Kuswiyanto Sinau Bareng Bupati Siska KYLC
Sabtu, 31 Desember 2016 15:00:19 Kuswiyanto Sinau Bareng Bupati Siska KYLC

Reporter: M. Safwan

blokBojonegoro.com -
Ajang menjadi bupati sehari, Kang Yoto Leadership Challenge (KYLC) yang diadakan Bupati Bojonegoro Suyoto, mengundang perhatian khusus Kuswiyanto, Anggota DPR RI. Politisi senior ini sengaja datang ke rumah Siska Dwi Indrawati, pelajar MAN 1 Model Bojonegoro yang terpilih menjadi Bupati Sehari di Dusun Sidokumpul, Desa Leran, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro.

Kedatangan Kuswiyanto di rumah Siska disambut hangat keluarganya, Kepala Desa dan Perangkat, Kepala Sekolah dan warga setempat. "Siska memberikan banyak pelajaran pada kita semua utamanya generasi muda, siswi yg duduk dikelas XII tentang arti pentingnya pendidikan politik. Semua peraturan, kebijakan dan hal-hal teknis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekecil apapun lahir dari sebuah kebijakan politik. Sehingga tentu betapa pentingnya pendidikan politik bagi kita semua," kata Kang Kus, panggilan akrabnya.

Untuk menanamkan jiwa besar dalam membawa Negara ke arah yang lebih baik tentu semua harus berfikir apa yang bisa diberikan kepada bangsa dan bukan sebaliknya apa yang diperoleh dari Negara. Sangat banyak pelajaran yang bisa didapat dari seorang Siska, yang dari awal tak mau dikatakan Bupati Abal-abal ini dalam argumentasinya menjawab pertanyaan audiensi Dialog Jumat di Pendopo Malowopati.

“Saya ingin belajar dari Bupati Sehari hasil Audisi KYLC tentang bagaimana mengelola Bojonegoro,” terangnya.

Banyak hal yang membuat Kang Kus terenyuh adalah nasehat dari Siska sesuai dengan problem yang dihadapi sekarang ini tentang membangun Bojonegoro dengan pendidikan karakter. Antara lain jangan sampai melakukan korupsi karena dapat menyengsarakan masyarakat. Kemudian tentang infrastruktur terutama di Desa Leran yang belum bagus, sehingga menjadi kewajiban pemerintah untuk memperbaikinya agar dapat menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Selain itu, menurut Kang Kus, Siska mampu melihat potensi pertanian yang menjadi mayoritas mata pencaharian masyarakat Bojonegoro. Hal ini sejalan dengan tekad Bojonegoro mewujudkan lumbung pangan Negeri. “Gagasan luar biasa disampaikan Siska adalah jangan sampai petani bergantung kepada pabrik pupuk, tapi bagaimana menciptakan petani ini mandiri dan modern yang mampu memproduksi pupuk dari apa yang dimilikinya. Semisal dari tanaman dan kotoran ternak yang dimiliki. Karena di sini banyak masyarakat yang memelihara ternak sehingga bisa dimanfaatkan. Ini sebuah ide yang brillian, dan patut didukung dan ditindaklanjuti,” terangnya.

Kang Kus berpesan agar Siska meneguhkan niatnya untuk terus belajar dan meningkatkan wawasannya agar lebih luas dengan banyak membaca. Sehingga kelak dapat meraih masa depan yang bagus dan memberi manfaat khususnya bagi lingkungan, dan Bojonegoro pada umumnya. “Tak kalah penting harus meningkatkan keterampilan sebagai bekal hidup. Karena semua yang dilakukan ini basisnya adalah teknologi. Siapapun yang ingin menguasai masa depan harus menguasai teknologi,” pungkasnya.

Sementara itu, Siska mengaku setelah menjadi Bupati Sehari dirinya termotivasi memajukan Bojonegoro, khususnya desa kelahirannya. Menurutnya, masih banyak potensi sumber daya di Desa Leran yang belum tergarap maksimal, salah satunya pertanian.

“Cita-cita saya ingin mengabdi kepada masyarakat. Setelah lulus dari MAN saya ingin kuliah di Institut Pertanian Bogor agar memiliki keterampilan bidang pertanian untuk memajukan Bojonegoro tercinta," harap Siska. [saf/mu]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...