BBM Menipis, Motor Elpiji Jadi Alternatif
Kamis, 31 Mei 2012 22:00:05 BBM Menipis, Motor Elpiji Jadi Alternatif

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com -  Menipisnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak membuat sejumlah kalangan putus asa dan patah semangat. Seorang pemilik bengkel di Jalan Munginsidi, Desa Pacul, Kecamatan Kota Bojonegoro mampu merakit sebuah sepeda motor berbahan bakar gas elpiji. Ide ini muncul setelah mendengar rencana pemerintah yang menaikan harga bahan bakar minyak beberapa waktu lalu.

Bengkel sederhana milik Hariyanto (28) yang menghadap ke sawah mendadak ramai disambangi pengunjung yang meminta untuk dimodifikasikan motornya dari BBM jenis premium beralih ke Bahan Bakar Gas (BBG) LPG.

Sedikitnya sudah 15 sepeda motor yang sudah masuk dalam daftar tunggunya. Setelah berhasil menyelesaikan 3 sepeda motor modifnya dengan BBG LPG. Pemilik bengkel, asal Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tersebut mengaku ide modifikasi tersebut setelah seringnya mendengar keluhan masyarakat terkait  isu kenaikan harga dan menipisnya pasokan BBM.

"Apalagi saat ini cadangan minyak semakin menipis. Padahal penggunaanya semakin hari semakin bertambah," jelasnya, Kamis (31/5/2012).

Heri sapaan akrab pria yang sudah menetap di Desa pacul selama dua tahun itu menjelaskan, jika untuk memodifikasi tidak sulit. Yaitu hanya dengan menutup beberapa lubang pada karburator dan melepas pelampung bensin. Serta menambahkan jarum skep yang berfungsi untuk mengatur keluarnya gas.

"Cara kerjanya di karburator untuk lewatan gas saja, sedangkan yang mengatur gas buang yaitu jarum spuyer," jelasnya.

Menurut pria yang suka menggunakan kopyah itu, perbandingan antara memakai bahan bakar premium dengan gas sangat jauh. Sebab, dengan menggunakan BBG LPG tabung 3 kg itu bisa menempuh jarak antara 450 km, sedangkan jika menggunakan premium untuk menempuh jarak tersebut kebutuhannya berkisar antara 6 liter. "Kalau pakai bahan bakar gas, bisa lebih irit. Apalagi mesinnya juga tetap dingin," ungkapnya.

Untuk memodifikasi satu sepeda motor Dia mengaku hanya membutuhkan uang tak lebih dari Rp450.000r, termasuk pembelian tabung gasnya. Serta pembelian karburator bekas. Sebab sangat sayang kalau menggunakan karburator orisinil. [oel/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Minggu, 04 Desember 2016 22:00:13 BloKers Peduli Banjir 2016 Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir
    Aksi bersama untuk berbagi dengan korban banjir akibat luapan Bengawan Solo, tuntas digelar kemarin. Ternyata masih ada beberapa komunitas yang ingin menggelar pengumpulan dan pembagian bantuan pasca banjir. Sehingga, BloKers Peduli Banjir 2016 tetap menerima donasi sampai Jumat (9/12/2016) malam.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 03 Desember 2016 10:00:29 Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah
    Demi mempertajam dan menguatkan ideologi kader, PAC GP Ansor Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro melakukan kajian tentang kondisi ansor dan dinamika tantangan kedepan. dihadirkan sebagai pemateri tersebut M.Hasan Bisri dari Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur pada Jumat (2/12/2016) di Mushola Al Hasani Desa Cengungklung.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...