Warga Pucangarum Perbaiki Tanggul Kali Ingas
Selasa, 10 Januari 2017 08:00:34 Warga Pucangarum Perbaiki Tanggul Kali Ingas

Reporter : Dita Afuzal Ulya

blokBojonegoro.com - Puluhan masyarakat bersama seluruh aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Pucangarum, Kecamatan Baureno, Bojonegoro telah melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul kali apur ingas yang jebol pada awal Desember 2016 kemarin. Kerja bakti itu untuk mengantisipasi adanya banjir susulan.

Kades Pucangarum Baureno, Sanawi mengatakan, perbaikan tanggung kali apur ingas ini dilakukan secara gotong royong mulai dari warga, perangkat desa ikut andil dalam perbaikan tanggul Kali Apur Ingas ini.

 "Mengingat banjir susulan yang kemungkinan akan terjadi lagi pada bulan Februari mendatang," jelas Kepala Desa Pucangarum, Sanawi.

Tanggul kali ingas yang berada di tengah sawah itu jebol sekitar 50 meter pada awal bulan Desember 2016 kemarin. Tanggul tersebut tidak mampu menahan tingginya debit air luapan dari Sungai Bengawan Solo yang berada di utara desa setempat. Titik jebolan kedalamannya sekitar 3 meter.

"Perbaikan tanggul kita lakukan seperti semula, tetapi kita beri otot terlebih dahulu dengan pohon bambu yang jaraknya satu meter persegi, juga kita beri penahan gedek dari bambu. Kita sudah mengusulkan kepada Dinas Pengairan, rencana dalam waktu dekat alat beratnya akan datang untuk melakukan pengurukan tanah," paparnya.

Menurut Sanawi, akibat jebolnya tanggul kali ingas itu, lahan pertanian seluas 227 hektar di desa setempat terendam air dan mengalami gagal panen. Selain itu ribuan hektar lahan pertanian yang tersebar di sepuluh desa di Kecamatan Baureno dan Kanor juga mengalami gagal panen, gara-gara putusnya tanggul tersebut.

"Selama tahun 2016 kemarin terjadi dua kali tanggul ingas yang jebol. Alhamdulillah yang titik jebolan pertama sudah kita tangani," ungkapnya.

Ia menambahkan, hingga kini masyarakat setempat belum berani melakukan tanam padi lagi. Sebab, khawatir tanaman padinya akan tenggelam lagi. "Kita menunggu cuaca dan perbaikan tanggul dahulu. Mungkin nanti tanamnya serentak pada awal bulan Mei," tuturnya.[ita/ito]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...