Abdikan Diri di Pondok Rehabilitasi Jiwa
Sabtu, 27 Agustus 2011 18:00:00 Abdikan Diri di Pondok Rehabilitasi Jiwa

Reporter : Khoirul Muhsinin

blokBojonegoro.com - Berkecimpung dalam kegiatan pengobatan khusus orang-orang abnormal dalam hal ini orang yang berpenyakit jiwa pasti tidak semudah mengobati pasien lainnya.

Banyak tantangan yang pasti dihadapi, bahkan tak jarang nyawa pun jadi taruhan. Bagaimana tidak, keabnormalan pasien yang berpenyakit jiwa kadang memang di luar nalar. Oleh sebab itu, kerelaan orang untuk mengabdi di pondok rehabilitasi kadang sukar dicari.

Namun, tampaknya hal itu tidak masalah bagi M Amin Syaifullah, warga asli Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang tersebut rela sehari-hari hidup dengan orang-orang yang berpenyakit jiwa demi mengusahakan kesembuhan mereka.

Pekerjaan mulia ini ia lakukan setelah pengasuh Pondok Rehabilitasi An-Nawawi, M Fahrur Rozi, terkena struk sekitar tiga tahun yang lalu.

Kepada blokBojonegoro.com alumni Pondok Pesantren Sunan Drajat tahun 2004 ini menceritakan, awalnya dirinya yang memang rekanan kiai Rozi sejak di organisasi Persatuan Pengobat Herbal Modern Indonesia (PPHMI) merasa terpanggil dengan keadaan pondok yang ditinggal pengasuhnya sakit.

"Saya dulu satu organisasi sam pak kiai mas, waktu tahu pak kiai sakit saya merasa perlu untuk kesini," ungkapnya.

Dikatakan, sama seperti metode pengobatan yang dilakukan pendahulunya di pondok tersebut. Amin menggunakan obat-obat herbal untuk mengatasi penyakit pasiennya. Selain dengan obat herbal juga dengan ramuan hewani.

Pria yang mengabdi selama kurang lebih tiga bulan ini merasa prihatin dengan keadaan pondok yang nyaris ditinggal santrinya satu persatu ini.

Namun, ia optimis dengan semangatnya dan dengan niatnya demi kesembuhan pasien. Pondok Rehabilitasi ini akan kembali beroperasi sebagaimana mestinya dan sebagaimana terdahulu. [nin/lis]

Teks foto/Khoirul Muhsinin : M Amin Syaifullah

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Sabtu, 18 April 2015 20:30:55 Dompet Solidaritas untuk Kang Masnoen Tahap 1, Rp17.920.000 Diserahkan ke Istri Tahap 1, Rp17.920.000 Diserahkan ke Istri
    Dengan berurai air mata, Winarti, istri Kang Masnoen menerima donasi dari pembaca blokBojonegoro Media, bloKers dan Sahabat Kang Masnoen yang diwakili pegiat Purnama Sastra, Burhanuddin Joe. Penyerahan berlangsung di depan ruang ICU RS Aisiyah lantai II, lokasi guru seni sekaligus seniman ternama Bojonegoro tersebut dirawat.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 April 2015 11:00:10 Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh
    Minggu, (12/4/2015) Pondok Pesantren Al Falah Pacul Kota Bojonegoro sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FASH) tingkat SD/MI/TPA/TPQ se-Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan yang diikuti 39 lembaga dan 211 peserta ini merupakan rangkaian acara Haul KH.Masyhudi Hasan ke-5 .
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...