Abdikan Diri di Pondok Rehabilitasi Jiwa
Sabtu, 27 Agustus 2011 18:00:00 Abdikan Diri di Pondok Rehabilitasi Jiwa

Reporter : Khoirul Muhsinin

blokBojonegoro.com - Berkecimpung dalam kegiatan pengobatan khusus orang-orang abnormal dalam hal ini orang yang berpenyakit jiwa pasti tidak semudah mengobati pasien lainnya.

Banyak tantangan yang pasti dihadapi, bahkan tak jarang nyawa pun jadi taruhan. Bagaimana tidak, keabnormalan pasien yang berpenyakit jiwa kadang memang di luar nalar. Oleh sebab itu, kerelaan orang untuk mengabdi di pondok rehabilitasi kadang sukar dicari.

Namun, tampaknya hal itu tidak masalah bagi M Amin Syaifullah, warga asli Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang tersebut rela sehari-hari hidup dengan orang-orang yang berpenyakit jiwa demi mengusahakan kesembuhan mereka.

Pekerjaan mulia ini ia lakukan setelah pengasuh Pondok Rehabilitasi An-Nawawi, M Fahrur Rozi, terkena struk sekitar tiga tahun yang lalu.

Kepada blokBojonegoro.com alumni Pondok Pesantren Sunan Drajat tahun 2004 ini menceritakan, awalnya dirinya yang memang rekanan kiai Rozi sejak di organisasi Persatuan Pengobat Herbal Modern Indonesia (PPHMI) merasa terpanggil dengan keadaan pondok yang ditinggal pengasuhnya sakit.

"Saya dulu satu organisasi sam pak kiai mas, waktu tahu pak kiai sakit saya merasa perlu untuk kesini," ungkapnya.

Dikatakan, sama seperti metode pengobatan yang dilakukan pendahulunya di pondok tersebut. Amin menggunakan obat-obat herbal untuk mengatasi penyakit pasiennya. Selain dengan obat herbal juga dengan ramuan hewani.

Pria yang mengabdi selama kurang lebih tiga bulan ini merasa prihatin dengan keadaan pondok yang nyaris ditinggal santrinya satu persatu ini.

Namun, ia optimis dengan semangatnya dan dengan niatnya demi kesembuhan pasien. Pondok Rehabilitasi ini akan kembali beroperasi sebagaimana mestinya dan sebagaimana terdahulu. [nin/lis]

Teks foto/Khoirul Muhsinin : M Amin Syaifullah

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Selasa, 19 Juli 2016 19:00:00 blokBojonegoro Media Hindari Bising, bB Pindah Kantor Hindari Bising, bB Pindah Kantor
    Secara resmi, blokBojonegoro Media (blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) resmi memindahkan kantor redaksi dari Ruko Pertama Jetak, ke Jalan Brigjen Sutoyo Gg Salafiyah No 5, Desa Sekorejo, Kecamatan Kota Bojonegoro. Boyongan ditandati dengan syukuran pada Selasa (19/7/2016).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 28 Juli 2016 20:00:04 Dinas Koperasi Tulunggagung Studi Banding ke Kota Ledre Dinas Koperasi Tulunggagung Studi Banding ke Kota Ledre
    Dinas Koperasi dan UMKM beserta pelaku UMKM Kabupaten Tulungagung melaksanakan studi lapangan ke Bojonegoro dalam rangka kegiatan bertajuk "Penumbuhan Wirausaha Baru UMKM". Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Bidang Bina UMKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...