BBM Menipis, Motor Elpiji Jadi Alternatif
Kamis, 31 Mei 2012 22:00:05 BBM Menipis, Motor Elpiji Jadi Alternatif

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com -  Menipisnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak membuat sejumlah kalangan putus asa dan patah semangat. Seorang pemilik bengkel di Jalan Munginsidi, Desa Pacul, Kecamatan Kota Bojonegoro mampu merakit sebuah sepeda motor berbahan bakar gas elpiji. Ide ini muncul setelah mendengar rencana pemerintah yang menaikan harga bahan bakar minyak beberapa waktu lalu.

Bengkel sederhana milik Hariyanto (28) yang menghadap ke sawah mendadak ramai disambangi pengunjung yang meminta untuk dimodifikasikan motornya dari BBM jenis premium beralih ke Bahan Bakar Gas (BBG) LPG.

Sedikitnya sudah 15 sepeda motor yang sudah masuk dalam daftar tunggunya. Setelah berhasil menyelesaikan 3 sepeda motor modifnya dengan BBG LPG. Pemilik bengkel, asal Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tersebut mengaku ide modifikasi tersebut setelah seringnya mendengar keluhan masyarakat terkait  isu kenaikan harga dan menipisnya pasokan BBM.

"Apalagi saat ini cadangan minyak semakin menipis. Padahal penggunaanya semakin hari semakin bertambah," jelasnya, Kamis (31/5/2012).

Heri sapaan akrab pria yang sudah menetap di Desa pacul selama dua tahun itu menjelaskan, jika untuk memodifikasi tidak sulit. Yaitu hanya dengan menutup beberapa lubang pada karburator dan melepas pelampung bensin. Serta menambahkan jarum skep yang berfungsi untuk mengatur keluarnya gas.

"Cara kerjanya di karburator untuk lewatan gas saja, sedangkan yang mengatur gas buang yaitu jarum spuyer," jelasnya.

Menurut pria yang suka menggunakan kopyah itu, perbandingan antara memakai bahan bakar premium dengan gas sangat jauh. Sebab, dengan menggunakan BBG LPG tabung 3 kg itu bisa menempuh jarak antara 450 km, sedangkan jika menggunakan premium untuk menempuh jarak tersebut kebutuhannya berkisar antara 6 liter. "Kalau pakai bahan bakar gas, bisa lebih irit. Apalagi mesinnya juga tetap dingin," ungkapnya.

Untuk memodifikasi satu sepeda motor Dia mengaku hanya membutuhkan uang tak lebih dari Rp450.000r, termasuk pembelian tabung gasnya. Serta pembelian karburator bekas. Sebab sangat sayang kalau menggunakan karburator orisinil. [oel/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...