10 Raperda Selangkah Lagi Disahkan
Senin, 09 Januari 2017 12:00:00 10 Raperda Selangkah Lagi Disahkan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Setelah melalui beberapa kali pembahasan dan menggelar Focus Group Discusion (FGD), untuk merumuskan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bojonegoro tahun 2016, rencannya dalam waktu dekat ini 10 Raperda tersebut akan segera disahkan.

Seperti diketahui, dalam pembahasan Raperda tersebut DPRD Kabupaten Bojonegoro membagi empat panitia khusus (Pansus), yakni Pansus I membahas Raperda tata cara pengangkatan perangkat dan pemberhentian perangkat, serta Raperda keterbukaan informasi publik.

Untuk Pansus II membahas raperda tentang pendirian perseroran terbatas bank pembiayaan rakyat syariah di Kabupaten Bojonegoro, Raperda tentang retribusi perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing di Kabupaten Bojonegoro dan Perubahan kedua atas Perda Kabupaten Bojonegoro nomor 19 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum.

Sementara itu Pansus III, membahas Raperda tentang penanggulangan HIV-AIDS dan TB di Kabupaten Bojonegoro, serta Raperda Usaha Milik Daerah. Sedangkan Pansus IV, membahas Raperda tentang perumahan permukiman, Raperda tentang pengelolaan sampah dan Raperda pencabutan peraturan daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 2 tahun 2008 tentang kewenangan pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

"Sudah disepakati dan dikirim ke Gubernur Jawa Timur untuk dievaluasi dan tinggal pengesahan," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Syukur Priyanto kepada blokBojonegoro.com, Senin (9/1/2017).

Menurutnya, dari Pansus I sampai IV ada beberapa Raperda yang dibahas masing-masing Pansus, ada yang sudah clear dan belum. Pasalnya terkendala pemahaman dan keterbatasan referensi sehingga sedikit menghambat pembahasan Raperda tersebut.

Sehingga perlu referensi lain, supaya pembahsan isi materi tidak keluar dari aturan. "Berharap pengesahan lebih cepat lebih baik. Setelah dikaji Gubernur supaya tidak keluar dari aturan di atasnya, selanjutnya Pemkab dan DPRD melakukan pengesahan," pungkasnya. [zid/mu]

Berikut ini Raperda yang dibahas Pansus DPRD Kabupaten Bojonegoro:
- PANSUS I
  1. Raperda tata cara pengangkatan perangkat dan pemberhentian perangkat.
  2. Raperda keterbukaan informasi publik.

- PANSUS II

  1. Raperda tentang pendirian perseroran terbatas bank pembiayaan rakyat syariah di Kabupaten Bojonegoro.
  2. Raperda tentang retribusi perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing di Kabupaten Bojonegoro.
  3. Perubahan kedua atas Perda Kabupaten Bojonegoro nomor 19 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum.

- PANSUS III

  1. Raperda tentang penanggulangan HIV-AIDS dan TB di Kabupaten Bojonegoro.
  2. Raperda Usaha Milik Daerah.

- PANSUS IV

  1. Raperda tentang perumahan permukiman
  2. Raperda tentang pengelolaan sampah
  3. Raperda pencabutan peraturan daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 2 tahun 2008 tentang kewenangan pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...