6 Cara Alami Redakan Nyeri Menstruasi
Kamis, 12 Januari 2017 07:00:00 6 Cara Alami Redakan Nyeri Menstruasi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagai wanita, kita semua tahu bahwa datangnya periode bulanan tak selalu menyenangkan. Kram, nyeri, perut seperti berdenyut dan suasana hati tidak stabil seakan berlomba bermunculan.

Menurut Mayo Clinic, rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarakn lapisan dinding rahim yang luruh selama periode haid berlangsung.

Hormon prostaglandin, yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan, adalah yang memicu kontraksi otot rahim itu. Kontraksi inilah yang menyebabkan sakit dan kram menstruasi.

Beberapa wanita bahkan mengalami kram yang amat sangat, sehingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.

Untunglah, ada cara-cara sederhana untuk mengatasi nyeri dan kram itu. Berikut adalah enam tindakan praktis pereda kram yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Olahraga

Ini mungkin terdengar sedikit gila. Ketika hampir tidak bisa bergerak, Anda diminta berolahraga. Namun, berjalan kaki atau jenis aktivitas fisik lainnya, benar-benar dapat membantu meringankan sakit perut Anda.

Ketika beraktivitas fisik, tubuh Anda memompa lebih banyak darah. Ini membantu melepaskan hormon endorfin untuk melawan efek prostaglandin sehingga nyeri kram Anda berkurang.

2. Kompres hangat

Hangat membantu mengendurkan kontraksj otot-otot rahim Anda. Ada banyak jenis kompres panas yang bisa Anda beli di apotik tapi yang paling sederhana adalah Anda membuatnya sendiri di rumah. Celupkan kain bersih ke dalam air hangat lalu terapkan ke perut Anda.

3. Minum teh chamomile

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Chemistry menemukan, bahwa mungkin ada sifat penghilang rasa sakit di dalam teh chamomile.

Menurut Elaine Holmes, Ph.D., seorang ahli kimia di Imperial College London, penelitian menemukan bahwa ketika 14 peserta diberi teh chamomile, di dalam urin mereka ditemukan peningkatan hippurate yang signifikan.

Hippurate merupakan senyawa anti-inflamasi alami yang mampu menurunkan produksi prostaglandin, sehingga mengurangi kram menstruasi.

4. Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Itu sebabnya mengapa memastikan tubuh Anda cukup vitamin D penting dalam mencegah kram menstruasi.

Sebuah studi menemukan, bahwa dosis tinggi vitamin D3 dapat meredakan kram menstruasi. Dalam studi itu, 40 wanita Italia dibagi menjadi dua kelompok: satu menerima dosis oral tunggal 300.000 IU vitamin D3 dan lainnya mendapatkan plasebo selaa lima hari sebelum periode menstruasi.

Pada kelompok pertama, rasa sakit mereka turun sebanyak 41 persen, sedangkan pada kelompok plasebo tidak ada perubahan dalam skala rasa sakit mereka.

5. Orgasme

Orgasme dapat membantu meringankan semua jenis nyeri, termasuk kram menstruasi. Sebelum orgasme, rahim akan lebih santai dan pada saat klimaks, aliran darah meningkat membantu meringankan kram.

Orgasme mengurangi rasa sakit dengan cara memicu pelepasan endorfin. Endorfin adalah hormon yang membuat Anda merasa senang dan nyaman.

Endorfin juga membantu tubuh untuk rileks dan menbuat Anda lebih mudah tidur sehingga Anda tidak akan merasa kram sama sekali.

6. Akupunktur

Akupunktur adalah jenis pengobatan Cina tradisional, yang melibatkan pemasangan jarum kecil untuk merangsang tubuh pada titik-titik tertentu.

Para peneliti dari Rumah Sakit Oriental di Kyung Hee University Medical Center di Korea Selatan menemukan, bahwa akupunktur memiliki efek positif mengurangi kram menstruasi. Penelitian ini didasarkan pada 10 percobaan dengan 944 peserta.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/01/10/210700223/6.cara.alami.redakan.nyeri.menstruasi

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...