambu, Ali Fitro kepada blokBojonegoro.com, Selasa (27/12/2016).

Mbah Ali menceritakan, kondisi jambu dikebunnya kulitnya berwarna busam dan terdapat bintik-bintik atau cacar berwarna hitam, sekitar 200 pohon. "Akibatnya tidak bisa digunakan. Sekarang disimpan di dalam sak," jelasnya.

Mulai berbunga sampai usia buah sekitar satu setengah bulan, buah yang gagal panen mencapai tiga ton. Jika dikalkulasikan dengan harga perkilogramnya Rp 8 ribu, kerugian yang dideritanya mencapai Rp 24 juta.

Ditambahkan, meskipun beberapa pohon gagal panen, kebun jambu miliknya masih ada yang bisa dipanen. "Kalau sekitar tiga ton lebih masih ada dan bisa dipanen," ungkapnya.[zid/ito]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...