Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Haid
Sabtu, 07 Januari 2017 07:00:00 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Haid

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Walau selama masa haid pada dasarnya tak memilki banyak pantangan, namun menjaga kesehatan di daerah organ intim sangat penting dilakukan setiap wanita.

Tanpa disadari banyak kebiasaan yang salah setiap menstruasi datang sehingga dapat menimbulkan gangguan pada organ intim. Seperti dikutip dari Prevention.com, setidaknya ada 6 kesalahan yang kerap dilakukan wanita saat menstruasi.

1. Jarang ganti pembalut
Terlalu lama memakai pembalut sama saja membiarkan bakteri tumbuh lebih banyak di area organ intim. Saat menstruasi, area vagina menjadi lembab sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tumbuhnya bakteri seperti Staphylococcus aureus yang bisa melepaskan racun.

Pembalut perlu diganti setiap 3-4 jam sekali, termasuk saat darah menstruasi sudah tak banyak keluar

2. Menggunakan pembersih yang wangi

Hindari produk beraroma untuk membersihkan daerah vagina. Hal itu justru meningkatkan risikko infeksi bakteri dan jamur karena bahan kimia yang berbahaya. Vagina memiliki aroma yang khas sehingga tak perlu diberi pewangi.

3.  Douching
Douching atau istilah untuk membersihkan vagina juga tidak disarankan, apalagi saat menstruasi. Sejumlah penelitian mengungkapkan, douching malah mengganggu kesehatan vagina karena memicu infeksi bakteri maupun jamur.

Beberapa produk douching juga diduga dapat mengganggu keseimbangan pH alami di vagina sehingga membunuh bakteri baik yang melindungi area organ intim dari infeksi. Untuk membersihkan vagina sebaiknya cukup dengan air bersih atau air hangat saja.

4.  Kurang tidur
Saat haid mungkin perut terkadang terasa nyeri, kram, dan membuat Anda gelisah sehingga sulit tidur. Namun, tidur yang cukup sangat dibutuhkan setiap hari, terlebih saat haid.

Dokter kandungan, Eden Fromberg mengatakan, tidur yang cukup akan meredakan stres dan gejala PMS. Sementara itu, apabila kurang tidur, kadar hormon menjadi tidak seimbang dan malah merusak suasana hati.

5.  Tidak olahraga
Saat haid bukan alasan untuk tidak berolahraga. Aktivitas fisik justru baik untuk menurunkan stres dan mengeluarkan racun melalui keringat. Lebih dari itu, olahraga malah membantu meredakan kram, nyeri haid, dan meningkatkan kualitas tidur.

The University of Maryland Medical Center merekomendasikan olahraga dilakukan setidaknya selama 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu, termasuk saat menstruasi.

6. Banyak minum kopi
Terlalu banyak minum kopi sebaiknya benar-benar dihindari saat haid. Kafein bisa menyebabkan masalah saat menstruasi seperti sakit kepala menjadi lebih buruk.

Minum kopi terlalu banyak juga dikhawatirkan malah membuat Anda sulit tidur. Selain itu, kafein juga dapat memicu nyeri pada payudara jelang menstruasi.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/01/06/180000123/kesalahan.yang.sering.dilakukan.wanita.saat.haid

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...