PEPC dan SKK Migas Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Bojonegoro
Sabtu, 03 Desember 2016 06:00:06 PEPC dan SKK Migas Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Antusias. Itulah suasana pelatihan kewirausahaan yang digelar PT Pertamina EP Cepu (PEPC) dan SKK Migas bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro  dan  Balai Latihan Kerja (BLK) Bojonegoro.

Pelatihan kewirausahaan  bagi masyarakat di seputar lapangan Jambaran Ting Biru diikuti 80 peserta dari anggota Karang Taruna dan masyarakat umum di wilayah Kecamatan Tambakrejo, Kecamatan Purwosari, Kecamatan Ngasem, dan Kecamatan Gayam.

Program kemasyarakatan bidang pendidikan dari PEPC ini memberi pelatihan membuat handycraft, pengelolaan hasil pertanian, servis sepeda motor dan tehnik sablon.

Salah satu peserta pelatihan dari Desa Bandungrejo, Agus Sutikno mengaku sangat senang mendapat pelatihan ini. Ia berniat mengembangkan usaha sablon.

“Saya sangat senang ikut pelatihan ini karena ingin terjun dan menekuni dunia sablon dan mengembangkannya di desa saya sendiri.” katanya, Jumat (2/12/2016).

Antusiasme peserta ini membuat bangga pihak Takhiyat yang mewakili UPT BLK Bojonegoro. Menurutnya. kemauan berwirausaha itu harus dibangun dari rasa minat yang tinggi. "Antusiasme dan kegembiraan peserta dalam mengikuti pelatihan ini menjadi bekal yang sangat berharga bagi mereka untuk mengembangkan usaha,' kata Takhiyat.

Ditemui di lokasi pelatihan Edy Purnomo, Public and Goverment Affairs Superintendent PEPC menjelaskan, lewat kegiatan ini berharap  bisa memberikan bekal keterampilan kepada peserta untuk nantinya dapat digunakan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada, khususnya bagi warga di sekitar wilayah operasi proyek pengembangan gas Jambaran – Tiung Biru (JTB).

Kegiatan ini juga diharapkan bisa mempersiapkan tenaga kerja lokal terampil agar dapat bersaing dengan tenaga kerja di luar tenaga kerja lokal. “PEPC dan SKK Migas berharap kegiatan ini bisa membantu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro baik di sektor formal maupun informal,” katanya.

Dijelaskan, seiring dengan perkembangan industri migas, Kabupaten Bojonegoro memiliki potensi untuk penyerapan tenaga kerja yang tinggi di luar industri migas. Karena itu, setelah tahun   2014 melakukan pelatihan industri migas (sertifikasi) dan mendukung peserta sebanyak 90% terserap menjadi tenaga kerja di industri migas, tahun 2016 ini PEPC berniat mengembangkan bisnis lokal.

“Hal tersebut perlu didukung dengan tersedianya sumber daya yang memadai.  Karena itu, PEPC dan SKK Migas yang peduli pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di sekitar wilayah operasi melaksanakan Program Pelatihan bidang Non Migas yaitu Pelatihan Kewirausahaan,” jelas Edy Purnomo.

Peresmian hari ini juga dihadiri oleh Kepala Urusan Operasi SKKMIGAS Jabanusa, Ahmad Farkhan Abafi dan Kepala Bidang Pelatihan Disnakertransos Pemprov Jatim, Suhartoyo.

Ahmaf Farkhan, mengapresiasi kontribusi PEPC dalam upaya mengadakan perubahan madyarakat di wilayah operasi. Semoga pelatihan ini bisa melahirkan wirausahawan baru yang terampil dan produktif.

"Terimakasih pada SKKMIGAS dan PEPC yang telah menjalin kerjasama dengan UPT BLK Bojonegoro dalam usaha mencetak tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing," ujar Suhartoyo. [ito/mu]

Komentar Pembaca
  • Sabtu, 31 Desember 2016 18:42:16 Fajar Dermawan
  • Lucu juga Saya kira pelatihan jadi tenaga di Industri migas. ujung-ujungnya sama. hanya mimpi kalo pengen kerja di industri migas, dilatihnya sablon.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
Redaksi
Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...