Saat Tanam, Petani Banyak Datangi Gadaian
Kamis, 12 Januari 2017 09:00:00 Saat Tanam, Petani Banyak Datangi Gadaian

Reporter: Maratus Shofifah

blokBojonegoro.com - Di pertengahan bulan Januari ini, Pegadaian Bojonegoro ramai didatangi petani yang ingin menggadaikan barang berharganya. Karena saat tanam, petani memerlukan modal yang lumayan untuk bibit dan biaya tanam.

Hal ini terlihat dari besarnya dana yang dikucurkan oleh pihak Pegadaian. Jika biasanya hanya mencairkan Rp20 miliar hingga Rp25 miliar perbulan, maka di pertengahan bulan Januari ini jumlah tersebut meningkat.

"Di beberapa kecamatan saat ini sedang musim tanam, hal itu membuat gadaian barang meningkat," jelasnya.

Ada tiga siklus kebutuhan masyarakat dalam satu tahun. Yakni di akhir tahun sampai awal tahun, kemudian di pertengahan tahun hari raya dan tahun ajaran baru. Karena pada moment-moment itulah masayarakat lebih banyak mengeluarkan biaya.

"Di moment-moment seperti itu gadai ramai, dan menjelang hari raya nasabah banyak yang mengambil barang gadai," ujarnya. [ifa/mu]

Komentar Pembaca
  • Kamis, 12 Januari 2017 14:19:48 Izzam Khair Ar Dhani
  • Ngatasi Masalah Tanpo Masalah, eman petani sangat membutuhkan biaya untuk biaya tanam dan perawatan, usul : jika bunganya di turunkan Ya.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
Redaksi
Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...