Pilgub Jatim
Rekom Pelanggaran Kampanye Tak Digubris, Panwas Geram
Sabtu, 24 Agustus 2013 14:00:00 Rekom Pelanggaran Kampanye Tak Digubris, Panwas Geram

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bojonegoro mengaku geram karena rekomendasi terkait pelanggaran kampanye yang telah mereka kirim ke Komisi Pemilihan Umum kabupaten setempat tidak ditindaklanjuti.

Pelanggaran tersebut antara lain soal spanduk atau banner yang dipasang di pohon dan tiang listrik dan otomatis tidak sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 69/2009 dan Peraturan Bupati (Perbup) No 24/2012.

"KPU sudah kita beri surat rekom tapi tidak jalan," keluh Ketua Panwaskab Bojonegoro, Mustofirin.

Menurutnya, hal ini merupakan pelanggaran administrasi sehingga menjadi tanggung jawab KPUK. Selain itu, sebagai penegak Perda dan Perbup, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga dinilai wajib menertibkan.

"Kita juga sudah mengirim rekom ke Satpol PP," imbuhnya.

Dirinya mengaku sudah tidak sabar melihat berbagai pelanggaran yang tetap menjamur hampir di setiap sudut kota. Sehingga, kedepan ia mengaku akan bertindak sendiri jika beberapa pihak terkait tidak mengindahkan rekomendasi Panwas.

"Kita akan mengerahkan PPL (Panitia Pengawas Lapangan) untuk menertibkan spanduk-spanduk yang melanggar tersebut," tegasnya.

Namun, sebelumnya ia akan kembali mengingatkan masing-masing pasangan calon ataupun tim pemenangan yang bersangkutan agar melakukan penertiban sendiri.

"Tapi kalau tetap tidak digubris, maka akan kita tertibkan sendiri," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, banyak pemasangan spanduk maupun banner pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang tidak sesuai aturan. Pelanggaran paling banyak dilakukan dengan cara menempatkan spanduk dengan diikat atau dipaku di pohon penghijauan. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...