BBM Menipis, Motor Elpiji Jadi Alternatif
Kamis, 31 Mei 2012 22:00:05 BBM Menipis, Motor Elpiji Jadi Alternatif

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com -  Menipisnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak membuat sejumlah kalangan putus asa dan patah semangat. Seorang pemilik bengkel di Jalan Munginsidi, Desa Pacul, Kecamatan Kota Bojonegoro mampu merakit sebuah sepeda motor berbahan bakar gas elpiji. Ide ini muncul setelah mendengar rencana pemerintah yang menaikan harga bahan bakar minyak beberapa waktu lalu.

Bengkel sederhana milik Hariyanto (28) yang menghadap ke sawah mendadak ramai disambangi pengunjung yang meminta untuk dimodifikasikan motornya dari BBM jenis premium beralih ke Bahan Bakar Gas (BBG) LPG.

Sedikitnya sudah 15 sepeda motor yang sudah masuk dalam daftar tunggunya. Setelah berhasil menyelesaikan 3 sepeda motor modifnya dengan BBG LPG. Pemilik bengkel, asal Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tersebut mengaku ide modifikasi tersebut setelah seringnya mendengar keluhan masyarakat terkait  isu kenaikan harga dan menipisnya pasokan BBM.

"Apalagi saat ini cadangan minyak semakin menipis. Padahal penggunaanya semakin hari semakin bertambah," jelasnya, Kamis (31/5/2012).

Heri sapaan akrab pria yang sudah menetap di Desa pacul selama dua tahun itu menjelaskan, jika untuk memodifikasi tidak sulit. Yaitu hanya dengan menutup beberapa lubang pada karburator dan melepas pelampung bensin. Serta menambahkan jarum skep yang berfungsi untuk mengatur keluarnya gas.

"Cara kerjanya di karburator untuk lewatan gas saja, sedangkan yang mengatur gas buang yaitu jarum spuyer," jelasnya.

Menurut pria yang suka menggunakan kopyah itu, perbandingan antara memakai bahan bakar premium dengan gas sangat jauh. Sebab, dengan menggunakan BBG LPG tabung 3 kg itu bisa menempuh jarak antara 450 km, sedangkan jika menggunakan premium untuk menempuh jarak tersebut kebutuhannya berkisar antara 6 liter. "Kalau pakai bahan bakar gas, bisa lebih irit. Apalagi mesinnya juga tetap dingin," ungkapnya.

Untuk memodifikasi satu sepeda motor Dia mengaku hanya membutuhkan uang tak lebih dari Rp450.000r, termasuk pembelian tabung gasnya. Serta pembelian karburator bekas. Sebab sangat sayang kalau menggunakan karburator orisinil. [oel/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 15 November 2014 13:00:00 PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF
    Tak kurang dari 50 orang peserta Keaksaraan Fungsional (KF) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Handayani, Baureno mengikuti pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar kulit jagung atau kelobot di Desa Kadungrejo, Baureno, Sabtu (15/11). Pelatihan tersebut merupakan program lanjutan dari keaksaraan dasar yang telah selesai dilaksanakan sebelumnya.
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...